EKSPLORASI KONSEP MATEMATIKA PADA PERMAINAN TRADISIONAL KELERENG DAN ENGKLEK

Nazla R. Khoerunnissa, Yoni Sunaryo, Nur Eva Zakiah

Sari


ABSTRAKPenelitian ini dilatarbelakangi dengan kurangnya eksplorasi permainan tardisional yang tanpa masyarakat ketahui bahwa dalam permainan tardisional terdapat konsep matematika, selain untuk kesenangan permainan tradisional juga dapat melatih pengetahuan dan peningkatan pemahaman masyarakat dalam pembelajaran salah satunya dalam pembelajaran matematika. Penelitian ini bertujuan untuk mengeksplorasi konsep-konsep matematika pada permainan tradisional kelereng dan engklek. Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah penelitian kualitatif pendekatan etnografi. Data yang digunakan adalah data hasil observasi, wawancara, dan dokumentasi. Analisis data dilakukan melalui tahap reduksi data, penyajian data dan menarik kesimpulan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pada permainan tradisional kelereng dan engklek terdapat konsep matematika yaitu : (1) konsep geometri bangun datar persegi, persegi panjang, trapesium, segitiga dan lingkaran; (2) konsep hitung yang ada pada permainan tradisional kelereng yaitu penjumlahan dan pengurangan dan konsep penjumlahan pada permainan engklek; (3) konsep pengukuran yang terdapat pada permainan kelereng yaitu pengukuran jarak antar kelereng dengan gambar bangun datar, konsep pengukuran pada permainan engklek yaitu pengkuran panjang dan luas bangun datar petak engklek.Kata kunci : Konsep matematika, permainan tradisional kelereng dan engklek

Teks Lengkap:

PDF

Referensi


Destrianti, S. (2019). Etnomatematika dalam Seni Tari Kejei Sebagai Kebudayaan Rejang Lebong. Jurnal Equation: Teori Dan Penelitian Pendidikan Matematika, 2(2), 116.

Dewi, H. (2015). Pengembangan Perangkat Pembelajaran Berstandar NCTM (National Council of Teachers of Mathematics) di Sekolah Menengah Pertama (SMP) Kelas VII Pada Pokok Bahasan Statistika. Jurnal Edukasi, 2(3), 25–30.

Harahap, N. S., & Jaelani, A. (2022). Etnomatematika pada Permainan Tradisional Engklek. Paradikma: Jurnal Pendidikan 86–90.

Kusuma, A. (2016). Pengantar Komunikasi Antar Budaya. CHANNEL: Jurnal Komunikasi.

Matitaputty. (2016). Desain Pembelajaran Matematika Dengan Pendekatan Etnomatematika Pada Materi Nilai Tempat Kelas 2 Sekolah Dasar. Lemma, 1-12.

Miles, M. B. & Huberman, M. (1992). Analisis Data Kualitatif. Jakarta: Penerbit Universitas Indonesia

Pulungan, N. A., & Adinda, A. (2023). Eksplorasi etnomatematika dalam permainan tradisional kelereng daerah padang sidimpuan selatan. MathEdu (Mathematic Education Journal), 6(1), 1–28.

Pratiwi, J. W., & Pujiastuti, H. (2020). Eksplorasi Etnomatematika pada Permainan Tradisional Kelereng. Jurnal Pendidikan Matematika Raflesia, 5(2), 1–12.

Suryaningrum, C. W. (2017). Menanamkan Konsep Bentuk Geometri (Bangun Datar). Jurnal Pengabdian Masyarakat Ipteks, 3(1), 1–8.




DOI: http://dx.doi.org/10.25157/j-kip.v4i3.11743

Refbacks

  • Saat ini tidak ada refbacks.