PENGARUH LATIHAN SPIKE MELALUI BOLA DIGANTUNG DAN BOLA DILEMPAR SENDIRI TERHADAP KETERAMPILAN SPIKE DALAM PERMAINAN BOLA VOLI

Dian Endriana, Nana Sutisna, Asep Ridwan Kurniawan

Sari


    Tujuan dari penelitian yang penulis ajukan yaitu untuk mengetahui apakah terdapat pengaruh yang signifikan latihan spike melalui bola digantung dan bola dilempar sendiri terhadap keterampilan spike dalam permainan bola voli siswa MAN Darusalam yang mengikuti ekstrakurikuler bola voli. Metode Penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah pre-test and post-test design. Populasi dalam penelitian ini Siswa Man Darusalam yang mengikuti kegiatan ekstrakurikuler bola voli, yang berjumlah 30 orang. Sampel yang digunakan sebanyak 30 orang.    Berdasarkan hasil analisis data dan pembahasan hasil penelitian, maka penulis dapat menyimpulkan sebagai berikut:1. Terdapat pengaruh yang signifikan latihan spike melalui bola digantung     terhadap keterampilan spike dalam permainan bola voli siswa MAN   Darusalam yang mengikuti ekstrakurikuler bola voli.2. Terdapat pengaruh yang signifikan latihan spike melalui bola dilempar   sendiri terhadap keterampilan spike dalam permainan bola voli siswa MAN   Darusalam yang mengikuti ekstrakurikuler bola voli.3. Terdapat pengaruh yang signifikan latihan spike melalui bola digantung   dan bola dilempar sendiri terhadap keterampilan spike dalam permainan   bola voli siswa MAN Darusalam yang mengikuti ekstrakurikuler bola voli.  

Teks Lengkap:

PDF

Referensi


Bachtiar, dkk. 2001. Permainan Besar II Bola Voli dan Bola tangan. Jakarta Universitas Terbuka.

Badriah, Dewi Laelatul. 2002. Fisiologi Olahraga dalam Perspektif Teoretis dan Praktik. Bandung: Pustaka Ramadhan.

Chamim, M. Kusmaedi, N. Kurniawan, Asep Ridwan. Mulyana. (2022). Components of Physical Abilities on a Fast Climb 18 Peaks 12 Days at Altitudes above 3000 MDPL. COMPETITOR: Jurnal Pendidikan Kepelatihan Olahraga. 10.26858/cjpko.v14i1.27873

Damiri, Ahmad. 1984. Anatomi Manusia Unit Mytology. Bandung: FPOK IKIP.

Harsono. 1988. Coaching dan Aspek-aspek Psikologi dalam Coaching. Jakarta: Tambak Kusuma. Harsono. 2001. Latihan Kondisi Fisik (Diktat). Bandung.

Mamun, Amung dan Toto Subroto. 2001. Pendekatan Keterampilan Taktis dalam Pembelajaran Bola Vol. Jakarta: Direktorat Jendral Olahraga.

Nurhasan dan Abdul Narlan. 2001. Tes dan Pengukuran Pendidikan Olahraga. Tasikmalaya: PJKR FKIP UNSIL.

Pasaribu dan Simanjuntak. 1983. Proses Belajar Mengajar. Bandung: Tarsito.

Purwanto, Ngalim. 2003. Ilmu Pendidikan Teoretis dan Praktis. Bandung: Remaja Rosda Karya. Sardiman AM. 2001. Interaksi dan Motivasi Belajar Mengajar. Jakarta: Rajawali Pers.

Sugiyanto. 2000. Perkembangan Belajar Motorik. Jakarta: Universitas Terbuka. Suhendro, Andi, dkk. 2001. Dasar-dasar Kepelatihan. Jakarta: Universitas Terbuka.

Supandi dan Laurens Seba. 1983. Teori Belajar Mengajar Motorik. Bandung: FPOK IKIP Bandung.

Surakhmad, Winarno. 1998. Dasar dan Teknik Research, Pengantar Metodologi Ilmiah. Bandung: Tarsito.




DOI: http://dx.doi.org/10.25157/j-kip.v5i2.12259

Refbacks

  • Saat ini tidak ada refbacks.