PENGARUH MODEL INKUIRI TERBIMBING BERBANTUAN MEDIA POP-UP BOOK TERHADAP HASIL BELAJAR KOGNITIF SISWA KELAS VIII SMP NEGERI 1 MANGUNJAYA

Galuh Rosninda Noviarti, Endang Hardi, Yoyon Sutresna

Sari


Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh model inkuiri terbimbing berbantuan media pop-up book terhadap hasil belajar kognitif. Penelitian ini dilakukan pada bulan mei sampai bulan juni 2023 di kelas VIII SMP Negeri 1 Mangunjaya. Penelitian ini menggunakan metode eksperimen semu dengan desain two-group pretest postest design. Populasi penelitian adalah kelas  VIII SMP Negeri 1 Mangunjaya. Sample penelitian dilakukan di kelas VIII B sebagai kelas eksperimen dan VIII C sebagai kelas control. Teknik pengambilan sample menggunakan purposive sampling. Variabel yang diukur adalah hasil belajar kognitif siswa. Instrument yang digunakan berupa soal uraian sebanyak 5 soal. Data yang diperoleh secara statistik dengan menggunakan uji W (Wilcoxon). Hasil penelitian menunjukan Whitung < Wdaftar yaitu 0 < 137,2078. Dengan demikian maka terdapat pengaruh model inkuiri terbimbing berbantuan media pop-up book terhadap hasil belajar kognitif siswa kelas VIII Negeri 1 Mangunjaya.Kata Kunci : model inkuiri terbimbing, media pop-up book, hasil belajar kognitif.

Teks Lengkap:

PDF

Referensi


Abdurrozak, R., Jayadinata, A.K. & Isrok’atun, 2016. Pengaruh Model Problem Based Learning terhadap Kemampuan Berargumentasi dan Hasil Belajar Siswa. Jurnal Pena Ilmiah. 4(2): 45–50.

Aeni, A., Supardi, S. & & Kasmadi, I., 2017. Keefektifan Pembelajaran Praktikum Berbasis Guided Inquiry Terhadap Keterampilan Laboratorium Siswa. Chemistry in Education, 6(1): 8–13.

Ahmad Susanto. 2014. Teori Belajar dan Pembelajaran. Jakarta: Kencana.

Haryono. 2006. Model Pembelajaran Berbasis Peningkatan Keterampilan Proses Sains. Jurnal Pendidikan Dasar 7(1). 1-13.

Rahmawati, N. (2014). Pengaruh Media Pop-Up Book Terhadap Penguassaan Kosakata Anak Usia 5-6 Tahun TK Putera Harapan. Jurnal Mahasiswa, 1-6. Diakses 18 Februari 2018 dari Universitas Negeri Surabaya.

Suprijono. (2010). Cooperative Learning Teori dan Aplikasi Paikem.Yogyakarta Pustaka Belajar.

Trianto, Model-Model Pembelajaran Inovatif Berorientasi Konstruktivistik, Jakarta: Prestasi Pustaka, 2007.




DOI: http://dx.doi.org/10.25157/j-kip.v4i3.11402

Refbacks

  • Saat ini tidak ada refbacks.