MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA MATERI BANGUN RUANG SISI LENGKUNG MELALUI PENERAPAN METODE POLYA DI KELAS IX E SMP NEGERI 1 SAGALAHERANG

Lilis Endah Rosana

Sari


Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan hasil belajar siswa pada materi Bangun Ruang Sisi Lengkung melalui penerapan metode Polya di Kelas IX E SMP Negeri 1 Sagalaherang. Model PTK yang digunakan dalam penelitian ini adalah model Stephen Kemmis dan Robin Mc. Taggart. Penelitian ini menggunakan prosedur penelitian tindakan kelas dengan dua siklus, yaitu siklus I dan siklus II. Pada setiap siklusnya, dua pertemuan awal adalah pembelajaran dan satu pertemuan terakhir adalah post test dengan target nilai rata-rata kelas atau ketuntasan minimal, yaitu 75. Penelitian ini dilaksanakan pada semester ganjil tahun pelajaran 2019/2020. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas IX E SMP Negeri 1 Sagalaherang yang berjumlah 31 siswa. Hasil penelitian menunjukkan bahwa meningkatkan hasil belajar siswa kelas IX E SMP Negeri 1 Sagalaherang pada materi Bangun Ruang Sisi Lengkung dapat dilakukan dengan menerapkan metode Polya. Hal ini terbukti dengan adanya peningkatan hasil post test siswa dari siklus I ke siklus II. Dimana hasil post tes pada siklus I 17 siswa dinyatakan tuntas KKM dengan persentase 54,84% dengan nilai rata-rata post test 73,23. Meningkat pada siklus II dengan 28 siswa dinyatakan tuntas KKM dengan persentase 90,32% dengan rata-rata nilai post test 87,74.

Teks Lengkap:

PDF

Referensi


Ariani, Y., & Kenedi, A. K. 2018. Model Polya dalam peningkatan hasil belajar matematika pada pembelajaran soal cerita volume di sekolah dasar. Jurnal Inspirasi Pendidikan, 8(2), 25-36.

Erwin Widiasworo. 2017. Inovasi Pembelajaran. Yogyakarta: In Media.

Hamzah. 2003. Pembelajaran Matematika Menurut Teori Belajar Kontruktivisme. Jakarta: Badan Penelitian dan Pengembangan Depdiknas.

Hasibuan, Malayu SP. 2018. Manajemen Sumber Daya Manusia. Edisi Revisi. Jakarta: PT. Bumi Aksara.

Joshua. 2003. Media Pembelajaran (Interaksi Pembelajaran dan Pengelolaan Kelas) Depdiknas. Jakarta: Direktorat Pendidikan Dasar dan Menengah.

Kemmis S dan Mc.Taggart. 1992. The Action Research Planner. Victoria: Deakrin University.

Kurniawan, D. 2011. Pembelajaran Terpadu. Bandung: Pustaka Cendikia Utama.

Polya, G. 1985. How to Solve I A New Aspect Mathematical Methods. New Jersey: Pearson Education.Inc.

Suherman. E. 2001. Pembelajaran Matematika Kontemporer. Bandung: JICA.

Supardi. 2016. Penilaian Autentik Pembelajaran Afektif, Kognitif, dan. Psikomotor. Jakarta: Raja Grafindo Persada.

Tim Dosen MKPBM. 2001. Strategi Pembelajaran Matematika Kontemporer. Bandung: JICA-Universitas Pendidikan Indonesia.




DOI: http://dx.doi.org/10.25157/j-kip.v4i2.11045

Refbacks

  • Saat ini tidak ada refbacks.