PENINGKATAN KEMAMPUAN PENALARAN DEDUKTIF MATEMATIS SISWA MELALUI MODEL PEMBELAJARAN CREATIVE PROBLEM SOLVING

Albi Oktaviana Al Qifari, Ai Tusi Fatimah, Nur Eva Zakiah

Sari


Penelitian ini dilatar belakangi oleh rendahnya kemampuan penalaran deduktif matematis siswa dalam memecahkan soal matematika. Kesulitan dalam memecahkan suatu permasalahan membuat siswa tidak bisa memecahkan permasalahan serta kebingungan untuk memberikan solusi dari suatu pernyataan. Kemampuan penalaran deduktif sangat penting dan dibutuhkan bagi siswa pada suatu pembelajaran matematika, karena dengan penalairan deduktif  matematis siswa akan mudah untuk menyusun solusi dari suatu persamalahan. Model pembelajaran sangat berperan penting pada proses pembelajaran agar terciptanya suatu pembelajaran yang efektif. Model pembelajaran yang diambil pada peneleitian ini yaitu model pembelajaran Creative Problem Solving. Model pembelajaran Creative Problem Solving merupakan suatu tahapan pembelajaran yang aktifitas pengajaran dipusatkan pada keterampilan pemecahan masalah. Tujuan dari penelitian ini yaitu untuk mengetahui perbedaan peningkatan kemampuan penalaran deduktif matematis siswa melaui model pembelajaran Creative Problem Solving. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif Quasi Eksperimental Design, dengan bentuk The Nonequivalent Pretest-Posttest Control Group Design. Pengumpulan data pada penelitian ini yaitu instrument tes kemampuan penalaran deduktif matematis siswa sebanyak tiga soal uraian. Hasil dari penelitian ini yaitu terdapat perbedaan peningkatan kemampuan penalaran deduktif matematis siswa yang menggunakan model pembelajaran Creative Problem Solving (CPS) kategori sedang dengan model pembelajaran Numbered Head Together (NHT) kategori rendah.

Teks Lengkap:

PDF

Referensi


Ahmad, G. A. M., Diniyah, A. N., Akbar, P., Nurjaman, A., & Bernard, M. (2018). Analisis Kemampuan Kemampuan Penalaran Dan Self Confidence Siswa Sma Dalam Materi Peluang. Journal On Education P, 1(1), 14–21.

Fadillah, A. (2019). Analisis Kemampuan Penalaran Deduktif Matematis Siswa. JTAM | Jurnal Teori dan Aplikasi Matematika, 3(1), 15.

Kurnia Putri, D., Sulianto, J., & Azizah, M. (2019). Kemampuan Penalaran Matematis Ditinjau dari Kemampuan Pemecahan Masalah. International Journal of Elementary Education, 3(3), 351.

Lestari, K. E., & Yudhanegara, M. R. (2017). Penelitian Pendidikan Matematika. Bandung: PT. Refika Aditama.

Mahardika, I. P. M., Dantes, N., & Widiana, W. (2018). Pengaruh Model Pembelajaran Numbered Heads Together Terhadap Hasil Belajar IPS Pada Siswa Kelas V SD Gugus V Kintamani Tahun Pelajaran 2017/2018. MIMBAR PGSD Undiksha, 6(1), 1–32. ejournal.undiksha.ac.id

Mustamin, H. (2020). Meningkatkan Motivasi Belajar Matematika melalui Metode Diskusi pada Siswa Kelas VII MTs Negeri 1 Makassar. Lentera Pendidikan : Jurnal Ilmu Tarbiyah dan Keguruan, 22(1), 180–192.

Ningsih, E. R. (2021). Pengaruh Model Pembelajaran Creative Problem Solving Berbantu Maple Terhadap kemampuan Penalaran Matematis Siswa. Euclid, 8(1), 62. Nopitasari, D. (2016). Pengaruh Model Pembelajaran Creative Problem Solving (Cps) Terhadap Kemampuan Penalaran Adaptif Matematis Siswa. M A T H L I N E : Jurnal Matematika dan Pendidikan Matematika, 1(2), 103–112.

Nopitasari, D. (2016). Pengaruh Model Pembelajaran Creative Problem Solving (Cps) Terhadap Kemampuan Penalaran Adaptif Matematis Siswa. M A T H L I N E : Jurnal Matematika dan Pendidikan Matematika, 1(2), 103–112.

Pandu, Y. K., & Suwarsono, S. (2021). Analisis Kemampuan Penalaran Matematika Mahasiswa dalam Menyelesaikan Masalah Matematika Materi Limit Fungsi. PRISMA, Prosiding Seminar Nasional Matematika, 4, 436–445.

Saputra, E., & Zulmaulida, R. (2021). Analisis Kemampuan Penalaran Deduktif Siswa pada Pembelajaran Creative Problem Solving (CPS). Suska Journal of Mathematics Education, 7(2), 113–122.

Satriani, S., Wahyudin. (2018). Implementasi Model Pembelajaran Creative Problem Solving (CPS) Untuk Meningkatkan Kemampuan Pemecahan Masalah Mahasiswa. Jurnal Derivat, 5(1), 69–81.

Soleh, N., Rochmad, & Supriyono. (2014). Kemampuan Penalaran Deduktif Siswa Kelas VII Pada Pembelajaran Model-Eliciting Activities. Unnes Journal of Mthematics Education, 3(1), 1–7.

Sudarti, N. K. (2020). Analisis Pengaruh Faktor Kecemasan Belajar dan Gaya Belajar Terhadap Kemampuan Penalaran Matematis Siswa Kelas VIII di SMP Negeri Se-Kota Singaraja. Skripsi: Universitas Pendidikan Ganesha.

Sugiyono. (2016). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung: PT. Alfabeta.

Sundayana, R. (2014). Statistika Penelitian Pendidikan. Bandung: Alfabeta.

Tanti, N. R. D. (2021). Penerapan Media Video Pembelajaran Berbasis Kinemaster Terhadap Kemampuan Penalaran Siswa dalam Pemodelan Sistem Persamaan Linear Dua Variabel (SPLDV) di Kelas VIII SMPN 3 Pandih Batu. Skripsi: Universitas Islam Negeri Antasari.

Tohir, M. (2019). Hasil PISA Indonesia Tahun 2018 Turun Dibanding Tahun 2015. Paper of Matematohir, 2(1), 1–2.

Tohir, M. (2019). Hasil PISA Indonesia Tahun 2018 Turun Dibanding Tahun 2015. Paper of Matematohir, 2(1), 1–2.




DOI: http://dx.doi.org/10.25157/j-kip.v4i3.11677

Refbacks

  • Saat ini tidak ada refbacks.