PERBEDAAN HASIL BELAJAR PESERTA DIDIK ANTARA PENGGUNAAN MODEL PEMBELAJARAN STAD (STUDENT TEAM ACHIEVEMENT DIVISION) DENGAN MODEL TEAM ASSISTED INDIVIDUALIZATION

Syaila Herta Vebyan, Dedeh Dedeh, Firman Aryansyah

Sari


Rendahnya hasil belajar siswa merupakan masalah yang terjadi dalam penelitian ini, karena hasil belajar merupakan kompetensi atau kemampuan tertentu yang dicapai oleh siswa yang mana hasil belajar ini menjadi tolak ukur untuk mencapai keberhasilan proses pembelajaran. Adapun tujuan dari penelitian ini untuk mengetahui :1) Perbedaan hasil belajar Siswa yang menggunakan model pembelajaran STAD (Studendt Time Achievement) pada pengukuran awal (pretest) dan pengukuran akhir (Posttest) di kelas eksperimen. 2) Perbedaan hasil belajar siswa yang menggunakan model pembelajaran Team Assisted Individualization pada pengukuran awal (pretest) dan pengukuran akhir (Posttest) di kelas kontrol. 3) Perbedaan hasil belajar siswa yang menggunakan model pembelajaram STAD (Student Team Achievement Division) dan model Team Assisted Individualization pada pengukuran awal (pretest) dan pengukuran akhir (Posttest) di kelas eksperimen dan kelas kontrol. Metode penelitian yang digunakan yaitu metode eksperimen desain Quasi Experimental Design dengan desain Nonequivalent Control Group Design. Penelitian ini menghasilkan kesimpulan: 1) Terdapat peningkatan yang signifikan terhadap hasil belajar siswa dengan menggunakan model pembelajaran STAD (Student Team Acievement Division ) pada pengukuran awal (pretest) dan pengukuran akhir (posttest). 2) Terdapat peningkatan yang signifikan terhadap hasil belajar siswa yang menggunakan model pembelajaran Team Assisted Individualization pada pengukuran awal (pretest) dan pengukuran akhir (posttest) 3) Terdapat perbedaan hasil belajar siswa yang menggunakan model pembelajaran STAD (Student Team Achievement Division) dengan model Team Assisted Individualization pada pengukuran akhir (posttest)

Teks Lengkap:

PDF

Referensi


Adang, 2012. Metodologi Pembelajaran. Banten: LP3G

Huda, Miftahul. 2011. Cooperative Learning. Jakarta : Pustaka Belajar.

Sudjana, Nana.2011. Dasar-Dasar Proses Belajar Mengajar. Bandung: Sinar

Suprijono, Agus. 2012. Cooperative Learning: Teori & Aplikasi PAIKEM. Yogyakarta: Pustaka Belajar.

Arianti, Riva. 2017. Perbandingan Hasil Belajar Peserta Didik antara Penggunaan Metode Pembelajaran STAD dengan TAI. Skripsi.Ciamis : Prodi Pendidikan Akuntansi Universitas Galuh.

Qomari, R. 2015. Teknik Penelusuran Analisis Data Kuantitatif dalam Penelitian Kependidikan. Jurnal Pemikiran Alternatif Kependidikan.Vol.14 No.3 (https://doi.org/10.24090/insania.v144i3372)

Ricardo & Meilani, R. I 2017. Impak Minat dan Motivasi Belajar terhadap Hasil Belajar Siswa. Jurnal Pendidikan Manajemen Perkantoran (JPAP). Vol.9 No 2, 2021. ( https://jpurnal.unesa.ac.id/index.php/jpap)




DOI: http://dx.doi.org/10.25157/j-kip.v5i2.12172

Refbacks

  • Saat ini tidak ada refbacks.