PENGARUH LATIHAN DENGAN POLA BOOMERANG TERHADAP PENINGKATAN KETERAMPILAN DRIBBLING DALAM PERMAINAN SEPAKBOLA

Dicky Wahyu Ramdani, Dede Iman Suhendra, Hendra Kustiawan

Sari


Pengaruh Latihan dengan Pola Boomerang terhadap Peningkatan Keterampilan Dribbling dalam Permainan Sepakbola yang dilaksanakan di MTs Tonjongsari menunjukkan pada kondisi yang belum terlaksana dengan baik. Hal ini terjadi karena masih belum tersampaikannya dengan baik kepada siswa terkait dengan metode dribbling run sehingga dalam penerapannya banyak mengalami kendala yang meliputi belum tersampaikannya model boomerang run. Sehingga dengan adanya penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah terdapat pengaruh latihan dengan pola boomerang terhadap peningkatan keterampilan dribbling dalam permainan sepakbola pada siswa ekstrakulikuler di Mts Tonjongsari. Penulis menggunakan metode eksperimen yaitu pre-experimental designs (nondesigns) dengan desain penelitian menggunakan desain one-group pretest-postest design. Adapun untuk temuan berdasarkan hasil penghitungan dapat diambil kesimpulan bahwa latihan dengan pola boomerang tidak meningkatkan keterampilan dribbling dalam permainan sepak bola siswa Mts Tonjongsari secara signifikan. Oleh karena itu diharapkan dengan terus menggunakan media pembelajaran yang kreatif dapat dipergunakan khususnya bagi para pemula dalam upaya meningkatkan keterampilan teknik dasar terutama dribbling permainan sepakbola. Kata Kunci: Latihan, Model Boomerang, Keterampilan, Dribbling, dan Sepakbola.

Teks Lengkap:

PDF

Referensi


Luxbacher, J. A. (2011). Sepak Bola. Bandung: RajaGrafindo Persada.

Arikunto, S. 1998. Manajemern Penelitian. Jakarta: PT. Rineka Cipta.

Milanović, Sporis, C., Trajković, N.. James, N., & Samija, K. (2013). Effects of a 12 week SAQ training programme on agility with and without the hall. among young soccer players. Journal of Sports Science and Medicine, 12(1), 97- 103.

Mubarok, M.Z. (2018) Pengaruh Bentuk Latihan Envelope Run dan Boomerang Run Dengan Metode Latihan Repitisi Terhadap Peningkatan Kelincahan Pemain Sepak Bola. Jurnal Biormatika FKIP Universitas Subang, 4 (2). 301- 311.

Scheunemann, T. (2011). Kurikulum dan Pedoman Dasar Sepakbola Indonesia. Jakarta: Persatuan Sepakbola Seluruh Indonesia.

Sugiyono. (2010). Metode Penelitian Pendidikan Pendekatan Kuantitatif, kualitatif, dan R&D. Bandung: Alfabet

Taga, K., & Asai, T. (2012). The Influence of Short-term Intensive Dribbling Training on Ball Skill. Football Science, 9.35 49.




DOI: http://dx.doi.org/10.25157/j-kip.v4i3.10947

Refbacks

  • Saat ini tidak ada refbacks.