PENGARUH BIAYA PROMOSI TERHADAP PENINGKATAN VOLUME PENJUALAN PADA PT. KIMIA FARMA, Tbk. (Studi Kasus Pada Bursa Efek Indonesia Pojok Bursa Universitas Galuh Ciamis)

Irpan Nugraha Putra, Sukomo Sukomo, Rizka Andhika Putra

Sari


Dalam penelitian ini difokuskan kepada (Pengaruh Biaya Promosi Terhadap Peningkatan Volume Penjualan Pada PT. Kimia Farma, Tbk) adapun rumusan masalah dalam penelitian ini yaitu : 1. Bagaimana perkembangan besarnya biaya promosi pada perusahaan PT. Kimia Farma, Tbk selama periode 2017-2021? 2. Bagaimana perkembangan besarnya volume penjualan pada PT. Kimia Farma, Tbk selama periode 2017-2021? 3. Seberapa besar pengaruh biaya promosi terhadap volume penjualan pada PT. Kimia Farma, Tbk selama periode 2017-2021? Tujuan penelitian ini yaitu : 1. Untuk mengetahui besarnya perkembangan biaya promosi yang dikeluarkan pada perusahaan  PT. Kimia Farma, Tbk. 2. Untuk mengetahui besarnya perkembangan volume penjualan pada  PT. Kimia Farma, Tbk. 3. Besarnya pengaruh biaya promosi terhadap peningkatan volume penjualan di perusahaan PT. Kimia Farma, Tbk selama periode 2017-2021. Metode penelitian yang di gunakan dalam penelitian ialah metode penelitian deskriptif dengan pendekatan kuantitatif. Kemudian simpulan dari penelitian ini sebagai berikut : 1. Perkembangan biaya promosi pada PT. Kimia farma, Tbk. Dari tahun 2017 sampai dengan tahun 2021 lebih cenderung mengalami kenaikan dan penurunan atau fluktuasi. Biaya promosi di perusahaan ini yang fluktuasi dapat mengakibatkan beban usaha di perusahaan ini mengalami ketidakpastian. Kemudian adapun jumlah rata-rata besarnya biaya promosi di setiap tahunnya yaitu sebesar Rp. 371.178.092,8 sedangkan rata-rata perkembangannya mengalami kenaikan sebesar 7,2 % di setiap tahunnya. 2. Perkembangan volume penjulan pada PT. Kimia Farma,Tbk dari tahun 2017 sampai dengan tahun 2021 di perusahaan ini dilihat dari kenaikannya mengalami fluktuatif atau mengalami kenaikan dan penurunan di setiap tahunnya dilihat dari perkembangannya atau ratio presentase. Kemudian adapun rata-rata dari jumlah besarnya volume penjualan setiap tahunnya sebesar Rp. 7.169.952.470,4 sedangkan perkembangannya mengalami kenaikan sebesar 20,6825 % setiap tahunnya. 3. Biaya promosi berpengaruh tidak signifikan terhadap peningkatan volume penjualan. Dengan demikian setiap kenaikan biaya promosi tidak berpengaruh terhadap peningkatan volume penjualan. Kemudian adapun besarnya pengaruh yaitu sebesar 12,07%.

Teks Lengkap:

PDF

Referensi


Siyoto, Sandu S. M. (2015). Dasar Metodologi Penelitian. Karanganyar: Literasi Media Publishing .

Ardiansyah, Regi, F., D. I. (2019). Pengaruh Promosi dan Saluran Distribusi Terhadap Volume Penjualan Produk Survei pada Sentra Umkm di Kabupaten Bandung. Jurnal Ilmiah Magister Manajemen, 4.

Kusnadi, N. A. (2018). jurnal ilmiah. Pengaruh Fluktuasi Harga Komoditas Pangan terhadap Inflasi di Provinsi Jawa Timur, 5.

Soendari, Tjutju. (2012). Metode Penelitian Deskriptif. Jurnal Pendidikan Luar Biasa , 2.

Tiniasti, K. R. (n.d.). Pengaruh Biaya Bauran Promosi terhadap Volume Penjualan pada Pt. Bintang Bali Indah Singaraja. Jurnal Pendidikan Ekonomi Undiksha Volume 9 No.2 Tahun: 2017, 220.

Wardana, I. B. K. (2015). Jurnal Jurusan Pendidikan Ekonomi (JJPE). Pengaruh Biaya Promosi terhadap Volume Penjualan Patung UD. Taksu bali di Desa Panji periode tahun 2012-2014, 3.




DOI: http://dx.doi.org/10.25157/j-kip.v5i2.12136

Refbacks

  • Saat ini tidak ada refbacks.