PENERAPAN MODEL PROBLEM BASED LEARNING BERBANTUAN ETNOMATEMATIKA UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH MATEMATIS SISWA

Ana Karlina Septiani, Lala Nailah Zamnah, Yoni Sunaryo

Sari


Latar belakang masalah pada penelitian ini adalah kemampuan pemecahan masalah matematis siswa SMP masih rendah. Dari berbagai literatur, kajian pustaka dan penelitian yang dilakukan sebelumnya, diprediksi bahwa pembelajaran dengan menggunakan model pembelajaran problem based learning berbantuan etnomatematika dapat membantu siswa dalam memperbaiki kemampuan pemecahan masalah matematis yang masih rendah. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui perbedaan kemampuan pemecahan masalah matematis siswa antara yang menggunakan model pembelajaran problem based learning berbantuan etnomatematika dengan yang menggunakan model pembelajaran langsung. Penelitian ini merupakan penelitian quasi eksperimental dengan desain penelitian pretest-posttest control group design. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas VII SMP Negeri 3 Banjar. Sampel dalam penelitian ini terdiri dari dua kelas, yaitu kelas VII-E sebagai kelas eksperimen dan kelas VII-D sebagai kelas kontrol dengan menggunakan teknik puposive sampling. Instrumen yang digunakan berupa soal tes kemampuan pemecahan masalah matematis. Hasil penelitian menunjukkan terdapat perbedaan peningkatan kemampuan pemecahan masalah matematis siswa antara yang menggunakan model pembelajaran problem based learning berbantuan etnomatematika dengan yang menggunakan model pembelajaran langsung.

Teks Lengkap:

PDF

Referensi


Aliyah, U., Suyitno, H., & Agoestanto, A. (2014). Keefektifan Resource Based Learning terhadap kemampuan pemecahan masalah peserta didik materi lingkaran. Jurnal Matematika dan Sains, 2(1), 10-18.

Amam, A. (2017). Penilaian Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis Siswa Smp. Teorema, 2(1), 39. https://doi.org/10.25157/.v2i1.765

BSNP. 2006. Peraturan Menteri Pendidikan Nasional Republik Indonesia No. 22 Tahun 2006 tentang Standar Isi untuk Satuan Pendidikan Dasar dan Menengah. Jakarta : Depdiknas.

Fatimah, A. T., & Amam, A. (2018). Rencana Pelaksanaan Pembelajaran Matematika Di Sekolah Menengah Kejuruan. Jurnal Penelitian Dan Pembelajaran Matematika, 11(2). https://doi.org/10.30870/jppm.v11i2.3756

Fatimah, A. T., & Zakiah, N. E. (2018). Kelancaran Prosedural Matematis Dalam Pemecahan Masalah Konteks Pemasaran. M a T H L I N E Jurnal Matematika Dan Pendidikan Matematika, 3(2), 141–150.

Kosasih E. (2016). Strategi Belajar dan Pembelajaran Implementasi Kurikulum 2013. Bandung: Yrama Widya.

Lestari., K. E., & Yudhanegara., M. R. (2015). Penelitian Pendidikan Matematika. Bandung, Indonesia: PT Refika Aditama

Marliana, P., Sunaryo, Y., & Zamnah, L. N. (2023). Pengaruh Model Pembelajaran Problem Based Learning Terhadap Kemampuan Pemahaman Konsep Matematis Siswa. J-KIP (Jurnal Keguruan dan Ilmu Pendidikan), 4 (1), 183-190.

Nurdin, Syafrudin, & Adriatoni. (2016). Kurikulum dan Pembelajaran. Jakarta: PT Raja Grafindo Persada.

OECD. (2016). PISA 2015 results (1): Excelence and Equity In Education. OECD Puslishing, Paris. doi: 10.1787/9789264266490.

Orey, D. C., & M. Rosa. (2004). Ethnomathematics and the teaching and learning mathematics from a multicultural perspective. Ethnomathematics and mathematics education, 139-148.

PPPPTK. (2011). Instrumen Penilaian Hasil Belajar Matematika SMP: Belajar dari PISA dan TIMSS. Retrieved from http://p4tkmatematika.org/file/Bermutu 2011/SMP/4.INSTRUMEN PENILAIAN HASIL BELAJAR MATEMATIKA .....pdf

Sirate, F. S. (2012). Implementasi Etnomatematika dalam Pembelajaran Matematika pada Jenjang Pendidikan Sekolah Dasar. Jurnal Lentera Pendidikan, 5(1): 41-54.

Soemarmo, U dan Hendriana, A. (2014). Penilaian Pembelajaran Matematika. Bandung, Indonesia: Refika Aditama.

Sugiyono. (2014). Metode Penelitian Pendidikan: Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung, Indonesia: Alfabeta.

Sugiyono. (2015). Statistika untuk Penelitian. Bandung, Indonesia: Alfabeta.

Sunaryo, Y., & Nuraida, I. (2017). Pengaruh Penerapan Model Pembelajaran Brain-based Learning terhadap Kemampuan Pemecahan Masalah Matematik Siswa. Jurnal Penelitian Pendidikan Dan Pengajaran Matematika, 3(2), 89–96.

Vera, T. O., Yulia, P., & Rusliah, N. (2021). Peningkatan Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis Melalui Model Problem Based Learning dengan Menggunakan Soal-soal Berbasis Budaya Lokal. Logaritma : Jurnal Ilmu-Ilmu Pendidikan Dan Sains, 9(01), 1–14. https://doi.org/10.24952/logaritma.v9i01.2782

Wahyuni, A., Aji, A., Tias, W., & Sani, B. (2013). Peran etnomatematika dalam membangun karakter bangsa: Penguatan Peran Matematika Dan Pendidikan Matematika Untuk Indonesia Yang Lebih Baik, 1, 111–118.

Zakiah, N. E. (2017). Pembelajaran Dengan Pendekatan Kontekstual Berbasis Gaya Kognitif Untuk Meningkatkan Self Awareness Siswa. Teorema, 2(1), 11. https://doi.org/10.25157/.v2i1.704

Zakiah, N. E., Sunaryo, Y., & Amam, A. (2019). Implementasi Pendekatan Kontekstual Pada Model Pembelajaran Berbasis Masalah Berdasarkan Langkah-Langkah Polya. Teorema: Teori Dan Riset Matematika, 4(2), 111. https://doi.org/10.25157/teorema.v4i2.2706

Zakiah, N. E. (2020). Level kemampuan metakognitif siswa dalam pembelajaran matematika berdasarkan gaya kognitif. Jurnal Riset Pendidikan Matematika, 7(2), 132–147. https://doi.org/10.21831/jrpm.v7i2.30458

Zamnah, L. N. (2017). Hubungan Antara Self-Regulated Learning Dengan Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis Pada Mata Pelajaran Matematika Kelas Viii Smp Negeri 3 Cipaku Tahun Pelajaran 2011/2012. Teorema, 1(2), 31. https://doi.org/10.25157/.v1i2.549




DOI: http://dx.doi.org/10.25157/j-kip.v4i3.11826

Refbacks

  • Saat ini tidak ada refbacks.