IMPLEMENTASI MODEL PEMBELAJARAN THINK TALK WRITE (TTW) BERBASIS LINGKUNGAN UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR KOGNITIF SISWA PADA MATERI PENCEMARAN LINGKUNGAN

Nining Nining, Euis Erlin, Nur Ilmiyati

Sari


Pembelajaran yang efektif adalah pembelajaran yang menyediakan kesempatan bagi siswa untuk melakukan aktivitas seluas-luasnya dalam belajar. Perancangan kegiatan pembelajaran yang baik diperlukan dalam menciptakan pembelajaran yang efektif, salah satu caranya adalah dengan memilih model pembelajaran yang tepat untuk diterapkan dalam kegiatan pembelajaran di kelas (Hijrah, 2020:1-2). Tujuan penelitian ini adalah untuk peningkatkan hasil belajar kognitif siswa melalui penerapan model pembelajaran Think Talk Write (TTW) berbasis lingkungan pada materi pencemaran lingkungan. Penelitian dilaksanakan di MAN 6 Ciamis X MIA tahun ajaran 2022/2023. Metode penelitain dalam penelitian berbentuk “ one grup pretest-postest design”. Penelitian ini menggunakan satu kelompok sampel yaitu seluruh siswa kelas X MIA di MAN 6 Ciamis dengan jumlah siswa 22 orang. Pengambilan data menggunakan instrument soal tes essay sebayak 8 soal dan data yang diperoleh berupa skor hasil belajar. Analisis data menggunakan uji Z dan diperoleh   sebesar 2,88 sedangkan  sebesar 2,33, dengan demikian  > , sehingga dapat disimpulkan bahwa ada pengaruh implementasi model pembelajaran Think Talk Write (TTW) berbasis lingkungan untuk meningkatkan hasil belajar kognitif siswa pada materi pencemaran lingkungan. Secara kuantitatif hasil belajar siswa menunjukan peningkatan dengan rata-rata skor pretest dan posttest diperoleh N-gain 0,39 (termasuk kategori sedang).

Teks Lengkap:

PDF

Referensi


Apriliyani, N.K.A, Dantes N dan Pudjawan K, (2018) “Pengaruh Model Pembelajaran Think Talk Write (TTW) Terhadap Sikap Ilmiah Dan Hasil Belajar IPA”. International Journal of Elementary Education 3(2):226.

Arni. (2020). Pengaruh Model Pembelajaran Think Talk Write (TTW) Terhadap Hasil Belajar Kognitif Biologi Materi Protista Siswa Kelas X SMA Negeri 13 Takalar. Makasar. Universitas Muhamadiyah Makasar

Eti Rohaeti, E., Hendriana, H., dan Sumarno, U (2019). Pembelajaran Inovatif Matematika Berbiansa Pendidikan Nilai dan Karakter. Bandung. PT Refika Aditama

Julaeha, S. dan Erihardiana M. (2022). “Model Pembelajaran dan Implementasi Pendidikan HAM Dalam Perspektif Pendidikan Islam dan Pendidikan Nasional”. Reslaj: Religion Education Social Laa Roiba Journal. 4(1):133




DOI: http://dx.doi.org/10.25157/j-kip.v4i3.11405

Refbacks

  • Saat ini tidak ada refbacks.