Etnomatematika Aktivitas Petani Padi di Desa Puloerang Kecamatan Lakbok Kabupaten Ciamis

Ela Febriani

Sari


Penelitian ini dilatar belakangi oleh pentingnya peran petani padi di Indonesia dan juga pentingnya peran etnomatematika dalam dunia pendidikan kedepannya. Oleh karena itu, penelitian ini bermaksud untuk mengkolaborasikan petani dan pendidikan dengan berbagai literatur, kajian pustaka, dan kajian penelitian sebelumnya yang relevan agar bermanfaat di dunia pendidikan kedepannya. Tujuan dari penelitian ini adalah mengetahui aktivitas petani padi apa saja yang terkait pada aktivitas matematika dan implementasinya pada konsep matematika. Metode penelitian yang digunakan adalah penelitian kualitatif. Data diperoleh dengan observasi, wawancara, dan dokumentasi. Teknik analisis data yang digunakan adalah kondensasi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan. Wawancara dilakukan terhadap tiga orang narasumber yaitu para petani di Desa Puloerang dengan menggunakan instrumen penelitian yang telah divalidasi ahli. Hasil penelitian ini adalah terdapat aktivitas matematis berupa aktivitas mengukur, membilang/menghitung, bermain, mendesain, menentukan lokasi, serta menjelaskan.

Teks Lengkap:

PDF

Referensi


Abi, A. M. (2017). Integrasi Etnomatematika Dalam Kurikulum Matematika Sekolah. JPMI (Jurnal Pendidikan Matematika Indonesia), 1(1)

Bishop, A. J. (1991). Mathematical Enculturation: A Cultural Perspective on Mathematics Education (3rd ed.). Kluwer Academic Publishers.

Herawati, A. D., Alvionita, K. A., & (2022). Eksplorasi Kajian Etnomatematika pada Rumah Adat Dulohupa Gorontalo. PRISMA, Prosiding …, 5, 335–345. https://journal.unnes.ac.id/sju/index.php/prisma/article/view/54616%0Ahttps://journal.unnes.ac.id/sju/index.php/prisma/article/download/54616/21059.

Nova, I. S., & Putra, A. (2022). Eksplorasi Etnomatematika pada Cerita Rakyat. Plusminus: Jurnal Pendidikan Matematika, 2(1), 67-76

Richardo, R. (2017). Peran ethnomatematika dalam penerapan pembelajaran matematika pada kurikulum 2013. LITERASI (Jurnal Ilmu Pendidikan), 7(2), 118–125. http://dx.doi.org/10.21927/literasi.2016.7(2).118-125

Suryanatha, I. N. A. S. & Apsari, R. A.( 2013). Ketika Matematika Bernafas dalam Budaya [online]. Tersedia: https://p4riundiksha.wordpress.com/2013/11/10/Etnomatematika

Ubayanti, dkk. (2016). Eksplorasi Etnomatematika pada Sero (set net): Budaya Masyarakat Kokas Fak Fak Papua Barat. Jurnal Ilmiah Matematika dan Pembelajarannya. Vol 2(1). Hal 11-17.

Zayyadi, Moh. (2018). Eksplorasi Etnomatematika Pada Batik Madura. Jurnal SIGMA. Vol 2(2).

DOI: http://dx.doi.org/10.53712/sigma.v2i2.124

Suprayo Try, et al. (2018). Studi Etnomatematika Masyarakat Petani Kabupaten Cirebon. Prosiding SNMPM II. Hal. 49-54. Cirebon : Unswagati.




DOI: http://dx.doi.org/10.25157/j-kip.v5i3.12396

Refbacks

  • Saat ini tidak ada refbacks.


##submission.license.cc.by-nc-sa4.footer##