PENINGKATAN HASIL BELAJAR PESERTA DIDIK MELALUI METODE PEMBELAJARAN PEER TEACHING (TUTOR SEBAYA)

Salma Salsabila, Utti Suwirta, Dedeh Dedeh

Sari


Penelitian ini dilatar belakangi oleh rendahnya hasil belajar peserta didik kelas X AKL di SMK Negeri 1 Rajadesa. Salah satu upaya untuk meningkatkan hasil belajar yaitu dengan pemilihan metode pembelajaran yang tepat. Adapun tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui: 1) Perbedaan hasil belajar peserta didik yang menggunakan metodePeer Teaching (tutor sebaya) pada pengukuran awal (pre-test) dan pengukuran akhir (post-test) 2) Perbedaan hasil belajar peserta didik yang menggunakan metode konvensional pada pengukuran awal (pre-test) dan pengukuran akhir (post-test), 3) Perbedaan hasil belajar peserta didik yang menggunakan metode Peer Teaching (tutor sebaya) lebih tinggi dibandingkan dengan peserta didik yang menggunakan metode pembelajaran konvensional pada pengukuran akhir (post-test). Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah Studi Quasi Eksperimen dengan menggunakan N-gain skor. Untuk mengukur hasil belajar peserta didik menggunakan uji-t. Berdasarkan hasil peneltian ini, dapat diketahuit: 1) Terdapat perbedaan hasil belajar peserta didik yang menggunakan metode Peer Teaching (tutor sebaya) pada pengukuran awal (pre-test) dan pengukuran akhir (post-test) 2) Terdapat perbedaan hasil belajar peserta didik yang menggunakan metode konvensional pada pengukuran awal (pre-test) dan pengukuran akhir (post-test) 3) Terdapat perbedaan hasil belajar peserta didik yang menggunakan metode Peer Teaching (tutor sebaya) lebih tinggi dibandingkan dengan peserta didik yang menggunakan metode pembelajaran konvensional pada pengukuran akhir (post-test).  

Teks Lengkap:

PDF

Referensi


Abdullah, Ma’ruf. 2015. Metode Penelitian Kuantitatif. Yogyakarta: Aswaja Pressindo.

Afandi, Muhammad, Evi Chamalah, and Oktarina Puspita Wardani. 2013. Model Dan Metode Pembelajaran Di Sekolah. Semarang: UNISSULA PRESS.

Arifin, Zainal. 2013. Evaluasi Pembelajaran Prinsip, Teknik, Prosedur. Bandung: Remaja Rosdakarya.

Arikunto, Suharsimi. 2010. Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktik. Jakarta: Rineka Cipta

———. 2012. Dasar-Dasar Evaluasi Pendidikan. Jakarta: Bumi Aksara.

Hamalik, Oemar. 2010. Proses Belajar Mengajar. Jakarta: Bumi Aksara.

Helmiati. 2012. Model Pembelajaran. Yogyakarta: Aswaja Pressindo.

Ristiana, Dyah.2022. Metode Pembelajaran. Klaten: Lakeisha.

Sudjadmiko. 2020. Metode Tutor Sebaya (Peer Teaching) Dalam Pembelajaran Gambar Teknik Di SMK. Indramayu: Adab.

Ristiana, Dyah.2022. Metode Pembelajaran. Klaten: Lakeisha.

Sugiyono. 2016. Metode Penelitian Pendidikan (Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif, Dan R&D). Bandung: Alfabeta.

———. 2017. Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif Dan R&D. Bandung: Alfabeta.




DOI: http://dx.doi.org/10.25157/j-kip.v5i2.12252

Refbacks

  • Saat ini tidak ada refbacks.