MODEL PEMBELAJARAN PROJECT BASED LEARNING BERBASIS STEAM TERHADAP MINAT BELAJAR IPA DI SMP

Diaz Pramuditha Liesdiana, Adun Rusyana, Jeti Rachmawati

Sari

Beberapa guru  masih menggunakan metode pembelajaran tradisional khususnya dalam proses pembelajaran IPA. Pembelajaran masih berpusat pada guru, sehingga membuat pembelajaran yang berlangsung menjadi membosankan, siswa mengalami kesulitan dalam memahami materi dan keterampilan berpikir kreatif relatif rendah, pada akhirnya bermuara pada minat belajar siswa terhadap IPA rendah. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran Project Based Learning (PjBL) berbasis STEAM terhadap minat belajar siswa pada mata pelajaran IPA di SMP Negeri 2 Sukadana. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah quasi experiment . Sampel yang digunakan adalah kelas IX A sebanyak 27 orang. Teknik pengambilan sampel menggunakan teknik purposive sampling. Variabel penelitian dibatasi pada minat belajar IPA. Instrumen yang digunakan angket dan wawancara. Hasil penelitian menyimpulkan bahwa  terdapat pengaruh yang signifikan penggunaan model pembelajaran project based learning berbasis STEAM terhadap minat belajar IPA di SMP Negeri 2 Sukadana, data mean sebelum treatment diperoleh 63.9620 berbeda dengan sesudah treatment yaitu 74.5185 artinya ada perbedaan antara sebelum penerapan model pembelajaran PjBL berbasis STEAM dengan sesudah penerapan. Dilihat dari nilai sig (2 tailed) Levene 1.188 > 0.05 berarti varian data homogeny. Sig (2 tailed) 0.00 < 0.05 berarti H0 di tolak dan H1 diterima.

Teks Lengkap:

PDF

Referensi

Al-Mahasneh, R. (2018). The Role of Teachers in Establishing an Attractive Environment to Develop the Creative Thinking among Basic Stage Students in the Schools of Tafilah Governorate According to their own Perspective. Journal of Curriculum and Teaching, 7(1), 206. https://doi.org/10.5430/jct.v7n1p206

Alifah, S., Narsih, D., dan Widiyarto, S. "Pengaruh Metode Partisipatori dan Minat Belajar Terhadap Kemampuan Berwirausaha Siswa SMK." Lectura: Jurnal Pendidikan 10.1 (2019): 66-81.

Annisa, R., Effendi, M. H., & Damris, D. (2018). Peningkatan Kemampuan Berpikir Kreatif Siswa Dengan Menggunakan Model Project Based Learning Berbasis Steam (Science, Technology, Engineering, Arts Dan Mathematic) Pada Materi Asam Dan Basa Di Sman 11 Kota Jambi. Journal of The Indonesian Society of Integrated Chemistry, 10(2), 14–22. https://doi.org/10.22437/jisic.v10i2.6517

Fadhilah, A. N., "Pembelajaran Biologi Berbasis Steam di Era Society 5.0." Prosiding: Konferensi Nasional Matematika dan IPA Universitas PGRI Banyuwangi 2.1 (2022): 182-190.

Fitriyah, A., & Ramadani, S. D. (2021). Pengaruh Pembelajaran STEAM Berbasis PjBL (Project-Based Learning) Terhadap Keterampilan Berpikir Kreatif dan Berpikir Kritis. Jurnal Inspiratif Pendidikan, 10(1), 209–226.

Kemendikbud, B. (2019). Pendidikan di Indonesia belajar dari hasil PISA 2018. Pusat Penilaian Pendidikan Balitbang KEMENDIKBUD, (021), 1–206. Retrieved from http://repositori.kemdikbud.go.id/id/eprint/16742

Mufida, dkk. (2020). Integrated project-based e-learning with science, technology engineering, arts, and mathematics (PjBel-STEAM): its effect on science process skill. Jurnal Pendidikan Biologi. 13(2).

Pertiwi, A. D., Nurfatimah, S. A., & Hasna, S. (2022). Menerapkan Metode Pembelajaran Berorientasi Student Centered Menuju Masa Transisi Kurikulum Merdeka. Jurnal Pendidikan Tambusai, 6(2), 8839–8848.

Roziqin, M. K., Lesmono, A. D., dan Bachtiar, R. W.. "Pengaruh Model Pembelajaran Berbasis Proyek (Project Based Learning) Terhadap Minat Belajar dan Keterampilan Proses Sains Siswa pada Pembelajaran Fisika di SMAN Balung." Jurnal Pembelajaran Fisika 7.1 (2018): 108-115.

Riyanti. (2020). Efektivitas Penggunaan Perangkat Pembelajaran Project Based Learning (PjBL) Terintegrasi STEM Berbasis E-Learning Untuk meningkatkan Kemampuan Berpikir Kreatif. Jurnal Riset Pedagogik, 4(1), 114–124.

Trianto. (2017). Mendesain Model Pembelajaran Inovatif, Progresif, dan Kontekstual 2013. Jakarta: Prenadamedia Group.

Ulya, N., & Syafei, M. M. (2022). Evaluasi Kebijakan Kurikulum Pendidikan Islam di Indonesia. Jurnal Pendidikan Tambusai, 6(2), 9412–9420. Retrieved from https://jptam.org/index.php/jptam/article/view/3905/3257

Refbacks

  • Saat ini tidak ada refbacks.