PENGARUH PERBEDAAN LATIHAN BOX JUMP DAN POWER SKIP TERHADAP PENINGKATAN POWER TUNGKAI

Muhamad Ramdani Umar, Dede Iman, Ruli Sugiawardana

Sari


Penelitian ini tentu memiliki sasaran serta tujuan yang akan diambil. Tujuan dari penelitian yang penulis ajukan yaitu untuk mengetahui apakah terdapat pengaruh yang signifikan antara latihan box jump dan power skip terhadap peningkatan power tungkai pada siswa SMP Negeri 1 Ciawi. Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah true-eksperiment design, salah satu desain yang digunakan dalam penelitian ini adalah two group pretest-posttest design. Populasi dalam penelitian ini adalah siswa putra kelas VIII SMP Negeri 1 Ciawi yang mengikuti kegitan ekstrakulikuler lompat sebanyak 30 orang siswa. Sampel diambil sebanyak 30 orang siswa. Kriteria pengujian adalah terima Ho jika t-hitung > dari t-tabel dan tolak Ho jika t-hitung > dari t tabel, dengan t tabel dk = (n-1) dan (a) = 0,05. Berdasarkan 1 tabel diatas terlihat bahwa hasil latihan box jump maupun latihan power skip menunjukan pengaruh yang signifikan terhadap peningkatan power tungkai pada siswa SMP Negeri 1 Ciawi. Hal ini ditunjukan dari hasil penghitungan bahwa latihan box jump memberikan hasil penghitungan sebasar 2,63 dan latihan power skip memberikan hasil sebesar 1,80 > dari pada t tabel 1,75. Kesimpulan sebagi berikut: 1. Terdapat pengaruh yang signifikan latihan box jump terhadap peningkatan power tungkai pada siswa SMP Negeri 1 Ciawi. 2. Terdapat pengaruh yang signifikan latihan power skip terhadap peningkatan power tungkai pada siswa SMP Negeri 1 Ciawi. 3. Terdapat pengaruh yang signifikan antara latihan box jump dan power skip terhadap peningkatan power tungkai pada siswa SMP Negeri 1 Ciawi. 

Teks Lengkap:

PDF

Referensi


Andi Suhendro. 2004. Dasar-dasar Kepelatihan. Jakarta: Universitas Terbuka

Arikunto, S. 1998. Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktek. PT. Rineka. Cipta. Jakarta

Bompa, T. 1994. Power Training For Sport, Canada, York University Toronto

Bompa, Tudor O.,1990. Theory and Methodology of Training; the Key to. Athletic Performance. Dubuque, Iowa: Kendall / Hunt Publishing.

Bompa, Tudor O.2006. Theory and Methodology o f Training; the Key to Athletic Performance. Dubuque, Iowa: Kendall / Hunt Publishing Company

Cooper, Kenneth H. 1982. Aerobik. Terjemahan Antonius Adiwiyoto. Jakarta: PT Gramedia

Donald L. Adams, 1992. ComputerIn Accountant's Offices.California. Wadsworth, Inc

Hadi, Sutrisno, 1990. Metodologi Research, Jilid 2, Penerbit Andi, Yogyakarta

Harre. 1982. Teknik Pemanduan Bakat Olahraga.Direktorat Jenderal Pendidikan dan Kebudayaan

Harsono, 1993. Kapita Selekta Neurologi. Edisi Pertama. Yogyakarta : Gadjahmada.

Harsono. 1988. Coaching dan Aspek-Aspek Pskologis dalam Coaching. Jakarta: CV. Tambak Kusuma

Harsono. 2007. Teori dan Metodologi Pelatihan. Sekolah Pascasarjana Universitas Pendidikan Indinesia, Bandung

Jonath. et al. 1987. Atletik. Jakarta : PT Rosda Jayaputra.

Juliantine, et al. 2007. Model-model Pembelajaran Pendidikan Jasmani. Bandung: FPOK UPI.

Mochamad Djumidar A. Widya 2004 Belajar berlatih gerak-gerak dasar atletik dalam bermain.Jakarta : PT Raja Grafindo Persada.

Nossek, Jossef. 1982. General Theory of Training.Lagos: Pan Africa Press, Ltd

Nurhasan dan Hasanudin, Cholil. 1994. Tes dan Pengukuran Keolahragaan. Bandung : Universitas Pendidikan Indonesia.

Rusli Lutan. 1998. Perencanaan dan Strategi Pembelajaran Penjaskes. Jakarta: Depdikbud-Dikdasmen

Sajoto. 1995. Peningkatan dan Pembinaan Kekuatan Kondisi Fisik Dalam. Olahraga. Semarang Dahara Prize

Soedarminto. 1992. Kinesiologi. Jakarta: Depdikbud Dirjen DIKTI.

Sudjana. 1989. Metoda Statistika Edisi ke 5. Bandung: Tarsito

Sudjarwo. 1995. Ilmu Kepelatihan. Surakarta: UNS. Perss

Suharno HP. 1993. Metodologi Pelatihan. Yogyakarta: IKIP Yogyakarta.

Yadi Sunaryadi. 1999. Kinesiologi.Departemen pendidikan dan Kebudayaan Dirjen Pendidikan Dasar dan Menengah, Semarang.




DOI: http://dx.doi.org/10.25157/j-kip.v4i3.10917

Refbacks

  • Saat ini tidak ada refbacks.