KEMAMPUAN LITERASI MATEMATIS SISWA DALAM MENYELESAIKAN SOAL BERBASIS SITUS JAMBANSARI

Ineu Nurhasanah, Asep Amam, Sri Solihah

Sari


Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui kemampuan literasi matematis siswa dalam menyelesaikan soal berbasis Situs Jambansari. Penelitian ini menggunakan studi kasus dengan pendekatan kualitatif. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas VIII C SMP Negeri 1 Sukadana yang berjumlah 6 orang. Instrumen yang digunakan dalam penelitian ini adalah tes kemampuan literasi matematis dan wawancara. Teknik analisis data deskriptif kualitatif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa kemampuan literasi matematis siswa dalam menyelesaikan soal berbasis Situs Jambansari kelas VIII C di SMP Negeri 1 Sukadana Tahun Pelajaran 2022/2023 yaitu: (1) Pada aspek pemahaman, siswa mampu memenuhi aspek tersebut karena siswa dapat memahami soal berdasarkan konsep. (2) Pada aspek penerapan, siswa mampu memenuhi aspek tersebut yaitu siswa yang dapat mempraktikkan berdasarkan konsep yang telah dipahami. Siswa kurang mampu memenuhi aspek tersebut yaitu siswa yang kurang mampu mempraktikkan berdasarkan konsep. (3) Pada aspek penalaran, siswa mampu memenuhi aspek tersebut yaitu siswa yang dapat berpikir secara logis. siswa kurang mampu memenuhi aspek tersebut yaitu siswa yang dalam menjawab soal terdapat kesalahan dalam proses pengerjaannya. (4) Pada aspek komunikasi, siswa mampu memenuhi aspek tersebut karena siswa dapat menjawab pertanyaan pada soal tersebut dan mampu menyebutkan informasi yang didapat pada soal dengan tepat serta mampu menjelaskan langkah pengerjaan yang digunakan.

Teks Lengkap:

PDF

Referensi


Aulia Az-Zahra, S. Y. I. F. A., Zakiah, N. E., & Solihah, S. (2022). Kemampuan Literasi Matematis Siswa Smp Ditinjau Dari Habits Of Mind Yang Berasal Dari Keluarga Pengrajin Handicraft Rajapolah.

Fadillah, A. (2019). Analisis Literasi Matematika Siswa Dalam Memecahkan Soal Matematika PISA Konten Change and Relationship. 3(2), 127–131. https://doi.org/10.31764/jtam.v3i2.1035

Fakhrun, N. F., Nurjamil, D., Muhtadi Pendidikan Matematika, D., & Keguruan dan Ilmu Pendidikan, F. (2019). Studi etnomatematika pada aktivitas urang sunda dalam menentukan pernikahan, pertanian dan mencari benda hilang. 5(2), 63–74.

Mujulifah, F. (2015). Literasi Matematis Siswa Dalam Menyederhanakan Ekspresi Aljabar. In Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran Khatulistiwa (JPPK) (vol.4, Issue 1)

Nur Prabawati, M., Herman, T., Turmudi, dan, Matematika, P., & Siliwangi Jalan Siliwangi No, U. (2019). Pengembangan Lembar Kerja Siswa Berbasis Masalah dengan Strategi Heuristic untuk Meningkatkan Kemampuan Literasi Matematis. 8(1). http://journal.institutpendidikan.ac.id/index.php/mosharafa

Hewi, L., Shaleh, M., & IAIN Kendari, P. (2020). Refleksi Hasil PISA (The Programme For International Student Assesment): Upaya Perbaikan Bertumpu Pada Pendidikan Anak Usia Dini). 04(1), 30–41.

Oktaviani, R., Fatimah, A. T., & Nuraida, I. (2022). Analisis Kemampuan Literasi Matematis Siswa Smp Dalam Penyelesaian Soal Matematika Berbasis Cerita. J-KIP (Jurnal Keguruan dan Ilmu Pendidikan), 3(2), 433-444.

Oktaviyanthi, R., Agus, R. N., & Supriani, Y. (2015). Pisa Mathematics Framework Dalam Penelusuran Mathematical Literacy Skills Mahasiswa.

Ratih, D. (2019). Nilai-Nilai Kearifan Lokal Dalam Tradisi Misalin Di Kecamatan Cimaragas Kabupaten Ciamis.

Rifai, & Wutsqa, D. U. (2017). Mathematical Literacy of State Junior Secondary School Students in Bantul Regency. Jurnal Pendidikan Matematika Dan Sains, 2, 152–162. https://doi.org/10.21831/jpms.v4i1.10111

Sopiah, D., Zamnah, L. N., & Sunaryo, Y. (2021). Brain-Based Learning Terhadap Kemampuan Literasi Matematika. In Galuh National Mathematics Conference.

Sugiyono. (2017). Metode Penelitiaan Kualitatif. Bandung: Alfabeta.

Sunaryo, Y., & Nuraida, I. (2022). Pelatihan Penyusunan Soal Matematika Realistik Berbasis Budaya Ciamis Pada Calon Guru Matematika Training Of Realistic Mathematics Questions Based On Cultural Ciamis On Prospective Mathematics Teachers. In Abdimas Galuh (Vol. 4, Issue 2).

Zakiah, N. E., & Fajriadi, D. (2020). Hybrid-PjBL: Creative thinking skills and selfregulated learning of preservice Teachers. J. Phys.: Conf. Ser. 1521 032072.




DOI: http://dx.doi.org/10.25157/j-kip.v5i1.12331

Refbacks

  • Saat ini tidak ada refbacks.


##submission.license.cc.by-nc-sa4.footer##