Kemampuan Komunikasi Matematis Siswa dalam Menyelesaikan Soal Berbasis Museum Bumi Alit

Lisna Dewi Yuliani, Asep Amam, Ida Nuraida

Sari


ABSTRAKMatematika merupakan ilmu yang menjadi induk dari segala pengetahuan. Pada pembelajaran matematika terdapat kemampuan komunikasi matematis, dimana kemampuan komunikasi matematis menjadi suatu hal yang penting dalam proses pembelajaran agar siswa mampu menyatakan gagasan dengan simbol-simbol matematika, gambar, diagram serta membuat model matematika untuk menyelesaikan suatu permasalah. Tujuan dari penelitian ini mendeskripsikan kemampuan komunikasi matematis siswa SMP Plus Panumbangan dalam menyelesaikan soal-soal materi segiempat dan segitiga dengan soal berbasis Museum Bumi Alit. Penelitian ini menggunakan metode pendekatan kualitatif deskriptif. Bersifat deskriptif karena mendeskripsikan kemampuan komunikasi matematis siswa. Teknik sampling yang digunakan pada penelitian ini adalah purposive sampling. Subjek dalam penelitian terdiri dari 3 siswa dengan kemampuan awal matematis(KAM) yang berbeda dengan rincian 1 siswa KAM tinggi, 1 siswa KAM sedang dan 1 siswa KAM rendah. Hasil penelitian menyatakan bahwa siswa KAM tinggi mampu memenuhi dan menyelesaikan semua indikator kemampuan komunikasi matematis yaitu indikator Written text, Drawing dan Mathematical expressions,sedangkan siswa dengan KAM sedang mampu memenuhi dan menyelesaikan dua indikator kemampuan komunikasi matematis yaitu pada indikator Written text dan Drawing, dan siswa dengan KAM rendah hanya mampu memenuhi dan menyelesaikan satu indikator saja yaitu pada indikator Drawing.Kata Kunci : Kemampuan Komunikasi Matematis, Museum Bumi Alit, Segiempat dan Segitiga DAFTAR PUSTAKAAhmat Fatoni Rizal, Purwaningrum, J. P., & Rahayu, R. (2021). Pengembangan E-Modul Berbasis Etnomatematika Untuk Menumbuhkan Kemampuan Komunikasi Matematis Dan Minat Belajar Siswa. Koordinat Jurnal MIPA, 2(2), 1–14. https://doi.org/10.24239/koordinat.v2i2.26Bishop, A. (1994). Cultural Conflicts in Mathematics Education: Developing a Research Agenda. For the Learning of Mathematics, 14(2), 15–18.Hafidhoh, N., & Marlina, R. (2021). Kemampuan Komunikasi Matematis Siswa SMP Pada Materi Sistem Persamaan Linear Dua Variabel (SPLDV). Delta-Pi: Jurnal Matematika Dan Pendidikan Matematika, 10(1), 139–146. https://doi.org/10.33387/dpi.v10i1.2785Hasanah, R. (2018). Analisis Kemampuan Komunikasi Matematis Siswa dalam Menyelesaikan Masalah Geometri Berbasis Etnomatematika. 1–90.Kusuma, D. A. (2019). PENINGKATAN KOMUNIKASI MATEMATIS SISWA MENGGUNAKAN PEMBELAJARAN KONTEKSTUAL BERBASIS ETNOMATEMATIKA DENGAN PENERAPAN MOZART EFFECT (Studi eksperimen terhadap siswa Sekolah Menengah Pertama). TEOREMA : Teori Dan Riset Matematika, 4(1), 65. https://doi.org/10.25157/teorema.v4i1.1954Maula, I., Setyaning Pambudi, A., & Rohmah, Z. (2018). Perkembangan Matematika dalam Sejarah Peradaban Islam. Prosiding Konferensi Integrasi Interkoneksi Islam Dan Sains, 1(September), 115–119.Maulyda, M. A. (2020). Paradigma Pembelajaran Matematika NCTM. In Paradigma Pembelajaran. Mufida. (2022). Analisis kemampuan siswa pada materi segiempat dan segitiga ditinjau dari koneksimatematika (studi kasus pada siswa kelas vii smp unismuh makassar).Nurhanifah, S., Effendi, A., & Nuraida, I. (2021). Analisis Kemampuan Komunikasi Matematis Siswa Smp Melalui Pembelajaran Blended Learning Ditinjau Dari Tipe Kepribadian. J-KIP (JurnalKeguruan Dan Ilmu Pendidikan), 2(3), 111. https://doi.org/10.25157/j-kip.v2i3.6173Putri, Meilinda, L., Toto, Bara, S., & Susi, S. (2022). Analisis Kemampuan Komunikasi Matematis Dalam Menyelesaikan Masalah Pokok Bahasan Bangun Datar Segi Empat Ditinjau Dari Kecerdasan Emosional Siswa Kelas Viii-D Smp Negeri 1 Sumbermalang. Analisis Kemampuan Komunikasi Matematis Dalam Menyelesaikan Masalah Pokok Bahasan Bangun Datar Segi Empat Ditinjau Dari Kecerdasan Emosional Siswa Kelas Viii-D Smp Negeri 1 Sumbermalang,10(1), 1–52. Https://Doi.Org/10.21608/Pshj.2022.250026Riyadi, S., Noviartati, K., & Abidin, Z. (2021). Kemampuan komunikasi matematis tulis siswa Samindalam memecahkan masalah geometri. Ethnomathematics Journal, 2(1), 31–37.https://doi.org/10.21831/ej.v2i1.36192Sakti, R. K., Rahardjo, S., & As’ari, A. R. (2017). Komunikasi Matematis Siswa Dalam MenyelesaikanMasalah Persamaan dan Pertidaksamaan Linear Satu Variabel. 1(1), 419–423.Septiani, D. T., Septian, A., & Setiawan, E. (2020). Analisis Kesalahan Siswa Pada Kemampuan Komunikasi Matematis Dalam Pembelajaran Yang Menggunakan Pendekatan Saintifik. Jurnal Edukasi Dan Sains Matematika (JES-MAT), 6(2), 65. https://doi.org/10.25134/jes-mat.v6i2.2832 Solihah, S., Amam, A., & Zakiah, N. E. (2021). Meningkatkan Kemampuan Komunikasi Matematik Serta Self Confidence Siswa Dengan Menggunakan Model Brain-Based Learning Pendahuluan Kemampuan komunikasi matematik memiliki peranan yang penting untuk merefleksikan kemampuan matematik yang merupakan bagian da. Teorema: Teori Dan Riset Matematika, 6(1),48–58.Sopia, N. (2021). Kemampuan Komunikasi Matematis Siswa Terhadap Materi Persamaan Linear Satu SVariabel. Jurnal Riset Pendidikan Matematika Jakarta, 3(2), 1–7. https://doi.org/10.21009/jrpmj.v3i2.22261Sopiah, P., Erlin, E., & Amam, A. (2022). Hubungan Self Confidence Dengan Kemampuan Komunikasi Matematis Siswa. J-KIP (Jurnal Keguruan Dan Ilmu Pendidikan), 3(2), 476. https://doi.org/10.25157/j-kip.v3i2.6956Wijaya, R., Zakiah, N. E., & Sunaryo, Y. (2022). Studi Literatur: Peran Etnomatematika TerhadapPendidikan Matematika Berbasis BudayaGammanatconference.Unigal.Ac.Id, https://gammanatconference.unigal.ac.id/administrator/data_prosiding/Studi Literatur Peran Etnomatematika Terhadap Pendidikan Matematika Berbasis Budaya Lokal Di Nusantara.PdfYunita, D. (2020). Pengaruh Pembelajaran Luar Kelas dengan Teknik Scaffolding Terhadap Kemampuan Komunikasi Matematis Siswa. Jurnal Pendidikan Matematika Raflesia, 05(01), 112–126. https://ejournal.unib.ac.id/index.php/jpmr/article/view/10663

Teks Lengkap:

PDF

Referensi


Ahmat Fatoni Rizal, Purwaningrum, J. P., & Rahayu, R. (2021). Pengembangan E-Modul Berbasis Etnomatematika Untuk Menumbuhkan Kemampuan Komunikasi Matematis Dan Minat Belajar Siswa. Koordinat Jurnal MIPA, 2(2), 1–14. https://doi.org/10.24239/koordinat.v2i2.26

Bishop, A. (1994). Cultural Conflicts in Mathematics Education: Developing a Research Agenda. For the Learning of Mathematics, 14(2), 15–18.

Hafidhoh, N., & Marlina, R. (2021). Kemampuan Komunikasi Matematis Siswa SMP Pada Materi Sistem Persamaan Linear Dua Variabel (SPLDV). Delta-Pi: Jurnal Matematika Dan Pendidikan Matematika, 10(1), 139–146. https://doi.org/10.33387/dpi.v10i1.2785

Hasanah, R. (2018). Analisis Kemampuan Komunikasi Matematis Siswa dalam Menyelesaikan Masalah Geometri Berbasis Etnomatematika. 1–90.

Kusuma, D. A. (2019). PENINGKATAN KOMUNIKASI MATEMATIS SISWA MENGGUNAKAN PEMBELAJARAN KONTEKSTUAL BERBASIS ETNOMATEMATIKA DENGAN PENERAPAN

MOZART EFFECT (Studi eksperimen terhadap siswa Sekolah Menengah Pertama).

TEOREMA : Teori Dan Riset Matematika, 4(1), 65. https://doi.org/10.25157/teorema.v4i1.1954 Maula, I., Setyaning Pambudi, A., & Rohmah, Z. (2018). Perkembangan Matematika dalam Sejarah

Peradaban Islam. Prosiding Konferensi Integrasi Interkoneksi Islam Dan Sains, 1(September), 115–119.

Maulyda, M. A. (2020). Paradigma Pembelajaran Matematika NCTM. In Paradigma Pembelajaran.

Mufida. (2022). Analisis kemampuan siswa pada materi segiempat dan segitiga ditinjau dari koneksi matematika (studi kasus pada siswa kelas vii smp unismuh makassar).

Nurhanifah, S., Effendi, A., & Nuraida, I. (2021). Analisis Kemampuan Komunikasi Matematis Siswa Smp Melalui Pembelajaran Blended Learning Ditinjau Dari Tipe Kepribadian. J-KIP (Jurnal Keguruan Dan Ilmu Pendidikan), 2(3), 111. https://doi.org/10.25157/j-kip.v2i3.6173

Putri, Meilinda, L., Toto, Bara, S., & Susi, S. (2022). Analisis Kemampuan Komunikasi Matematis Dalam Menyelesaikan Masalah Pokok Bahasan Bangun Datar Segi Empat Ditinjau Dari Kecerdasan Emosional Siswa Kelas Viii-D Smp Negeri 1 Sumbermalang. Analisis Kemampuan Komunikasi Matematis Dalam Menyelesaikan Masalah Pokok Bahasan Bangun Datar Segi Empat Ditinjau Dari Kecerdasan Emosional Siswa Kelas Viii-D Smp Negeri 1 Sumbermalang, 10(1), 1–52. Https://Doi.Org/10.21608/Pshj.2022.250026

Riyadi, S., Noviartati, K., & Abidin, Z. (2021). Kemampuan komunikasi matematis tulis siswa Samin dalam memecahkan masalah geometri. Ethnomathematics Journal, 2(1), 31–37. https://doi.org/10.21831/ej.v2i1.36192

Sakti, R. K., Rahardjo, S., & As’ari, A. R. (2017). Komunikasi Matematis Siswa Dalam Menyelesaikan Masalah Persamaan dan Pertidaksamaan Linear Satu Variabel. 1(1), 419–423.

Septiani, D. T., Septian, A., & Setiawan, E. (2020). Analisis Kesalahan Siswa Pada Kemampuan Komunikasi Matematis Dalam Pembelajaran Yang Menggunakan Pendekatan Saintifik. Jurnal Edukasi Dan Sains Matematika (JES-MAT), 6(2), 65.https://doi.org/10.25134/jes-mat.v6i2.2832

Solihah, S., Amam, A., & Zakiah, N. E. (2021). Meningkatkan Kemampuan Komunikasi Matematik Serta Self Confidence Siswa Dengan Menggunakan Model Brain-Based Learning Pendahuluan Kemampuan komunikasi matematik memiliki peranan yang penting untuk merefleksikan kemampuan matematik yang merupakan bagian da. Teorema: Teori Dan Riset Matematika, 6(1), 48–58.

Sopia, N. (2021). Kemampuan Komunikasi Matematis Siswa Terhadap Materi Persamaan Linear Satu SVariabel. Jurnal Riset Pendidikan Matematika Jakarta, 3(2), 1–7. https://doi.org/10.21009/jrpmj.v3i2.22261

Sopiah, P., Erlin, E., & Amam, A. (2022). Hubungan Self Confidence Dengan Kemampuan Komunikasi Matematis Siswa. J-KIP (Jurnal Keguruan Dan Ilmu Pendidikan), 3(2), 476. https://doi.org/10.25157/j-kip.v3i2.6956

Wijaya, R., Zakiah, N. E., & Sunaryo, Y. (2022). Studi Literatur: Peran Etnomatematika Terhadap Pendidikan Matematika Berbasis Budaya Lokal Di Nusantara. Gammanatconference.Unigal.Ac.Id, 2013, 197–202. https://gammanatconference.unigal.ac.id/administrator/data_prosiding/Studi Literatur Peran Etnomatematika Terhadap Pendidikan Matematika Berbasis Budaya Lokal Di Nusantara.Pdf

Yunita, D. (2020). Pengaruh Pembelajaran Luar Kelas dengan Teknik Scaffolding Terhadap Kemampuan Komunikasi Matematis Siswa. Jurnal Pendidikan Matematika Raflesia, 05(01), 112–126. https://ejournal.unib.ac.id/index.php/jpmr/article/view/10663




DOI: http://dx.doi.org/10.25157/j-kip.v5i1.12041

Refbacks

  • Saat ini tidak ada refbacks.