Pemanfaatan Media Pembelajaran Audiovisual Upacara Adat Misalin Dalam Pembelajaran Sejarah Di Kelas XI IPS 1 SMAN 1 Cimaragas

Mevi Mulyani, Yadi Kusmayadi, Dewi Ratih

Sari


Upacara Adat Misalin yaitu rasa syukur kepada Tuhan YME dengan cara mensucikan diri dengan tujuan kearah yang lebih baik untuk menyambut bulan suci Ramadhan. Materi pembelajaran Upacara Adat Misalin dapat dituangkan kedalam sebuah pembelajaran menggunakan media audio visual sebagai bahan ajar Sejarah. Metode penelitian menggunakan metode kualitatif. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini yaitu hasil dari observasi, dokumentasi dan wawancara dari semua pihak yang berkaitan. Hasil penelitian menunjukan bahwa nilai-nilai yang terdapat dalam upacara adat Misalin, melalui pembelajaran Sejarah yang diaplikasikan ke dalam media audio visual kemudian ditampilkan melalui video pembelajaran. Penelitian ini menerapkan audio visual gerak yaitu memanfaatkan video dari upacara adat Misalin sebagai desain pembelajaran di kelas XI IPS 1 SMAN 1 CIMARAGAS. Hasil dari pemanfaatan media audio visual upacara adat Misalin dalam pembelajaran sejarah di kelas XI IPS 1 SMAN 1 CIMARAGAS diintegrasikan dalam materi “Kebudayaan Islam”. Pelaksanaan dalam pemanfaatan media audio visual dilakukan sebanyak dua kali pertemuan Kondisi peserta didik setelah melakukan proses pembelajaran dengan memanfaatkan media audio visual upacara adat Misalin menjadikan peserta didik lebih aktif, semangat dan lebih memahami dalam proses pembelajaran sejarah.Kata kunci: Media Pembelajaran, Audio visual, Tradisi Misalin, Pembelajaran Sejarah

Teks Lengkap:

PDF

Referensi


Dewi, R. (2019). Nilai-nilai Kearifan Lokal dalam Tradisi Misalin di Kecamatan Cimaragas Kabupaten Ciamis. Jurnal Pendidikan

Embon, D. (2018). Sistem Simbol Dalam Upacara Adat Toraja Rambu Solo: Kajian Semiotik. Jurnal Bahasa Dan Sastra, 4(7), 1–10.

Nurrita, T. (2018). Pengembangan Media Pembelajaran Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Peserta didik. MISYKAT: Jurnal Ilmu-Ilmu Al-Quran, Hadist, Syari’ah Dan Tarbiyah, 3(1), 171. https://doi.org/10.33511/misykat.v3n1.171

Priyadi, Sugeng. 2012. Metode Penelitian Pendidikan Sejarah. Jakarta: Raja Grafindo Persada

Sudarto, S. (2021). Peningkatan Apresiasi Siswa Terhadap Nilai-Nilai Kearifan Lokal Dalam Pembelajaran Sejarah Dengan Media Tradisi Sedekah Laut Cilacap. Jurnal Artefak, 8(2), 203–212. https://doi.org/10.25157/ja.v8i2.6713

Suprapto, A. (2016). Posisi Dan Peran Guru Dalam Pola Kurikulum 2013. J-PAI: Jurnal Pendidikan Agama Islam, 3(1), 89–104.

Shavab, O. A. K., & Yani, F. A. (2020). Ngarumat Tradisi, Ngamumule Sajarah: Penguatan Karakter Peserta didik Melalui Kearifan Lokal Tradisi Misalin Di Cimaragas. Historia, 3(2), 177– 186.

https://scholar.archive.org/work/7fyehd7mubbqvgngfdj4j23kyu/access/wayback/https://ejou rnal.upi.edu/index.php/historia/article/download/25341/12326




DOI: http://dx.doi.org/10.25157/j-kip.v5i1.11948

Refbacks

  • Saat ini tidak ada refbacks.