PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN DISCOVERY LEARNING TERHADAP KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS MATEMATIS SISWA

Nira Herdiani, Euis Erlin, Asep Amam

Sari


Penelitian ini bertujuan untuk menginvestigasi pengaruh model pembelajaran Discovery Learning terhadap kemampuan berpikir kritis matematis pada siswa. Metode penelitian yang digunakan adalah kuasi eksperimen, dengan desain The Non-Equivalent Posttest-Only Control Group Design. Instrumen penelitian yang digunakan yaitu tes kemampuan berpikir kritis matematis berbentuk uraian. Teknik analisis data menggunakan uji normalitas dan homogenitas sebagai uji prasyarat, kemudian hasil uji hipotesis menggunakan uji Independent Sample t-Test. Penelitian ini dilaksanakan di SMP Negeri 1 Cimaragas dengan populasi berjumlah lima kelas. Sampel yang digunakan dalam penelitian ini terdiri dari dua kelas pada tingkat yang sama, yaitu kelas VII-C diberikan pembelajaran dengan model Discovery Learning dan kelas VII-D dengan pembelajaran langsung serta dipilih menggunakan teknik purposive sampling. Hasil analisis data dengan menggunakan uji Independent Sample t-Test menunjukkan bahwa terdapat perbedaan kemampuan berpikir kritis matematis antara kelompok siswa yang mengikuti pembelajaran dengan model Discovery Learning dengan kelompok siswa yang mengikuti pembelajaran langsung. Hal ini menunjukkan bahwa adanya pengaruh model Discovery Learning terhadap perkembangan kemampuan berpikir kritis matematis siswa. Penelitian ini menekankan pentingnya penggunaan model pembelajaran yang mendorong partisipasi aktif siswa dalam pembelajaran matematika untuk mengembangkan kemampuan berpikir kritis siswa.

Teks Lengkap:

PDF

Referensi


Apiati, V., & Hermanto, R. (2020). Kemampuan Berpikir Kritis Peserta Didik dalam Memecahkan Masalah Matematik Berdasarkan Gaya Belajar. Mosharafa: Jurnal Pendidikan Matematika, 9(1), 167–178. https://doi.org/10.31980/mosharafa.v9i1.630

Bakar, M. T., Nani, K. La, Harisman, Y., & Amam, A. (2020). Kemampuan Pemahaman Matematis Siswa Kelas Vii Smp Pada Materi Himpunan Melalui Model Discovery Learning. Teorema:

Teori dan Riset Matematika, 5(2), 272. https://doi.org/10.25157/teorema.v5i2.3819

Burais, L., Ikhsan, M., & Duskri, M. (2016). Peningkatan Kemampuan Penalaran Matematis Siswa Melalui Model Discovery Learning. Jurnal Didaktik Matematika, 3(1), 77–86.

Jumaisyaroh, T., & Hasratuddin, E. E. N. (2016). Peningkatan Kemampuan Berpikir Kritis Matematis Dan Kemandirian Belajar Siswa Smp Melalui Pembelajaran Berbasis Masalah. AdMathEdu : Jurnal Ilmiah Pendidikan Matematika, Ilmu Matematika dan Matematika Terapan, 5(1). https://doi.org/10.12928/admathedu.v5i1.4786

Komariyah, S., Fatmala, A., & Laili, N. (2018). Pengaruh kemampuan berpikir kritis terhadap hasil belajar matematika. Jurnal Penelitian Pendidikan dan Pengajaran Matematika, 4(2), 55–60.

Rahman, L. L., Rusyana, A., & Yulisma, L. (2021). Pengaruh Model Pembelajaran Discovery Learning Berbasis Lks Tipe Word Square Terhadap Keterampilan Berpikir Kritis Siswa. J-KIP (Jurnal Keguruan dan Ilmu Pendidikan), 2(1), 33. https://doi.org/10.25157/j-kip.v2i1.4814

Ruhyanto, A., Agustin, R., & Yanti, E. (2021). Penerapan Model Pembelajaran Problem Solving untuk Meningkatkan Kemampuan Berpikir Kritis Siswa. J-KIP (Jurnal Keguruan dan Ilmu Pendidikan), 2(3), 161–170.

Solihah, S. (2019). Meningkatkan Kemampuan Berpikir Kritis Matematik Siswa MTs dengan Menggunakan Metode Brain-Based Learning. Jurnal Teorema: Teori dan Riset Matematika, 4(1), 55–64.

Sugiyono. (2016). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif dan R&D. Bandung: PT Alfabet. Wulandari, W., & Warmi, A. (2022). Kemampuan Berpikir Kritis Siswa Dalam Menyelesaikan Soal

Pisa Konten Change and Relationship Dan Quantity. Teorema: Teori dan Riset Matematika, 7(2), 439. https://doi.org/10.25157/teorema.v7i2.7233




DOI: http://dx.doi.org/10.25157/j-kip.v5i3.12436

Refbacks

  • Saat ini tidak ada refbacks.


##submission.license.cc.by-nc-sa4.footer##