KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH MATEMATIS SISWA DALAM MENYELESAIKAN SOAL HIGHER ORDER THINGKING SKILLS (HOTS)

Ana Rustiana, Lala Nailah Zamnah, Yoni Sunaryo

Sari


Penelitian ini bertujuan untuk memperoleh gambaran mengenai kemampuan pemecahan masalah matematis siswa dalam menyelesaiakn soal higher order thinking skills (HOTS). Subjek dalam penelitian ini adalah 3 orang siswa kelas X OTKP SMK Negeri 1 Cipatujah. Teknik pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini meliputi tes tertulis, wawancara dan dokumentasi. Penelitian ini adalah penelitian kualitatif. Hasil penelitian menunjukan bahwa kemampuan pemecahan masalah matematis siswa dalam menyelesaikan soal higher order thinking skills (HOTS) masih rendah, hal ini ditunjukan dengan hasil tes bahwa hanya sebagian siswa yang mampu memenuhi indikator kemampuan pemecahan masalah matematis dalam menyelesaikan soal higher order thinkng skills (HOTS). Hasil penelitian menunjukan bahwa 1) siswa yang memiliki kemampuan pemecahan masalah matematis dalam menyelesaikan soal HOTS dengan kategori tinggi sudah mampu mencapai ke empat indikator kemampuan pemecahan masalah yang diantaranya memahami masalah, merencanakan cara penyelesaian, pelaksanaan rencana, dan peninjauan kembali. 2) Siswa yang memiliki kemampuan pemecahan masalah matematis dalam menyelesaikan soal HOTS dengan kategori sedang mampu mencapai tiga indikator kemampuan pemecahan masalah diantaranya memahami masalah, merencanakan cara penyelesaian, pelaksanaan rencana. 3) Siswa yang memiliki kemampuan pemecahan masalah matematis dalam menyelesaikan soal HOTS dengan kategori rendah mampu mencapai 1 indikator kemampuan pemecahan masalah yaitu memahami masalah.

Teks Lengkap:

PDF

Referensi


Arifin, Z., & Retnawati, H. (2017). Pengembangan instrumen pengukur higher order thinking skills matematika siswa SMA kelas X. PYTHAGORAS: Jurnal Pendidikan Matematika, 12(1), 98. https://doi.org/10.21831/pg.v12i1.14058

Asnafiyah, A. (2020). Analisis kemampuan Pemecahan Masalah Dalam Menyelesaikan Soal Uraian Tingkat Higher Order Thinking Skills (HOTS) (Vol. 2507, Issue February).

Bernard, M., Nurmala, N., Mariam, S., & Rustyani, N. (2018). Analisis Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis Siswa SMP Kelas IX Pada Materi Bangun Datar. Supremum Journal of Mathematics Education SJME, 2(2), 77–83.

Mariam, S., Rohaeti, E. E., & Sariningsih, R. (2018). Analisis Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis Siswa Madrasah Aliyah pada Materi Pola Bilangan. Journal on Education, 1(2), 156–162.

Nafi’an, M. I., & Pradani, S. L. (2019). Analisis Kemampuan Pemecahan Masalah Siswa dalam Menyelesaikan Soal Matematika Tipe Higher Order Thinking Skill ( HOTS ) 1 dan Shimawaty Lutvy Pradani Muhammad Ilman Nafi ’ an. Jurnal Matematika Kreatif - Inovatif, 10(2), 112–118.

Partington, W. A., Fathani, A. H., & Walida, S. El. (2021). Analisis Kemampuan




DOI: http://dx.doi.org/10.25157/j-kip.v4i3.11178

Refbacks

  • Saat ini tidak ada refbacks.