MODEL PROBLEM BASED LEARNING BERBANTUAN QUIZIZZ UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH MATEMATIS SISWA
Sari
Masalah pada penelitian ini adalah kemampuan pemecahan masalah matematis siswa ysng relatif masih rendah. Olehkarena itu perlu adanya upaya yang dilakukan untuk meningkatkan kemampuan pemecahan masalah matematis siswadiantaranya dengan memilih dan menggunakan model pembelajaran yang tepat. Penelitian ini bertujuan untukmengetahui perbedaan peningkatan kemampuan pemecahan masalah matematis siswa yang memperoleh modelproblem based learning berbantuan quizizz dengan siswa yang memperoleh model problem based learning. Metodepenelitian yang digunakan adalah quasi eskperimen (eksperimen semu) dengan desain penelitian yang digunakan yaitunon-equivalent kontrol group design. Teknik analisis data menggunakan uji-t. Populasi dalam penelitian ini adalah semuasiswa kelas X SMA di Parigi semester 2 (genap) tahun pelajaran 2022/2023. Pengambilan sampel dengan purposivesampling. Sampel penelitian terdiri dari 36 siswa (kelas eksperimen) dan 35 siswa (kelas kontrol). Intrumen yangdigunakan dalam penelitian ini adalah instrumen tes kemampuan pemecahan masalah matematis yang terdiri dari tigasoal. Pokok bahasan yang disajikan sebagai bahan materi yaitu Trigonometri. Hasil penelitian menunjukkan bahwaterdapat perbedaan peningkatan kemampuan pemecahan masalah matematis siswa yang memperoleh model problembased learning berbantuan quizizz dengan siswa yang memperoleh model problem based learning Kelas eksperimenmasuk kedalam kategori sedang dan kelas kontrol masuk kedalam kategori rendah.
Teks Lengkap:
PDFDOI: http://dx.doi.org/10.25157/j-kip.v5i3.12397
Refbacks
- Saat ini tidak ada refbacks.
##submission.license.cc.by-nc-sa4.footer##