Pengaruh Model Pembelajaran Project Based Learning Berbasis STEAM Terhadap Hasil Belajar Kognitif Siswa

Wifa Dauly Kaffah, Euis Erlin, Adun Rusyana

Sari


ABSTRAKWifa Dauly Kaffah. Judul Skripsi “Pengaruh Model Pembelajaran Project Based Learning Berbasis STEAM Terhadap Hasil Belajar Kognitif Siswa Di SMA Islam Cipasung”. Penyusunan skripsi ini dibawah bimbingan Hj. Euis Erlin, Dra., M.Kes., sebagai pembimbing I dan Dr. H. Adun Rusyana, M.Pd., sebagai pembimbing II.Di abad 21 ini, instansi pendidikan sedang berlomba-lomba untuk mengembangkan keterampilan siswanya. Dalam proses pembelajaran ini cenderung berpusat pada guru (teacher center) sehingga mengakibatkan rendahnya hasil belajar siswa dan menjadi masalah utama dalam pendidikan formal. Tujuan penelitian ini adalah mengetahui pengaruh model pembelajaran PJBL-STEAM terhadap hasil belajar kognitif siswa di SMA Islam Cipasung. Waktu penelitian pada bulan Maret sampai dengan bulan Mei. Populasi penelitian ini adalah siswa kelas X IPA di SMA Islam Cipasung. Sampel yang digunakan X IPA 2 sebanyak 30 orang. Teknik pengambilan sampel menggunakan teknik Purposive Sampling. Penelitian ini menggunakan metode Quasi Eksperimen. Desain yang digunakan dalam penelitian ini yaitu One Group Pretest-Posttest Design.Variabel penelitian ini dibatasi pada hasil belajar kognitif . Instrumen yang digunakan yaitu tes objektif berupa tes tertulis berbentuk uraian. Hasil penelitian ini menggunakan uji Z analisis uji Z diperoleh Zhitung > Zdaftar dimana Zhitung 3,13 dan Zdaftar 1,65 pada taraf signifikasi 5%. Hal ini membuktikan bahwa terdapat pengaruh model pembelajaran project based learning berbasis STEAM terhadap hasil belajar kognitif siswa.Kata Kunci : Project Based Learning, Hasil Belajar, STEAM 

Teks Lengkap:

PDF

Referensi


Chaerul Abas, Deni Darmawan, Akhmad Margana. (2017). “Pengaruh Aktivitas Blogging Dalam Model Pembelajaran Project Base -321Learning Terhadap Hasil Belajar Siswa”. Jurnal Teknologi Pembelajaran. 2(2): 278–88.

Dewi, A. C. (2019). Keefektifan Model Project Based Learning Terhadap Hasil Belajar Ipa Siswa Kelas V Sd Negeri Mujur Kecamatan Kroya Kabupaten Cilacap (Doctoral Dissertation, Unnes).

Hardianti, Tuti. (2018). Analisis Kemampuan Peserta Didik Pada Ranah Kognitif dalam Pembelajaran FISIKA SMA. Jurnal Pendidikan Fisika UAD. Seminar Nasional Quantum.

Herlina, Ramlawati, Hasri. (2022). Pengembangan Perangkat Pembelajaran Elektronik Berbasis STEAM Untuk Meningkatkan Minat dan Hasil Belajar. Pendidikan Kimia. Universitas Negeri Makassar.

Nanda, W. (2022). PENGARUH MODEL PjBL (PROJECT BASED LEARNING) DENGAN PENDEKATAN STEAM (SCIENCE, TECHNOLOGY, ENGINEERING, ARTS AND MATHEMATICS) TERHADAP KEMAMPUAN COMPUTATIONAL THINKING PADA PELAJARAN FISIKA (Doctoral dissertation, UIN RADEN INTAN LAMPUNG).

Rinanityas, Pramudita.Y. (2020) Pengaruh Pembelajaran STEAM Berbasis PJBL Terhadap Hasil Belajar Kognitif, Afektif, dan Keterampilan Komunikasi Siswa Kelas V Di SDN 2 Turen. Master Thesis Universitas Negeri Malang

Siska. (2022). Rumah Listrik Berbasis STEAM Untuk Meningkatkan Keterampilan Berfikir Kritis dan Hasil Belajar Era Pandemi. Kelas VI SDN Gentan 01. Jurnal Didaktika Pendidikan Dasar.




DOI: http://dx.doi.org/10.25157/j-kip.v4i3.11413

Refbacks

  • Saat ini tidak ada refbacks.