PENGARUH MODEL PROBLEM BASED LEARNING TERHADAP KEMAMPUAN BERPIKIR KREATIF SISWA SMA PLUS AL-FALAH TASIKMALAYA

Ari Ardiansyah, Taupik Sopyan, Lia Yulisma

Sari


Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui Pengaruh Kemampuan Berpikir Kreatif Siswa SMA Plus Al-Falah Tasikmalaya setelah diterapkannya Model Problem Based Learning. Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif dengan metode yang digunakan adalah quasi Experimental dan desain penelitiannya menggunakan One Group Pretest-Posttest yang memberikan satu perlakuan terhadap subjek yang sama berupa penggunaan Model Problem Based Learning . Pengambilan sampel menggunakan teknik Sampel Total atau sensus yaitu siswa kelas X IPS 1  dengan jumlah 32 Siswa sebagai kelas eksperimen. Instrumen yang digunakan berupa pretest-posttest untuk mengetahui kemampuan berpikir kreatif siswa. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa terdapat pengaruh yang signifikan dari penggunaan model problem based learning Terhadap kemampuan berpikir kreatif siswa SMA Plus Al-Falah Tasikmalaya.Kata kunci: Berpikir Kreatif, Sampel Total, Problem Based Learning 

Teks Lengkap:

PDF

Referensi


Abdul Wahab, J. M., Efektifitas Pembelajaran Statistika Pendidikan Menggunakan Uji Penigkatan N-GAIN di PGMI. Jurnal Basic Edu. 2021.

Abdul Wahab Shilichin, 2012, Analisis Kebijakan, Jakarta: Bumi Aksara

Ahmadi, Abu dan Joko Tri Prasetyo,. Strategi Belajar dan Mengajar. 1997, Bandung: Pustaka Setia.

Amir (2010:27). Inovasi Pendidikan Melalui Problem Based Learning. Jakarta: Prenada Media Group.

Anwar, H. Analisis Tingkat Berfikir Geometri Siswa SMP Negeri 2 Gading Probolinggo Kelas IX Menurut Teori Van Heile. SKRIPSI Jurusan Matematika Fakultas MIPA UM.Noer (Muthahara, dkk. 2018: 64) 2012.

Arnyana, I. B. P. (2006). Pengaruh Penerapan Strategi Pembelajaran Inovatif pada pelajaran biologi terhadap kemampuan berpikir kreatif siswa SMA. Jurnal Pendidikan dan Pengajaran IKIP Negeri Singaraja, 3(6).

Awang & Ramly. (2008). Creative Thingking Skill Aproach Through Problem Based Learning: Pedagogy and Practice in the Engineering Classroom. International Journal of Human and Social Science 3, (1).

Bybee, R, dkk. (2006). The BSCS 5E Instructional Model: Origins, Effectiveness, and Applications. Tersedia pada http://www.bscs.org/sites/default/files/_legacy/BSCS_5E_Instructional_ModelExecutive_Summary_0.pdf. [24 April 2015].

Cahyo, Agus N, Panduan Aplikasi Teori-Teori Belajar Mengajar Teraktual dan terpopuler, 2013. Diva Prees.

Firman, Siti mulyana, Syahniar. Jurnal Ilmiah Konseling, 1–9. 2016

Hanifa, H. P., & Muslikah. (2019). Hubungan Antara Konformitas Teman Sebaya Ditinjau Dari Jenis Kelamin Dengan Kepatuhan Terhadap Tata Tertib Sekolah. Jurnal Edukasi : Jurnal Bimbingan Konseling, 5(2), 136-153.

Hackling, M.W. 2005. Working Scientifically: Implementing and Assessing Open Investigation Work in Science. Western Australia: Departement of Education and Training.

Hmelo-Silver, C. E. (2004). Problem-Based Learning: What and How Do Students Learn? Educational Psychology Review , 16 (3), 235-265.

Hmelo-Silver, C, E. ,& Barrows, H. S. (2006). Goals and Strategies of a Problem-Based Learning Facilisator. Interdisciplinary Journal of Problem-Based Learning, 1(1).

Iswari, M, Firman, Nengsih. Pengaruh Layanan Bimbingan Kelompok Terhadap Perencanaan Arah Karier Siswa SMA Pembangunan Laboratorium Universitas Negeri Padang, 4(3), 136146. 2015.

Khalida, Afifa. Agustono dan Widya Paramita L. 2017. Penambahan Lisin pada Pakan Komersial terhadap Retensi Protein dan Retensi Energi Ikan Bawal Air Tawar. Jurnal ilmiah Perikanan dan Kelautan. Vol 9 No.2 November 2017.

Learning, P. B. Jurnal Pendidikan IPA Indonesia, 3(1), 95–101. Pelajar Sanjaya (2009:214). 2014.

Mulyaningsih, Sri (2018) KRISTALOGRAFI & MINERALOGI. Edisi 1 . AKPRIND PRESS.

Munandar,Utami.(2009). Pengembangan kreativitas anak berbakat. Jakarta:Rineka cipta.

Mursidik, Mersina Ellys, et.al., (2015). Kemampuan Berpikir Kreatif dalam Memecahkan Masalah Matematika Open-Ended Ditinjau dari Tingkat Kemampuan Matematika pada Siswa Sekolah Dasar. Journal Pedagogia. Vol 4 No 1. 23-33. (Februari). IKIP PGRI Madiun.

Muthahara, Eva., Medha B., Ninuk. 2018. Pengaruh Jenis dan Volume Tanaman Pada Pertumbuhan Markisa. Jurnal Produksi Tanaman. Vol.5 No.1. 2018. 101 108.

M. Wahyudin Zarkasyi.2015. Penelitian Pendidikan Matematika.Bandung:Refika Aditama.

Noer. 2011. Karakteristik PTK (http://remenmaos.blogspot.com/). Diakses Jumat 01 Juli 2011 Pukul 14.39.

Nugraha.E., 1985. Statistik untuk penelitian. Bandung: W.Permadi.

Purwaninrum, Pramiati. Upaya Mengurangi Timbulan Sampah Plastik Di Lingkungan. Indonesian Journal of Urban and Environmental Technology 8(2):141. 2016.

Putra Nusa dan Ninin Dwilestari. Penelitian Kualitatif PAUD. 2012. Jakarta: Rajagrafindo Persada.

Roestiyah. Strategi Belajar Mengajar. 2012. Jakarta. Rineka Cipta.

Rusman. 2011. Model Model Pembelajaran. Jakarta: PT. Raja grafindo Persada.

Sanjaya,Wina. Strategi Pembelajaran Berorientasi Standar Proses Pendidikan. 2006. Bandung.Kencana Slameto (2015:24).

Sasrie Pusba, Ega. 2016. Pengaruh Penggunaan Model Problem Ba




DOI: http://dx.doi.org/10.25157/j-kip.v5i1.11429

Refbacks

  • Saat ini tidak ada refbacks.