Implementasi Model Pembelajaran Problem Based Learning Berbantuan Mind Mapping Terhadap Kemampuan Berpikir Kreatif Siswa di MA Sabilurrosyad

Laela Farhatul Fauziyah, Lia Yulisma, Adi Maladona

Sari


Penelitian ini merupakan penelitian yang bertujuan untuk meningkatkan kemampuan berpikir kreatif siswa melalui implementasi model pembelajaran problem based learning berbantuan mind mapping. Adapun metode penelitian adalah pre-experimental dengan hanya menggunakan kelas eksperimen saja dengan design penelitian one group pre-test dan post-test. Hasil penelitian menunjukan bahwa terdapat adanya peningkatan kemampuan berpikir kreatif siswa dengan implementasi model pembelajaran problem based learning berbantuan mind mapping. Hasil penelitian ini menunjukan bahwa dengan implementasi pembelajaran problem based learning berbantuan mind mapping memperoleh nilai rata-rata pre-test 54,77 dan nilai rata-rata post-test 81,59 dengan nilai rata-rata peningkatan 26,82. Hasil penelitian ini menunjukan bahwa dengan implementasi pembelajaran problem based learning berbantuan mind mapping memperoleh nilai rata-rata N-Gain 0,61. Artinya model pembelajaran problem based learning berbantuan mind mapping dapat meningkatkan kemampuan berpikir kratif siswa dengan kategori sedang. Artinya terdapat peningkatan dalam kemampuan berpikir kreatif siswa dengan implementasi model pembelajaran problem based learning berbantuan mind mapping. Kata Kunci: Model Pembelajaran Problem Based Learning, Mind Mapping, Kemampuan Berpikir Kreatif Siswa

Teks Lengkap:

PDF

Referensi


Buzan, T. (2005). Buku Pintar Mind Map (Vol. 6).

Chairul, A. (2017). Buku Terlengkap Teori-Teori Pendidikan Klasik Hingga Kontemporer. Yogyakarta: IRCiSoD, 218–219.

Djonomiarjo, T. (2019). Pengaruh Model Problem Based Learning Terhadap Hasil Belajar. Jurnal Ilmu Pendidikan Nonformal, 5(1), 39–46. http://ejurnal.pps.ung.ac.id/index.php/AKSARA/index

Elva, Sumiati, & Cici. (2021). Peningkatan Proses Pembelajaran Tematik Terpadu dengan Menggunakan Model Problem Based Learning (PBL) Berbasis TPACK di Kelas V SDN 07 Pandam Gadang. Jurnal Pendidikan, 5, 3255–3260.

Masalena, H., Natalia, K. L., & Novelina, A. Z. (2022). Deskripsi Minat dan Motivasi Belajar Siswa Pada Pembelajaran Biologi. Jurnal Pendidikan, 1, 381–389.

Pembukaan UUD 1945. (1945). UNDANG-UNDANG DASAR NEGARA REPUBLIK INDONESIA 1945.

Ricu, S. (2021). Model-model Pembelajaran (Vol. 1).

Sofyan, H., Kokom, W., & Triwiyono, K. E. (2017). PROBLEM BASED LEARNING dalam Kurikulum 2013.

Sugianti. (2021). Peningkatan Hasil Belajar Siswa Kelas IV Sd Negeri No. 9 Sasende Dalam Pembelajaran Matematika Dengan Menerapkan Model Problem Based Learning. Journal of Teacher Propessional, 3, 649–655. https://doi.org/DOI.10.26858

Sugiyono. (2013). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif dan R&D (Vol. 19).

Zainal, N. F. (2022). Problem Based Learning pada Pembelajaran Matematika di Sekolah Dasar/ Madrasah Ibtidaiyah. Jurnal Basicedu, 6(3), 3584–3593. https://doi.org/10.31004/basicedu.v6i3.2650




DOI: http://dx.doi.org/10.25157/j-kip.v5i1.11920

Refbacks

  • Saat ini tidak ada refbacks.