PERBEDAAN HASIL BELAJAR PESERTA DIDIK MENGGUNAKAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE STUDENT TEAMS ACHIEVEMENT DIVISION (STAD) DENGAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE NUMBER HEAD TOGETHER (NHT)

Rosi Rosmayani, Dedeh Dedeh, Rini Agustin Eka Yanti

Sari


Rendahnya hasil belajar peserta didik merupakan masalah dalam penelitian ini, adapun tujuan dari penelitian ini yaitu untuk mengetahui perbedaan hasil belajar peserta didik menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe Student Teams Achievement Division (STAD) dengan model pembelajaran kooperatif tipe Number Head Together (NHT) pada pengukuran akhir (posttest) mata pelajaran Ekonomi di SMAN 1 Pamarican. Metode penelitian yang digunakan yaitu metode eksperimen dengan desain Quasi Eksperimental Nonequivalent Control Group Design. Teknik analisis data yang digunakan yaitu Uji t. Penelitian ini menghasilkan beberapa simpulan sebagai berikut: 1) Terdapat perbedaan hasil belajar mata pelajaran ekonomi peserta didik yang menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe Student Teams Achievement Division (STAD) pada pengukuran awal (pretest) dan pengukuran akhir (posttest) di kelas eksperimen; 2) Terdapat perbedaan hasil belajar mata pelajaran ekonomi peserta didik yang menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe Number Head Together (NHT) pada pengukuran awal (pretest) dan pengukuran akhir (posttest) di kelas kontrol; 3) Terdapat perbedaan hasil belajar mata pelajaran ekonomi peserta didik yang menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe Student Teams Achievement Division (STAD) dengan peserta didik yang menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe Number Head Together (NHT) pada pengukuran akhir (posttest).

Teks Lengkap:

PDF

Referensi


Rendahnya hasil belajar peserta didik merupakan masalah dalam penelitian ini, adapun tujuan dari penelitian ini yaitu untuk mengetahui perbedaan hasil belajar peserta didik menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe Student Teams Achievement Division (STAD) dengan model pembelajaran kooperatif tipe Number Head Together (NHT) pada pengukuran akhir (posttest) mata pelajaran Ekonomi di SMAN 1 Pamarican. Metode penelitian yang digunakan yaitu metode eksperimen dengan desain Quasi EksperimentalNonequivalent Control Group Design. Teknik analisis data yang digunakan yaitu Uji t. Penelitian ini menghasilkan beberapa simpulan sebagai berikut: 1) Terdapat perbedaan hasil belajar mata pelajaran ekonomi peserta didik yang menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe Student Teams Achievement Division (STAD) pada pengukuran awal (pretest) dan pengukuran akhir (posttest) di kelas eksperimen; 2) Terdapat perbedaan hasil belajar mata pelajaran ekonomi peserta didik yang menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe Number Head Together (NHT) pada pengukuran awal (pretest) dan pengukuran akhir (posttest) di kelas kontrol; 3) Terdapat perbedaan hasil belajar mata pelajaran ekonomi peserta didik yang menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe Student Teams Achievement Division (STAD) dengan peserta didik yang menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe Number Head Together (NHT) pada pengukuran akhir (posttest).

Kata Kunci: Model Pembelajaran Kooperatif, Student Teams Achievement Division (STAD), Number Head Together (NHT), Hasil Belajar




DOI: http://dx.doi.org/10.25157/j-kip.v5i1.12083

Refbacks

  • Saat ini tidak ada refbacks.