PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN ARTIKULASI TERHADAP HASIL BELAJAR PESERTA DIDIK

Farrouq Hamzah, Endang Mulyadi

Sari


Penelitian ini dilatar belakangi oleh pembelajaran yang masih terfokus kepada guru. Saat proses pembelajaran berlangsung di dalam laboratorium terlihat siswa kurang berpartisipasi dalam belajar karena siswa hanya menerima dan bersifat pasif. Adapun tujuan dari penelitian ini untuk mengetahui: 1) Perbedaan hasil belajar peserta didik yang menggunakan software netsupport school pada pengukuran awal (pretest) dan pengukuran akhir (posttest); 2) Perbedaan hasil belajar peserta didik yang menggunakan model pembelajaran konvensional pada pengukuran awal (pretest) dan pengukuran akhir (posttest); 3) Perbedaan hasil belajar peserta didik yang menggunakan software netsupport school dengan menggunakan model pembelajaran konvensional pada pengukuran akhir (posttest).Metode penelitian yang digunakan yaitu metode penelitian eskperimen dengan bentuk the static group comparison design. Teknik analisis data yang digunakan yaitu Uji t. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: 1) Terdapat perbedaan hasil belajar peserta didik yang menggunakan software netsupport school pada pengukuran awal (pretest) dan pengukuran akhir (posttest); 2) Terdapat perbedaan hasil belajar peserta didik yang menggunakan model pembelajaran konvensional pada pengukuran awal (pretest) dan pengukuran akhir (posttest); 3) Terdapat perbedaan hasil belajar peserta didik yang menggunakan software netsupport school dengan menggunakan model pembelajaran konvensional pada pengukuran akhir (posttest).

Teks Lengkap:

PDF

Referensi


Patonah, R. (2020). Meningkatkan Hasil Belajar Dengan Metode Time Token. Jurnal Edukasi (Ekonomi, Pendidikan dan Akuntansi) , Volume 8, No. 1. [22 September 2023]

Prihatini, E. (2017). Pengaruh Model Pembelajaran dan Minat Belajar Terhadap Hasil Belajar IPA. Jurnal Ilmiah Pendidikan MIPA, Volume 7, No. 2. [7 Februari 2023]

Subakti, H. & Handayani, S, E. (2020). Pengaruh Bimbingan Belajar Terhadap Hasil Belajar Bahasa Indonesia Di Sekolah Dasar. Jurnal BASICEDU, Volume 5, No. 1. [1 Januari 2023]

Alim Surya, (2019). Pengajaran Berbasis Aplikasi Netsupport School Dalam Meningkatkan Hasil Belajar Siswa. Jurnal.

Zuhair Abdulla h, (2021). The Effect Of Using Netsupport School Software On Environmental Pollution Subject Matter On Student Learning Outcomes. Jurnal




DOI: http://dx.doi.org/10.25157/j-kip.v5i3.12398

Refbacks

  • Saat ini tidak ada refbacks.


##submission.license.cc.by-nc-sa4.footer##