PEMANFAATAN VIDEO PEMBELAJARAN SEJARAH MENGGUNAKAN MEDIA POWTOON MATERI PROKLAMASI KEMERDEKAAN INDONESIA DI KELAS XI IPS MA MUJAHIDIN CIPAKU KABUPATEN CIAMIS

Dinda Nursifa, Yeni Wijayanti, Egi Nurholis

Sari


Penelitian bertujuan mengetahui proses pembelajaran sejarah dan mengetahui pemanfaatan video pembelajaran sejarah menggunakan media Powtoon materi Proklamasi Kemerdekaan Indonesia di kelas XI IPS di MA Mujahidin Cipaku Kabupaten Ciamis. Penelitian yang digunakan yaitu metode kualitatif deskriptif. Teknik pegumpulan data melalui observasi, wawancara dan dokumentasi. Observasi pembelajaran sejarah di kelas, wawancara Wakil Kepala Madrasah bagian kurikulum, guru sejarah, siswa dan dokumentasi wawancara dan proses pembelajaran di kelas. Instrumen penelitian yaitu pedoman wawancara, observasi dan telepon genggam.Teknik analisis data yaitu reduksi data, penyajian data dan menarik kesimpulan. Proses pembelajaran sejarah berjalan kondusif guru mempersiapakan pembelajaran sesuai dengan RPP dan silabus. Proses pembelajaran menggunakan metode ceramah. Guru menggunakan media buku paket, internat dan papan tulis. Pembelajaran terasa jenuh dan membosankan. Pemanfaatan media Powtoon materi Proklamasi Kemerdekaan Indonesia di kelas XI IPS MA Mujahidin guru menyiapkan materi. Sebelum pembelajaran di mulai mempersiapkan proyektor dan laptop untuk penayangan video. Pemanfaatan media Powtoon berjalan lancar dan kondusif, siswa fokus dan mudah memahami materi sehingga siswa menjadi lebih semangat dan antusias dalam belajar sejarah.

Teks Lengkap:

PDF

Referensi


-Andrianti, Y. And Susanti, L.R.R. (2010) ‘Pengembangan Media Powtoon Berbasis Audiovisual Pada Pembelajaran Sejarah’, Pp. 58–68.

Anggita, Z. (2021) ‘Penggunaan Powtoon Sebagai Solusi Media Pembelajaran Di Masa Pandemi Covid-19’, Konfiks Jurnal Bahasa Dan Sastra Indonesia, 7(2), Pp. 44–52. Doi:10.26618/Konfiks.V7i2.4538.

Atapukan Rusli, E. (2019) ‘Pengaruh Penggunaan Media Pembelajaran Animasi Berbasis Powtoon Terhadap Hasil Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran IPS Terpadu Di SMP Nergeri 1 Bontonompo Kabupaten Gowa’. Universitas Muhammadiyah Makassar.

Bahri, Syamsul. (2011). Pengembangan Kurikulum Dasar Dan Tujuannya. Jurnal Ilmiah Islam Futura, Volume XI, No. 1, Agustus 2011.

Elvansya, Zulfahdilla. (2022). Pengaruh Pengunaan Media Pembelajaran Powtoon Terhadap Hasil Belajar Siswa Pada Pembelajaran Sejarah Di Kelas XI IPS SMAN 2 Percut Sei Tuan. Jurnal Kajian, Penelitian dan Pengembangan Pendidikan Sejarah, Vol. 7, No. 1, Juni 2022, Hal. 1-7.

Kuntowijoyo. (2013). Pengantar Ilmu Sejarah. Yogyakarta: Tiara Wacana.

Mahnun, Nunu. (2012). Media Pembelajaran (Kajian terhadap Langkah-langkah Pemilihan Media dan Implementasinya dalam Pembelajaran). Dalam Jurnal Pemikiran Islam; Vol. 37, No. 1: 27.

Nidar Yusuf, Dewi Setiyaningsih, N.G.L. (2021) ‘Efektivitas Penggunaan Media Pembelajaran Audiovisual Powtoon Dalam Meningkatkan Motivasi Belajar Siswa Kelas 1 Di SDN Bambu Apus 02’. E-ISSN: 2745-6080.

Nurrita, Teni. (2018). Pengembangan Media Pembelajaran Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa. Jurnal: Misykat, Volume 03, Nomor 01, Juni 2018.

Putu, N. (2022) ‘Pemanfaatan Powtoon Sebagai Media Pembelajaran Kreatif Berbasis Teknologi’, (Prospek I), Pp. 25–31.

Qasim, Muhammad. (2016). Perencanaan Pengajaran Dalam Kegiatan Pembelajaan. Jurnal Diskursus Islam,Volume 04 Nomor 3, Desember 2016.

Saharim, Salasela. (2021).“Pengembangan Media Pembelajaran Powtoon Berbasis Inquiry Terhadap Peningkatan Hasil Belajar Siswa Pada Materi Statistik Sekolah Menengah Pertama (SMP)”. Institut Agama Islam Negeri Ambon.

Sudarto, S. (2021). Peningkatan Apresiasi Siswa Terhadap Nilai-Nilai Kearifan Lokal Dalam Pembelajaran Sejarah Dengan Media Tradisi Sedekah Laut Cilacap. Jurnal Artefak, 8(2), 203–212. https://doi.org/10.25157/ja.v8i2.6713

Sugiyono. (2019). Metode Penelitian Pendidikan Kuantitatif, Kualitatif, R&D. Bandung: Alfabeta CV.

Suyanti, S., Sari, M.K. And Rulviana, V. (2021) ‘Media Powtoon Untuk Meningkatkan Motivasi Belajar Siswa Sekolah Dasar’, Elementary School: Jurnal Pendidikan Dan Pembelajaran Ke-SD-An, 8(2), Pp. 322–328. Doi:10.31316/Esjurnal.V8i2.1468.

Yulia, D. And Ervinalisa, N. (2017) ‘Pengaruh Media Pembelajaran Powtoon Pada Mata Pelajaran Sejarah Indonesia Dalam Menumbuhkan Motivasi Belajar Siswa Iis Kelas X Di Sma Negeri 17 Batam Tahun Pelajaran 2017/2018’, HISTORIA: Jurnal Program Studi Pendidikan Sejarah, 2(1), Pp. 15–24. Doi:10.33373/His.V2i1.1583.




DOI: http://dx.doi.org/10.25157/j-kip.v5i1.11950

Refbacks

  • Saat ini tidak ada refbacks.