MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA PADA MATERI PERSAMAAN KUADRAT MELALUI PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN INKUIRI DI KELAS IX G SPF SMP NEGERI 1 JALANCAGAK

Tuti Setiasih

Sari


Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan hasil belajar siswa pada materi Persamaan Kuadrat melalui penerapan model pembelajaran Inkuiri di Kelas IX G SPF SMP Negeri 1 Jalancagak. Model PTK yang digunakan dalam penelitian ini adalah model Stephen Kemmis dan Robin Mc. Taggart. Penelitian ini menggunakan prosedur penelitian tindakan kelas dengan dua siklus, yaitu siklus I dan siklus II. Pada setiap siklusnya, 2 pertemuan awal adalah pembelajaran dan 1 pertemuan terakhir adalah tes dengan target nilai rata-rata kelas atau ketuntasan minimal, yaitu 75. Penelitian ini dilaksanakan pada semester ganjil tahun pelajaran 2022/2023. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas IX G SPF SMP Negeri 1 Jalancagak yang berjumlah 32 siswa. Dimana nilai rata-rata tes pada siklus I adalah 71,41 dengan 16 siswa yang memenuhi KKM (50%) dan nilai rata-rata tes pada siklus II adalah 85,78 dengan 29 siswa yang memenuhi KKM (90,63%). Hasil penelitian ini menunjukkan adanya peningkatan nilai rata-rata sebesar 14,38. Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa pembelajaran melalui penerapan model pembelajaran Inkuiri dapat meningkatkan hasil belajar siswa pada materi Persamaan Kuadrat di kelas IX G SPF SMP Negeri 1 Jalancagak.

Teks Lengkap:

PDF

Referensi


Gulo. 2002. Metodologi Penelitian. Jakarta: Gramedia Widyasarana Indonesia.

Komalasari. 2011. Pembelajaran Kontekstual Konsep dan Aplikasi. Bandung: PT Refika Aditama.

National Research Council (NRC). 2000. Inquiry and The National Science Education Standard A Guide for Teaching and Learning. Washington DC: National Academy Press.

Nurhadi, Burhanudin Yasin, Agus Gerrad Senduk. 2003. Pembelajaran Kontekstual dan Penerapannya dalam KBK. Malang: Universitas Negeri Malang.

Roestiyah. 2008. Strategi Belajar Mengajar. Jakarta: Rineka Cipta.

Sagala. 2009. Konsep dan Makna Pembelajaran. Bandung: CV. Sahri.

Sanjaya. 2009. Strategi Pembelajaran Berorientasi Standar Proses Pendidikan. Jakarta: Kencana.

Slavin. 2010. Cooperative Learning Teori, Riset dan Praktik. Bandung: Nusa Media.

Suharsimi Arikunto. 2014. Prosedur penelitian suatu pendekatan praktik. Jakarta: Rineka Cipta.

Trianto. 2011. Mendesain Model Pembelajaran Inovatif-Progresif. Jakarta : Kencana Prenada Group.

Wingo. 1970. Prinsip Belajar. Bandung: CV.Wacana Prima.




DOI: http://dx.doi.org/10.25157/j-kip.v4i3.12328

Refbacks

  • Saat ini tidak ada refbacks.