IMPLEMENTASI MODEL PROJECT BASED LEARNING DALAM MEMBEKALKAN KEMAMPUAN BERPIKIR KREATIF PESERTA DIDIK PADA MATERI SISTEM PEREDARAN DARAH DI SMP TERPADU AL HASAN CIAMIS

Ihdina Milga Shari, Lia Yulisma, Euis Ernasari, Desi Nurani

Sari


Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis terkait implementasi model Project Based Learning (PjBL) untuk membekalkan kemampuan berpikir kreatif peserta didik pada materi sistem peredaran darah di SMP Terpadu Al Hasan Ciamis. Jenis penelitian ini merupakan Penelitian Tindakan Kelas Kolaborasi. Metode penelitian yang digunakan adalah pre-eksperimen dengan desain one group pretest-posttest design. Sampel penelitian adalah siswa kelas VIIIA yang terdiri atas 23 siswa. Instrumen yang digunakan terdiri atas tes kemampuan berpikir kreatif berupa soal uraian. Dilakukan analisis berupa uji beda rata-rata nilai siswa saat sebelum dan sesudah perlakuan menggunakan uji Wilcoxon, untuk selanjutnya dilakukan uji analisis N-Gain dengan bantuan program SPSS Ver. 25. Berdasarkan hasil penelitian yang dilakukan, terdapat kenaikan nilai rata-rata kemampuan berpikir kreatif dari kategori kurang menjadi kategori baik. Indikator berpikir kreatif yang mengalami peningkatan dengan capaian N-Gain dalam kategori sedang ialah berpikir luwes (flexibility). Sedangkan, untuk indikator berpikir lancar (fluency), berpikir orisinil (originality) dan memerinci (elaboration) memperoleh capaian N-Gain dalam kategori rendah. Berdasarkan penelitian ini dapat disimpulkan bahwa implementasi model PjBL mampu membekalkan kemampuan berpikir kreatif pada materi sistem peredaran darah dengan capaian kategori N-Gain sedang (0,673).Kata Kunci: Model Project Based Learning, Berpikir Kreatif, Sistem Peredaran Darah

Teks Lengkap:

PDF

Referensi


Amielia, S. D., Suciati, & Maridi. (2018). Enhancing Students’ Argumentation Skills Using an Argument Driven Inquiry-Based Module. Journal of Education and Learning, 464-471

Ananda, R. (2019). Penerapan Metode Mind Mapping Untuk Meningkatkan Kemampuan Berpikir Kreatif Siswa Sekolah Dasar. Edukatif : Jurnal Ilmu Pendidikan, 1(1), 1–10

Destari, Ayu., Heldayani, Eni., & Asiyah, Siti. (2022). Penerapan Model PjBL Terhadap Kemampuan Berpikir Kreatif Siswa Pada Mata Pelajaran Geografi. Wahana Didaktika. 20 (2), 234-244

Distyasa, M. J. E., Winanti, E. T., Buditjahjanto, I. G. P. A., & Rijanto, T. (2021). The effect of project-based blended learning (PJB2L) learning model on students learning outcomes. International Journal for Educational and Vocational Studies, 3(4), 268

Firdaus, H. M., Widodo, A., & Rochintaniawati, D. (2018). Analisis Kemampuan Berpikir Kreatif dan Proses Pengembangan Kemampuan Berpikir Kreatif Siswa SMP pada Pembelajaran Biologi. Assimilation : 1(1), 21–28

Furmanti, T., & Hasan, R. (2019). Pengaruh Model Pembelajaran Inkuiri Terbimbing terhadap Kemampuan Berpikir Kritis, Motivasi dan Keaktifan Siswa di SMP N 5 Seluma. Prosiding Semnas Sain & Enterpeneurship VI, 1(1), 1–9

Hidayat, T. (2019). Lokakarya Peningkatan Profesionalisme Guru IPA. Jurnal Pengabdian Masyarakat Bumi Raflesia, 2(2), 148–153

Hikmah, L. N., & Agustin, R. D. (2018). Pengaruh Model Pembelajaran Project Based Learning Terhadap Kemampuan Berpikir Kreatif Siswa. Jurnal Prismatika, 1-9

Ismayani, A. (2016). Pengaruh Penerapan STEM Project-Based Learning Terhadap Kreativitas Matematis Siswa SMK. Indonesian Digital Journal of Mathematics and Education, 264-272

Manan, S. (2017). Pembinaan Akhlak Mulia Melalui Keteladanan dan Pembiasaan. Jurnal Pendidikan Agama Islam-Ta’lim, 15(1), 49-65

Mubarokah, N. L., & Wahyudi. (2019). Peningkatan Berpikir Kreatif Pembelajaran Tematik Melalui Penerapan Model Pembelajaran PjBL Siswa SD. Jurnal Pendidikan Surya Edukasi (JPSE). Vol. 5(1), hal: 49-57

Nopiyanti, E. (2017). Saintifik Pembelajaran Literasi Sains Di Sekolah Dasar. Saintifik Pembelajaran Literasi Sains Di Sekolah Dasar, 43–55

Nurjamilah, A., & Marlina, R. (2019). Analisis Kemampuan Berpikir Kreatif Matematis Siswa Mts Pada Materi Bangun Ruang Sisi Datar. 2015, 928–937

Riduwan. (2010). Dasar-Dasar Statistika. Bandung: Alfabeta

Riyadi, & Rahayu, Y. S. (2017). Strengthening the 21st Century Skills of Elementary School Students through the Implementation of Project Based Learning. Advances in Social Science, Education and Humanities Research (ASSEHR). Vol. 108, Hal. 253-25

Rohana, R.S., & Wahyudin, D. (2017). Project Based Learning Untuk Meningkatkan Berpikir Kreatif siswa SD Pada Materi Makanan Dan Kesehatan. Jurnal penelitian pendidikan.Vol. 16(3), hal: 235- 243

Sari, S. P., Manzilatusifa, U., & Handoko, S. (2019). Penerapan Model Project Based Learning (Pjbl) Untuk Meningkatkan Kemampuan Berfikir Kreatif Peserta Didik. Jurnal Pendidikan Dan Pembelajaran Ekonomi Akuntansi, 5(2), 119–131

Situmorang, S. M. S., Rustaman, N. Y., & Purwianingsih, W. (2020). Levels of Inquiry Pada Materi Sistem Pernapasan melalui Asesmen Kinerja Identification of High School Students’ Creativity in Levels of Inquiry Learning on Respiratory System Material. 4, 35– 43.

Trimawati, K., Kirana, T., & Raharjo, R. (2020). Pengembangan Instrumen Penilaian Ipa Terpadu Dalam Pembelajaran Model Project Based Larning (PjBL) Untuk Meningkatkan Kemampuan Berpikir Kritis Dan Kreatif Siswa SMP. Quantum: Jurnal Inovasi Pendidikan Sains, 11(1), 36.

Sukmawijaya, Y., Suhendar, & Juhanda, A. (2019). Pengaruh Model Pembelajaran Stem-Pjbl terhadap Kemampuan Berpikir Kreatif Siswa pada Materi Pencemaran Lingkungan. Jurnal Program Studi Pendidikan Biologi, 9(9), 28– 43.

The George Lucas Educational Fondation. (2005). Instructional Module Project Based Learning.

Widodo, A. (2021). Pembelajaran Ilmu Pengetahuan Alam. Bandung: UPI Press.




DOI: http://dx.doi.org/10.25157/j-kip.v5i1.13647

Refbacks

  • Saat ini tidak ada refbacks.