Pengaruh model pembelajaran reciprocal teaching terhadap kemampuan berpikir kritis peserta didik pada mata pelajaran ekonomi

Nur Erni Azizah, Rita Patonah

Sari


ABSTRAKKemampuan berpikir kritis peserta didik yang belum berkembang secara optimal merupakan masalah yang menjadi fokus dalam penelitian ini, yang diduga dipicu oleh model pembelajaran yang belum membiasakan peserta didik aktif dalam berpikir kritis. Adapun tujuan dari penelitian untuk mengetahui: 1) Kemampuan berpikir kritis pesertadidik yang menggunakan model reciprocal teachingpada saat pretest dan posttest di kelas eksperimen; 2)Kemampuan berpikir kritis peserta didik denganmodel konvensional pada saat pengukuran awal dan akhir di kelas kontrol; 3) Perbedaan kemampuanberpikir kritis peserta didik yang menggunakanmodel reciprocal teaching dengan modelkonvensional pada saat posttest. Metode penelitianyang digunakan adalah metode eksperimen dengan quasi eksperimental nonequivalent control group.Analisis data menggunakan uji t. Simpulan penelitian ini yaitu: 1) Terdapat peningkatan kemampuan berpikir kritis peserta didik yang menggunakanmodel reciprocal teaching pada saat pengukuran awal dan akhir di kelas eksperimen; 2) Terdapat peningkatan kemampuan berpikir kritis peserta didik yang menggunakan model konvensional pada saat pengukuran awal akhir di kelas kontrol; 3) Terdapatperbedaan peningkatan kemampuan berpikir kritis peserta didik yang menggunakan model reciprocal teaching dengan yang menggunakan modelkonvensional pada saat pengukuran akhir.

Teks Lengkap:

PDF

Referensi


DAFTAR PUSTAKA

Agustina, S., Santoso, E., & Jatisunda, M. G. 2019. Pengaruh Kecemasan Matematis Terhadap Kemampuan Berpikir Kritis Melalui Model Auditory Intellectually Repetition. Prosiding Seminar Nasional Pendidikan, 1, 635-640. https://prosiding.unma.ac.id/index.php/semnasfkip/article/view/92 diakses tanggal 30 Januari 2023.

Arnyana, I. B. P. 2019. Pembelajaran Untuk Meningkatkan Kompetensi 4C (Communication, Collaboration, Critical Thinking Dancreative Thinking) Untukmenyongsong Era Abad 21. Prosiding: Konferensi Nasional Matematika dan IPA Universitas PGRI Banyuwangi, 1(1), i-xiii. diakses tanggal 29 Januari 2023.

Astriani, L. 2017. Pengaruh Pembelajaran Reciprocal Teaching Terhadap Kemampuan Pemahaman Konsep Matematika Ditinjau dari Kemampuan Awal MatematikaSiswa.Fibonacci.3​(1). https://jurnal.umj.ac.id/index.php/fbc/article/view/1731 diakses tanggal 31 Januari 2023.

Darman, R.A. 2020. Belajar dan Pembelajaran. Padang: Guepedia.

Fakhrurrazi, F. 2018. Hakikat Pembelajaran Yang Efektif. At-Tafkir, 11(1), 85-99. http://journal.iainlangsa.ac.id/index.php/at/article/view/529 diakses tanggal 25 Januari 2023.

Handayani, D.P., Herman, M., Putra, R.A. 2021. Perbedaan Hasil Belajar Peserta Didik Yang Menggunakan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Investigasi Kelompok (Group Investigation) Dengan Model Pembelajaran Konvensional. J-KIP (Jurnal Keguruan dan Ilmu Pendidikan), 2 (3), 131-140. https://jurnal.unigal.ac.id/J-KIP/article/view/6330/4326 diakses tanggal 21 Juli 2023.

Hidayat, D. 2018. Penerapan Reciprocal Teaching untuk Meningkatkan Berpikir Kritis dan Kemandirian Belajar Siswa MA. Jurnal Derivat. 5 (1). 1-8. http://journal.upy.ac.id/index.php/derivat/article/view/141 diakses tanggal 31 Januari 2023.

Patonah, R. 2019. Penerapan Metode Discovery Learning Dalam Meningkatkan Keterampilan Berpikir Keritis Pada Siswa yang Memiliki IQ Tinggi dan Rendah Dalam Mata Pelajaran Ekonomi. Sosio e-kons, 11 (3), 185. https://journal.lppmunindra.ac.id/index.php/sosio_ekons/article/view/4290 diakses tanggal 22 September 2023.

Sugiyono. 2013. Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung: Alfabeta.

Sugiyono. 2016. Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung: Alfabeta.




DOI: http://dx.doi.org/10.25157/j-kip.v5i2.12389

Refbacks

  • Saat ini tidak ada refbacks.