PENGARUH FIXED ASSET TURNOVER DAN ACCOUNT RECEIVABLE TURNOVER TERHADAP PROFITABILITAS (STUDI KASUS PADA PT. ULTRAJAYA MILK INDUSTRY & TRADING COMPANY Tbk YANG TERDAFTAR DI BEI PERIODE 2017-2021)

Salma Salsabila, Rizka Andhika Putra, Sukomo Sukomo

Sari


Permasalahan dalam penelitian ini adalah: 1) Seberapa besar pengaruh Fixed Asset Turnover terhadap Profitabilitas yang diukur dengan ROA pada PT. Ultrajaya Milk Industry & Trading Company Tbk; 2) Seberapa besar pengaruh Account Receivable Turnover terhadap Profitabilitas yang diukur dengan ROA pada PT Ultrajaya Milk Industry & Trading Company Tbk; 3)Seberapa besar pengaruh Fixed Asset Turnover dan Receivable Turnover terhadap Profitabilitas yang diukur dengan ROA di PT Ultrajaya Milk Industry & Trading Company Tbk. Adapun tujuan penelitian ini adalah: 1) Besarnya pengaruh Fixed Asset Turnover terhadap Profitabilitas yang diukur dengan ROA pada PT. Ultrajaya Milk Industry & Trading Company Tbk; 2) Besarnya pengaruh Account Receivable Turnover terhadap Profitabilitas yang diukur dengan ROA pada PT Ultrajaya Milk Industry & Trading Company Tbk; 3) Besarnya pengaruh Fixed Asset Turnover dan Receivable Turnover terhadap Profitabilitas yang diukur dengan ROA pada PT Ultrajaya Milk Industry & Trading Company Tbk. Metode penelitian yang digunakan adalah metode analisis deskriptif dengan pendekatan kuantitatif. Hasil dari penelitian ini adalah: 1) Fixed Asset Turnover (FATO) dan profitabilitas pada tahun 2017-2021 mengalami perubahan yang fluktuasi, fixed asset turnover tidak berpengaruh signifikan terhadap profitabilitas pada PT. Ultrajaya Milk Industry & Trading Company Tbk yang terdaftar di Bursa Efek Indonesia pada periode 2017-2021; 2) Receivable Turnover (RTO) dan profitabilitas pada tahun 2017-2021 mengalami perubahan yang fluktuasi, receivable turnover berpengaruh signifikan terhadap profitabilitas pada PT. Ultrajaya Milk Industry & Trading Company Tbk yang terdaftar di Bursa Efek Indonesia pada periode 2017-2021; 3) Fixed asset turnover,Receivable Turnover, dan profitabilitas pada tahun 2017-2021 mengalami perubahan yang fluktuasi, fixed asset turnover dan receivable turnover tidak berpengaruh sginifikan terhadap profitabilitas pada PT. Ultrajaya Milk Industry & Trading Company Tbk yang terdaftar di Bursa Efek Indonesia pada periode 2017-2021. 

Teks Lengkap:

PDF

Referensi


Fahmi, I. (2012). Analisi Laporan Keuangan. Bandung: Alfabeta.

Firdaus A, D. (2010). Ikhtisar Lengkap Pengantar Akuntansi. Jakarta: Fakultas Ekonomi Universitas Indonesia.

Hanafi, M., & Halim, A. (2009). Analisis Laporan Keuangan. Yogyakarta: Sekolah Tinggi Ilmu Manajemen YKPN.

Indonesia, I. A. (2011). Pernyataan Standar Akuntansi Keuangan. Jakarta: Salemba Empat.

Kasmir. (2019). Analisis Laporan Keuangan. Depok: PT Rajagrafindo Persada.

Munawir. (2007). Analisa Laporan Keuangan. Yogyakarta: Liberty.

Novika, W., & Siswanti, T. (2022). Pengaruh Perputaran Kas, Perputaran Piutang dan Perputaran Persediaan Terhadap Profitabilitas (Studi Empiris Perusahaan Manufaktur-Subsektor Makanan dan Minuman yang Terdaftar di BEI Periode 2017-2019. Jurnal Ilmiah Mahasiswa Akuntansi, (Vol.2 No.1 Hal 46).

Praptiwi, W. (2021). Pengaruh Perputaran Kas, Perputaran Piutang, Perputaran Persediaan, dam Perputaran Aktiva Tetap Terhadap Profitabilitas pada Perusahaan Manufaktur Sektor Industri Dasar & Kimia yang Terdaftar di BEI Periode 2016-2019. Jurnal Akuntansi dan Bisnis Krisnadwipayana, (Volume 8, No.2).

Pratiwi, A. E. (2019). Pengaruh Perputaran Modal, Ukuran Perusahaan, Leverage dan Perputaran Piutang Terhadap Profitabilitas . Jurnal Ilmu dan Riset Akuntansi, (Volume 8, No. 3 1-17).

Rachmawati, S. (2018). Analisis Perputaran Piutang dan Perputaran Aktiva Tetap Terhadap Profitabilitas pada PT. Gudang Garam Tbk. Jurnal Ekonomi & Ekonomi Syariah, (Volume 1, No.2 90-99).

Sugiyono, P. D. (2019). Metode Penelitian Kuantitatif Kualitatif dan R&D. Bandung: ALFABETA.




DOI: http://dx.doi.org/10.25157/j-kip.v5i2.12138

Refbacks

  • Saat ini tidak ada refbacks.