PENGARUH PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN QUANTUM TEACHING MENGGUNAKAN METODE OUTDOOR LEARNING TERHADAP HASIL BELAJAR KOGNITIF SISWA

Maya Imelda Suanda, Endang Hardi, Taupik Sopyan

Sari


Proses belajar mengajar berdampak pada hasil belajar siswa merupakan inti dari kegiatan pendidikan. Hasil belajar yang masih rendah karena guru kurang memperhatikan model pembelajaran yang tepat menyebabkan belajar mengajar menjadi kurang aktif dan membosankan. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh penerapan model pembelajaran quantum teaching menggunakan metode outdoor learning terhadap hasil belajar kognitif siswa. Waktu penelitian bulan januari sampai dengan bulan Juni 2023. Penelitian ini menggunakan metode pre eksperimental design dengan design penelitian yang digunakan adalah one group pretest-posttest design. Populasi penelitian adalah kelas VII SMPN 5 Banjarsari. Teknik penggunaan sampel menggunakan sampling jenuh. Variabel penelitian yang diukur adalah hasil belajar kognitif siswa. Instrument yang digunakan berupa soal uraian sebanyak 10 soal. Data yang diperoleh secara statistik dengan menggunakan uji Z. Hasil penelitian menunjukan Zhitung 3,75  >  Ztabel 2,33 dengan demikian maka terdapat pengaruh pada penerapan model pembelajaran quantum teaching menggunakan metode outdoor learning terhadap hasil belajar kognitif siswa.

Teks Lengkap:

PDF

Referensi


Ariesandy, K. T. (2021). Pengaruh Pembelajaran Luar Kelas (Outdoor Learning) Berbentuk Jelajah Lingkungan Dan Motivasi terhadap Hasil Belajar Biologi Siswa. Wahana Matematika Dan Sains: Jurnal Matematika, Sains, Dan Pembelajarannya. Vol 15 No 1. 110-120.

Cahyaningrum, A. D, Yahya. Asyhari, A. (2019). Pengaruh Model Pembelajaran Quantum Teaching Tipe Tandur terhadap Hasil Belajar. Indonesian Journal of Science and Mathematics Education. Vol 2 No 3. 372–379.

Husamah. (2013). Pembelajaran Luar kelas Outdoor Learning. Jakarta. Prestasi Pustakarya.

Lokaria, E. N. (2018). Peningkatan Hasil belajar IPA dengan Menerapkan Model Quantum Learning Siswa SMPN O Mangunharjo. Perspektif Pendidikan Vol 12 No 1. 127.

Sugiyono. (2017). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung. Alfabeta.

Wijiatmiko, A., Suhartono. Wahyudi. (2020). Penerapan Model Quantum Teaching untuk meningkatkan Hasil Belajar IPA Tema Peristiwa dalam Kehidupan pada Siswa Kelas V SD Negeri Lerep Kebumen Tahun Ajaran 2019/2020. J. Ilmiah Kependidikan. Vol 8 No 3. 439.




DOI: http://dx.doi.org/10.25157/j-kip.v4i3.11384

Refbacks

  • Saat ini tidak ada refbacks.