PENGARUH MODEL PEMBELARAN PROBLEM BASED LEARNING (PBL) BERBASIS TPACK TERHADAP KETERAMPILAN BERPIKIR KREATIF SISWA SMA PADA MATA PELAJARAN BIOLOGI

Adi Tri Nugraha, H Adun Rusyana, H. Awang Kustiawan

Sari


Penelitian ini dilatar belakangi oleh keterampilan berpikir kreatif siswa yang masih rendah. Tujuan penelitian ini yaitu untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran problem based learning (PBL) berbasis TPACK terhadap keterampilan berpikir kreatif siswa SMA pada mata pelajaran biologi. Waktu penelitian pada bulan Maret 2023. Populasi dan sampel dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas X MIA di MA PK Al-Hikmah. Anggota populasi terdiri dari satu kelas dengan jumlah 25 siswa. Desain penelitian yang digunakan adalan One Group Pretest-Postest Design. Instrument yang digunakan berupa tes tertulis dalam bentuk soal essai yang mengacu pada indikator berpikir kreatif. Data Hasil Penelitian dianilisi secara statistik dengan uji normalitas dan uji hipotesis menggunakan uji Z. Hasil Penelitian menunjukkan adanya pengaruh model pembelajaran problem based learning (PBL) berbasis TPACK terhadap keterampilan berpikir kreatif siswa SMA pada mata pelajaran biologi. Hal ini ditunjukan dengan data beridistribusi normal dan uji hipotesis diterima. Berdasarkan perhitungan uji Z diketahui bahwa Zhitung ≥ Z tabel dimana nilai Zhitung 2,62 ≥ 2,33. Sehingga dapat disimpulkan model pembelajaran Problem Based Learning berbasis TPACK Berpengaruh sangat signifikan terhadap keterampilan berpikir siswa SMA pada Mata Pelajaran Biologi.

Teks Lengkap:

PDF

Referensi


Agustina, M. (2018).Problem Based Learning (PBL):Suatu Model Pembelajaran Untuk Mengembangkan Cara Berpikir Kreatif Siswa. At-Ta’drib Jurnal Ilmiah Pendidikan Agama Islam Volume 10, No.2, Desember 2018.

Febriana, dkk. (2022). Pengaruh Model Problem Based Learning (PBL) terhadap Kemampuan Berpikir Kreatif Siswa. Prosiding Konferensi Ilmiah Dasar. Volume 3, Juli 2022.

Handayani dan koeswanti. (2021). Meta-Analisis Model Pembelajaran Problem Based Learning (PBL) untuk Meningkatkan Kemampuan Berpikir Kreatif. Jurnal Basicedu Vol 5, No. 3, Tahun 2021.

Herdiawan, dkk. (2019). Penerpan PBL Untuk Meningkatkan Keterampilan Berpikir Kreatif Siswa Pada Konsep Koloid. Vol 4. No.1, 2019.

Hidayani, dkk. (2020). “Analisis Kemampuan Berpikir Kreatif Siswa SMP Si Tanjungpinang Dalam Merespon Isu Pencemaran Lingkungan”. J. Pedagogi Hayati Vol. 4 No. 1 Juli 2020.

Rahayu, dkk. (2019). Peningkatan Kemampuan Berpikir Luwes Siswa Melalui Penerapan Model Pembelajaran Open Time.Prosiding Seminar Nasional Penelitin & Pengabdian Kepada Masyarakat 2019.

Rusyana, A. 2014. Keterampilan Berpikir Kreatif. Yogyakarta. Penerbit Ombak.

Suparman dan Husen (2015). Peningkatan Kemampuan Berpikir Kreatif Siswa Melalui Penerapan Model Problem Based Learning. Jurnal BIOeduKASI. Vol.3, No.2, Maret 2015.

Trianggono (2017). Analisis Kausalitas Pemahaman Konsep Dengan Kemampuan Berpikir Kreatif Siswa Pada Pemecahan Masalah Fisika. Jurnal Pendidikan Fisika dan Keilmuan (JPFK) Vol 3, No.1, Maret 2017.

.




DOI: http://dx.doi.org/10.25157/j-kip.v4i3.11381

Refbacks

  • Saat ini tidak ada refbacks.