Pengaruh Model Think Pair Share Berbantuan Software Maple terhadap Kemampuan Pemahaman Matematis Siswa pada Materi Matriks

Denti Kusumah, Angra Meta Ruswana, Lala Nailah Zamnah

Sari


Kemampuan pemahaman matematis adalah kemampuan yang sangat penting dikuasai oleh siswa dalam proses pembelajaran. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui perbedaan kemampuan pemahaman matematis siswa antara kelas yang memperoleh pembelajaran dengan model TPS berbantuan software maple dan kelas yang memperoleh pembelajaran dengan model direct instruction. Jenis penelitian yang digunakan yaitu kuasi eksperimen dengan pendekatan kuantitatif. Sampel penelitian yaitu kelas XI di SMK Jaya Mandiri tahun ajaran 2022/2023 yang terdiri dari 4 kelas, teknik pengambilan sampel dilakukan secara teknik purposive sampling. Teknik pengumpulan data yang digunakan yaitu berupa tes dengan bentuk tes uraian yang dimana untuk mengukur kemampuan pemahaman matematis siswa. Teknik analisis data menggunakan uji-t. Hasil dari penelitian ini adalah bahwa terdapat kemampuan pemahaman matematis siswa antara kelas yang memperoleh pembelajaran dengan model TPS berbantuan software maple dan kelas yang memperoleh pembelajaran dengan model direct instruction.

Teks Lengkap:

PDF

Referensi


Anisa, R. N., Ruswana, A. M., & Zamnah, L. N. (2021). Analisis Kemampuan Pemahaman Konsep Matematis Peserta Didik Smp Pada Materi Aljabar. J-KIP (Jurnal Keguruan Dan Ilmu Pendidikan), 2(3), 237. https://doi.org/10.25157/j-kip.v2i3.6271

Diana, P., Marethi, I., & Pamungkas, A. S. (2020). Kemampuan Pemahaman Konsep Matematis Siswa: Ditinjau dari Kategori Kecemasan Matematik. SJME (Supremum Journal of Mathematics Education), 4(1), 24. https://doi.org/10.35706/sjme.v4i1.2033

Handoko. (2017). PEMBELAJARAN MATEMATIKA MODEL SAVI BERBASIS DISCOVERY STRATEGY MATERI DIMENSI TIGA KELAS X . Hendri Handoko Tadris Matematika , IAIN Syekh Nurjati Cirebon ABSTRAK penyebabnya adalah karena rendahnya kreativitas siswa dalam belajar . Ada beberapa alternati. 6(1), 85–95.

Herdiana, L., Zakiah, N. E., & Sunaryo, Y. (2021). Penerapan Model Pembelajaran Diskursus Multy Reprecentacy (Dmr) Terhadap Kemampuan Pemahaman Matematis Siswa. J-KIP (Jurnal Keguruan Dan Ilmu Pendidikan), 2(1), 9. https://doi.org/10.25157/j-kip.v2i1.4784

Junaidi. (2016). Kata Kunci : Software Maple dalam Pembelajaran Matematika , Materi Integral. VII, 197–207.

Lestari, S. A. B., & Syahputra, D. (2017). Peningkatan Hasil Belajar Matematika Siswa Melalui Pembelajaran Kooperatif Tipe Think Pair Share (TPS) Berbantuan Software Aplikasi Maple 11 pada Materi Pokok Fungsi Invers. 43–47.

Nurfaqihah, R. R., Fatimah, A. T., & Effendi, A. (2018). Model Pembelajaran Conceptual Understanding Procedures (CUPs) Untuk Meningkatkan Kemampuan Pemahaman Konsep. … Seminar Pendidikan …, 4(2), 476–483. http://repository.unpkediri.ac.id/id/eprint/4253%0Ahttp://repository.unpkediri.ac.id/4253/1/84202_0724077901.pdf

Pakpahan, S. P., & Sapta, A. (2020). Pengaruh Model Think Pair Share Berbantuan Maple Terhadap Hasil Belajar Fungsi Invers. AKSIOMA: Jurnal Program Studi Pendidikan Matematika, 9(1), 174–181. https://doi.org/10.24127/ajpm.v9i1.2666

Rahman, A., Munandar, S. A., Fitriani, A., Karlina, Y., & Yumriani. (2022). Pengertian Pendidikan, Ilmu Pendidikan dan Unsur-Unsur Pendidikan. Al Urwatul Wutsqa: Kajian Pendidikan Islam, 2(1), 1–8.

Ruswana, A. M. (2017). Penerapan Pembelajaran Peer Instruction With Structured Inquiry (Pisi) Untuk Meningkatkan Kemampuan Pemahaman Matematis Siswa. TEOREMA : Teori Dan Riset Matematika, 1(1), 55. https://doi.org/10.25157/teorema.v1i1.124

Sundawan, M. D., Irmawan, W., & Sulaiman, H. (2019). Kemampuan Berpikir Relasional Abstrak Calon Guru Matematika dalam Menyelesaikan Soal-Soal Non-Rutin pada Topik Geometri Non-Euclid. Mosharafa: Jurnal Pendidikan Matematika, 8(2), 319–330. https://doi.org/10.31980/mosharafa.v8i2.438

Wahyuni, S., Ruswana, A. M., & Sunaryo, Y. (2022). ANALISIS KEMAMPUAN PEMAHAMAN MATEMATIS SISWA SMP PADA MATERI STATISTIKA PENDAHULUAN Pendidikan merupakan sarana untuk meningkatkan dan mengembangkan kualitas sumber daya manusia . Pada masa era globalisasai saat ini , negara sangat memerlukan sumber daya . 3(2), 404–413.

Yulianty, N. (2019). Kemampuan Pemahaman Konsep Matematika Siswa Dengan Pendekatan Pembelajaran Matematika Realistik. Jurnal Pendidikan Matematika Raflesia, 4(1), 60–65. https://doi.org/10.33449/jpmr.v4i1.7530




DOI: http://dx.doi.org/10.25157/j-kip.v5i1.11852

Refbacks

  • Saat ini tidak ada refbacks.


##submission.license.cc.by-nc-sa4.footer##