PERBANDINGAN PENGARUH FRONT SLING DAN REAR TERHADAP DAYA TAHAN OTOT LENGAN

Muhammad Resya Philia Auliarahman, Sri Mulyani, Didik Primadani

Sari


Tujuan dari penelitian yang penulis ajukan yaitu untuk mengetahui apakah terdapat perbedaan pengaruh yang signifikan latihan front sling dan rear sling terhadap peningkatan daya tahan otot. Metode penelitian yang digunakan adalah eksperimen, salah satu desain yang digunakan dalam penelitian ini adalah “pre-test post test design”. Populasi dalam penelitian ini adalah siswa SMKN 12 Garut. Sampel penelitian ditetapkan sebanyak 30 siswa. Berdasarkan hasil perhitungan pada tabel nilai signifikansi untuk front sling menunjukkan angka 0,187 hal ini berarti nilai sig. 0,187 > 0,05, dengan demikian kelompok ekperiment front sling mempunyai kelompok yang homogen. Sementara nilai signifikansi untuk rear sling menunjukkan angka 0,117 ini berarti nilai sig. 0,117 >  0,05 dengan demikian kelompok eksperiment rear sling mempunyai kelompok yang homogen. Penelitian yang dilakukan penulis terhadap perbandingan pengaruh latihan front sling dan rear sling terhadap peningkatan daya tahan otot lengan pada siswa SMKN 12 Garut, menghasilkan kesimpulan sebagai berikut: terdapat pengaruh yang signifikan latihan front sling terhadap peningkatan otot lengan; latihan rear sling tidak memberikan pengaruh yang signifikan terhadap peningkatan otot lengan, artinya daya tahan otot lengan tidak meningkat ketika diberikan latihan rear sling; latihan front sling memberikan pengaruh yang lebih signifikan dibandingkan dengan latihan rear sling terhadap peningkatan daya tahan otot lengan. Artinya daya tahan otot lengan meningkat lebih baik jika diberikan latihan front sling. 

Teks Lengkap:

PDF

Referensi


Arikunto Suharsimi, (1993), Prosedur Penelitian, Suatu Pendekatan Praktek, Jakarta, Rineka Cipta

Balesteros. (1979). Pedoman Dasar Latihan Atletik. Jakarta: PB PASI

Harsono. (1988). Coaching dan Aspek-Aspek Psikologis dalam Coaching., Jakarta: CV Tambak Kusumah.

Kurniawan, A. (2018). The Role of Physical Education Is to Grow The Motivation of Learning I Early Children Through Traditional Games. Jurnal Kependidikan Jasmani Dan Olahraga, 2(2), 15–25. https://ejournal.stkipnu.ac.id/public_html/ejournal/index.php/jkjo/article/view/37

Kurniawan, A. R., Komarudin, Ma’mun, A., & Iskandar, D. (2023). Promoting Positive Youth Development Through Outdoor Physical Activity As An Alternative To Growing Life Skills ; Narrative Literature Reviewer. Competitor: Jurnal Pendidikan Kepelatihan Olahraga, 15(1), 116–125. https://doi.org/https://doi.org/10.26858/cjpko.v15i1.42878




DOI: http://dx.doi.org/10.25157/j-kip.v4i3.10927

Refbacks

  • Saat ini tidak ada refbacks.