NILAI KARAKTER BERBASIS NILAI-NILAI KEARIFAN LOKAL KESENIAN KUDA LUMPING DI SUKAMULYA–CIAMIS PADA MATA PELAJARAN SEJARAH DI KELAS X IPS-4 SMAN 1 CIHAURBEUTI

Raisya Arya Sukma, Uung Runalan Soedarmo, Wulan Sondarika

Sari


Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apa saja nilai-nilai karakter berbasis kearifan lokal kesenian Kuda Lumping di Desa Sukamulya dan juga untuk mengetahui pemanfaatan nilai karakter berbasis nilai-nilai kearifan lokal di siswa kelas X IPS-4 SMA Negeri 1 Cihaurbeuti. Penelitian yang digunakan yaitu metode kualitatif. Teknik pegumpulan data melalui observasi, wawancara dan dokumentasi. Hasil penelitian Nilai Karakter Berbasis Nilai-nilai Kearifan Lokal Kesenian Kuda Lumping di Sukamulya–Ciamis Pada Mata Pelajaran Sejarah di Kelas X IPS-4 SMAN 1 Cihaurbeuti, mengetahui apa saja nilai-nilai karakter berbasis kearifan lokal kesenian Kuda Lumping di Desa Sukamulya. Terdapat 13 nilai karakter yang terkandung dalam kearifan lokal kesenian tradisional kuda lumping di Desa Sukamulya. Mengetahui hasil pemanfaatan nilai karakter berbasis nilai-nilai kearifan lokal di siswa kelas X IPS-4 SMA Negeri 1 Cihaurbeuti, melalui pembelajaran Sejarah Indonesia pada materi “Akulturasi Budaya”. Pemanfaatan nilai karakter ini dilakukan sebanyak dua kali pertemuan dan pembelajaran menggunakan media pembelajaran audio visual dan presentasi bergambar. Pemanfaatan nilai karakter siswa ini diupayakan dan dilakukan oleh guru baik dalam proses pembelajaran maupun di luar jam pembelajaran.

Teks Lengkap:

PDF

Referensi


Moleong, L. J. (2014). Metodologi Penelitian Kualitatif Edisi Revisi. (Bandung: PT Remaja Rosdakarya) , hal. 248.

Artikel dalam Jurnal:

Fadli, M. R. (2021). Memahami desain metode penelitian kualitatif. Humanika, 21(1), 33–54.

Febrianshari, D. (2018). Analisis Nilai-Nilai Pendidikan Karakter. Jurnal Pemikiran Dan Pengembangan SD, 6(1), 88–95.

Mascita, D. E. (2021). Internalisasi Nilai Karakter Melalui Bahan Ajar Teks Cerpen Berorientasi Pendidikan Karakter. Lingua Rima: Jurnal Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia, Vol10, No 2. Mislikhah, S. (2021). Pennaman Nilai-nilai Karakter Melalui Lagu Anak. Genius , Vol. 2. No. 1. Hal.

-74.

Musyarri, F. A. (2020). Anotasi atas Peraturan Presiden Nomor 87 Tahun 2017 tentang Penguatan Pendidikan Karakter. Jurnal Hukum Lex Generalis, 1(7), 40–46. https://doi.org/10.56370/jhlg.v1i7.230

Rahayu, M. (2020). Strategi Membangun Karakter Generasi Muda yang Beretika Pancasila dalam Kebhinekaan dalam Perspektif Keutuhan Negara Kesatuan Republik Indonesia. Sociology .

Risma, Sondarika,W. (2022). The Socialization Of Gobak Sodor Traditional Sports As An Effort To Maintain The Values Of Local Wisdom. Abdimas Galuh , 840-854. Volume 4, Nomor 2.

Syamsuddin, S. (2019). Pembentukan Karakter Siswa Berbasis Pendidikan Seni Budaya Di Man 1 Palu. Guru Tua : Jurnal Pendidikan Dan Pembelajaran, 2(1), 29–36.

Dokumen resmi:

Peraturan Presiden (Perpres) Nomor 87 Tahun 2017 tentang Penguatan Pendidikan Karakter.




DOI: http://dx.doi.org/10.25157/j-kip.v5i1.11952

Refbacks

  • Saat ini tidak ada refbacks.