PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN PROBLEM BASED LEARNING (PBL) MENGGUNAKAN METODE PETA KONSEP TERHADAP HASIL BELAJAR KOGNITIF PADA MATERI TUMBUHAN LUMUT DI SMAN 1 BAREGBEG

Wike Alini, Awang Kustiawan, Endang Hardi

Sari


Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran Problem Based Learning (PBL) menggunakan metode peta konsep terhadap hasil belajar kognitif pada materi tumbuhan lumut. Penelitian ini dilakukan pada bulan Mei 2023 di kelas X IPA 1 di SMA Negeri 1 Baregbeg.  Metode yang digunakan pada penelitian ini adalah metode pre-exprimental, dan penelitian dilakukan pada kelas X IPA 1 dengan jumlah peserta didik 24 yang diambil dengan cara purposive sampling. Desain penelitian menggunakan one group pretest-posttest desain. Instrumen yang digunakan dalam penelitian ini berupa tes tertulis dengan jumlah 20 nomor soal pilihan ganda (PG). Data hasil penelitian dianalisis secara statistik menggunakan uji N-Gain, uji normalitas dan uji hipotesis dengan menggunakan uji Z. Hasil penelitian menunjukkan peningkatan hasil belajar kognitif peserta didik dinilai dengan rata-rata 0,79. Maka dapat disimpulkan bahwa terdapat pengaruh yang signifikan penerapan model pembelajaran Problem Based Learning (PBL) menggunakan metode peta konsep terhadap hasil belajar kognitif pada materi tumbuhan lumut.Kata kunci: Hasil Belajar Kognitif, Metode Peta Konsep model, Model Problem Based Learning (PBL).

Teks Lengkap:

PDF

Referensi


Adnyana, W.A.(2020). Model Problem Based Learning. Denpasar: Jurnal Badiklat

Arikunto.(2012). Dasar-dasar Evaluasi Pendidikan. Jakarta: Bumi Aksara

Dahar,R.W. (2011). Teori-teori Belajar dan Pembelajaran. Bandung : Erlangga

Esema,dkk. (2012). Problem Based Learning. Salagatiga

Haris, A. (2011). Penggunaan Peta Konsep Melalui Pembelajaran Cooperatif. Jakarta : PT Bumi Aksara

Hartantio, Yoppy. (2022). Penerapan Strategi Belajar Peta Konsep (Mind Mapping) Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Pada Standar Kompetensi Menerapkan Dasar-Dasar Elektronika Digital Di SMKN 1 Driyorejo. Surabaya

Khasanah, Khuswatun. (2019). Peta Konsep Sebagai Strategi Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Sekola Dasar. Pekalongan

Maghfirah. (2015). Pengaruh Model Pembelajaran Problem Based Learning Menggunakan Peta Konsep Terhadap Hasil Belajar Siswa. Medan: Jurnal Inpafi Volume 3 Nomor 4 Nopember 2015

Pratiwi. (2017). Biologi untuk SMA/MA Kelas X. Jakarta: Erlangga

Rusman. (2012). Model-model Pembelajaran. Bandung: Rajagrafindo Persada

Sadirman.(2012). Interaksi dan Motivasi Belajar Mengajar. Jakarta: Rajagrafindo Persada

Simatupang,M.A. (2015). Pengaruh Problem Based Learning Berbantu Peta Konsep Terhadap Hasil Belajar Siswa SMA . Medan: Jurnal Inpafi

Sitorus, E. (2014). Pengaruh Model PBL Berbasis Peta Konsep Terhadap Hasil Belajar Siswa Pada Materi Listrik Dinamis di Kelas X SMAN 17 Medan. Medan: Jurnal Inpafi

Sudjana. (2005). Metode Statistika. Bandung: Tarsito

Trianto. (2012). Mendesain Model Pembelajaran Inovatif-Progresif. Jakarta: Kencana Prenada Media Grup




DOI: http://dx.doi.org/10.25157/j-kip.v4i3.11411

Refbacks

  • Saat ini tidak ada refbacks.