PEMANFAATAN NILAI-NILAI KARAKTER PADA TRADISI PARERESAN DALAM PEMBELAJARAN SEJARAH KELAS X IPS 1 MA PUI MAJA

Fuad Azhari, Sri Pajriah, Aan Suryana

Sari


Tradisi Pareresan adalah salah satu nama tradisi yang masih berkembang di desa sangiang. Tradisi ini adalah Syukuran atas hasil bumi yang melimpah, dimana mayoritas masyarakatnya adalah petani. Pareresan sendiri berasal dari bahasa Sunda, reres panen, yang artinya panen telah usai. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pemanfaatan nilai-nilai karakter pada tradisi pareresan di integarasikan dalam pembelajaran sejarah kelas X IPS 1 MA PUI Maja. Metode dalam penelitian ini yaitu metode kualitatif dengan deskriptif fokus penelitian pada siswa kelas X di MA PUI Maja tahun ajaran 2022/2023 dengan pemanfaatan nilai-nilai karakter Tradisi Pareresan sebagai sumber belajar sejarah. Teknik pengumpulan data metode ini diantaranya observasi, wawancara, dan dokumentasi. Penelitian ini bahwa proses pembelajaran sejarah dikelas X IPS 1 MA PUI Maja dalam pelaksanaan pembelajaran, metode guru menjelaskan pembelajaran sejarah dengan ceramah  kepada peserta didik hal ini kurang diminati peserta didik dalam mengikuti pembelajaran sejarah. Bentuk implementasi pembelajaran sejarah dengan memanfatkan nilai-nilai karakter tradisi pareresan di kelas X IPS 1 MA PUI Maja, guru menayangkan video tradsi pareresan di situ sangiang kepada peserta didik hal ini diminati peserta didik dalam mengikuti pembelajaran sejarah. Kondisi ini tampak peserta didik aktif bertaya kepada guru pada saat menayangkan video tradisi pareresan semua siswa pokus melihatnya.Kata kunci : Nilai-nilai Karakter, Tradisi Pareresan, Pembelajaran Sejarah

Teks Lengkap:

PDF

Referensi


Guntaro. (2004). Konsep Kurikulum di Indonesia. Rosda Karya.

Hasan, S. H. (2012). Filosofi dan Peran Pendidikan Sejarah untuk Membangun Karakter Bangsa. Rizqi Press.

Pajriah, S. (2013). Pengaruh Model Dual Coding Terhadap Peningkatan Hasil Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran Sejarah (Studi Penelitian Kuasi Eksperimen pada Siswa Kelas XI di SMAN 1 Ciamis) Universitas Pendidikan Indonesia | repository.upi.edu | perpustakaan. Universitas Pendidikan Indonesia.

Putria, U. (2022). Pertautan Nilai Agama Dalam Tradisi : Pareresan Dalam Makna Keislaman. Jurnal Studi Islam, 3(1), 15–29.

Resti Pujiani, Jayusman, R. (2016). Eksperimen Model Problem Based Learning dalam Pembelajaran Sejarah Terhadap Hasil Belajar Sejarah Siswa Kelas XI SMA N 1 Pejagoan Tahun Pelajaran 2015/2016. Indonesian Journal of History Education, 4(2), 50–56.

Sugiyono, D. (2013). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan Tindakan. 189–190.

Sutisna, N. (2011). Peran Pendidikan Sepanjang Hayat bagi Penyandang Disabilitas. Jassi Anakku, 10(2), 206–211.

Hendriyani, Mulyadi. 2023. " Bagaimana proses pembelajaran sejarah kelas X IPS 1 MA PUI Maja dan kendala saat mengajar". Majalengka.

Nadzifah, Hilma. 2023. "Bagaimana metode guru dalam proses pembelajaran sejarah kelas X IPS 1 MA PUI Maja". Majalengka.

Hanifah. 2023. "Bagaimana metode guru dalam proses pembelajaran sejarah kelas X IPS 1 MA PUI Maja". Majalengka.

Siska. 2023. "Bagaimana metode guru dalam proses pembelajaran sejarah kelas X IPS 1 MA PUI Maja". Majalengka.

Cahyati, Nur. 2023. "Bagaimana metode guru dalam proses pembelajaran sejarah kelas X IPS 1 MA PUI Maja". Majalengka.

Imawanti Iwan. 2023. “Bagaimana tujuan Tradisi Pareresan di Desa Sangiang Kecamatan Banjaran Kabupaten Majalengka”. Majalengka.

Sulistio Deri. 2023. “Apa pengertisn Tradisi Pareresan di Desa Sangiang Kecamatan Banjaran Kabupaten Majalengka”. Majalengka




DOI: http://dx.doi.org/10.25157/j-kip.v5i1.11784

Refbacks

  • Saat ini tidak ada refbacks.