PENGARUH PENERAPAN STRATEGI PEMBELAJARAN INKUIRI TERHADAP BERFIKIR KRITIS PESERTA DIDIK (Studi Quasi Eksperimen Di Kelas XI SMK PGRI Cikoneng Pada Kompetensi Dasar Melakukan Pencatatan Transaksi Kedalam Jurnal Umum Untuk Perusahaan Jasa)

Ninis Anisa, Ilah Ilah, Eni Rohaeni

Sari


Berfikir kritis dapat merangsang peserta didik untuk berpikir lebih rasional sehingga hasil yang diperoleh sesuai dengan fakta. Dengan kemampuan berfikir kritis peserta didik akan mampu memecahkan permasalahan dalam proses pembelajaran. Kemampuan berpikir kritis di SMK PGRI Cikoneng rendah, hal tersebut dilatarbelakangi oleh beberapa faktor, salah satunya pemilihan strategi pembelajaran yang kurang tepat. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui: 1) Perbedaan kemampuan berfikir kritis peserta didik yang menggunakan strategi pembelajaran inkuiri pada pengukuran awal (pretest) dan pengukuran akhir (posttest) di kelas eksperimen, 2) Perbedaan kemampuan berfikir kritis peserta didik yang menggunakan metode pembelajaran konvensional pada pengukuran awal (pretest) dan pengukuran akhir (posttest) di kelas kontrol. 3) Perbedaan kemampuan berfikir kritis peserta didik yang menggunakan strategi pembelajaran inkuiri dengan yang menggunakan metode pembelajaran konvensional pada pengukuran akhir (posttest). Metode penelitian yang digunakan adalah metode eksperimen jenis Quasi Eksperiment dengan desain nonequivalent control group design. Teknik yang digunakan dalam mengumpulkan data primer dan data sekunder dari SMK PGRI Cikoneng.Penelitian ini menghasilkan kesimpulan: 1) Terdapat perbedaan kemampuan berfikir kritis peserta didik yang menggunakan strategi pembelajaran inkuiri pada pengukuran awal (pretest) dan pengukuran akhir (posttest) di kelas eksperimen. 2) Terdapat perbedaan kemampuan berfikir kritis peserta didik yang menggunakan metode pembelajaran konvensional pada pengukuran awal (pretest) dan pengukuran akhir (posttest) di kelas kontrol. 3) Terdapat perbedaan kemampuan berfikir kritis peserta didik yang menggunakan strategi pembelajaran inkuiri dengan yang menggunakan metode pembelajaran konvensional pada pengukuran akhir (posttest).  Kata Kunci: Strategi Pembelajaran Inkuiri, Berpikir Kritis

Teks Lengkap:

PDF

Referensi


Arikunto, S. (2010). Prosedur Penelitian. Jakarta: Rineka Cipta

Putra, Andhika Rizka dan Hanggara, Angie. (2022). Analisis Data Kuantitatif. Kuningan:CV. Jakad Media Publishing

Sugiyono. (2012). Metode Penelitian Kombinasi (mixed methods). Bandung: Alfabeta

Azizah, Mira. (2018). Analisis keterampilan berfikir kritis peserta didik sekolah dasar pada pembelajaran matematika kurikulum 2013. Jurnal penelitian pendidikan 35(1), 61-69.

Tersedia: https://ejournal.unib.ac.id/pgsd/article/view/12972 [21 Mei 2021]

Bakri, Aburizal. (2021). Pengaruh model pembelajaran inkuiri terhadap kemampuan berfikir kritis dan karakter peserta didik kelas VII SMP Negeri 3 Langsa. E-Journal eprints.unm.ac.id, 14(2), 1-9.

Tersedia: http://digilib.unimed.ac.id/46515 [19 Juli 2022]

Dhamayanti, Vadia Putri. (2022). Systematic literature review : Pengaruh strategi pembelajaran inkuiri terhadap kemampuan berfikir kritis peserta didik. Indonesian journal of education development, 1-11.

Tersedia: https://ojs.mahadewa.ac.id/index.php/ijed/article/view/1966 [31 Agustus 2022]

Fauziyah, Dewi. (2015). Penerapan strategi pembelajaran inquiry pada mata pelajaran ekonomi pokok bahasan pasar. Prosiding seminar nasional pendidikan ekonomi FE UNY, 1-11.

Tersedia: https://core.ac.uk/reader/33518620 [9 Mei 2015]

Ferawati. (2019). Analisis kemampuan berfikir kritis dan kreatif dalam pemecahan masalah matematika berdasarkan kemampuan matematika peserta didik kelas XII SMA Negeri 15 Makasar. E-Journal eprints.unm.ac.id, 1-11.

Tersedia:https://mail.jurnal.iainbone.ac.id/article/883 [10 Juli 2020]

Hadijah, Santih Anggereni. (2016). Pengembangan instrumen tes hasil belajar kognitif mata pelajaran fisika pada pokok bahasan momentum dan impuls SMA kelas XI. Jurnal pendidikan fisika 4(1), 1-5.

Tersedia:https://journal3.uinalauddin.ac.id/index.php/PendidikanFisika/article/view/3284

Maret 2016]

Nimah, Nurun. (2022). Analisis indikator berfikir kritis terhadap karakter rasa ingin tahu dalam kurikulum 2013. Institute for research and community services Universitas Muhammadiyah Palangkaraya, 120-121.

Tersedia: https://journal.umpr.ac.id/index.php/anterior/article/view/3220 [28 Februari 2022]

Nisa, Khoirun. (2022). Analisis kemampuan berfikir kritis peserta didik dalam menyelesaikan masalah matematika melalui model pembelajaran PBL. Kadikma 1(6), 1-6.

Tersedia: https://jurnal.unej.ac.id/index.php/kadikma/article/view/5471 [18 April 2016]

Prasetiyo, Bagas Muhammad. (2021). Strategi pembelajaran inkuiri sebagai strategi mengembangkan kemampuan berfikir kritis peserta didik, 1-11.

Tersedia: https://journal.unesa.ac.id/index.php/jpap/article/view/9318 [24 Juli 2020]

Retnawati, Heri. (2016). Analisis kuantitatif: instrumen penelitian. Parama Publishing, 8.

Tersedia: https:// Analisis+kuantitatif:+instrumen+penelitian&ots [2016]

Zain, Nur Islami Ulya. (2022). Pengaruh strategi pembelajaran inkuiri terhadap kemampuan berfikir kritis peserta didik kelas V pada mata pelajaran ipa. Volume 4 No. 2 Mei 2022, 1-6.

Tersedia: https://jppipa.unram.ac.id/index.php/jcar/article/view/1680 [31 Mei 2022]

Yunita, Rahma Erna . (2022). Pengaruh model pembelajaran Problem Basic Learning tipe inquiry terhadap kemampuan berfikir kritis peserta didik pada mata pelajaran ekonomi di SMA Negeri 1 Baregbeg:Ciamis, Universitas Galuh




DOI: http://dx.doi.org/10.25157/j-kip.v5i1.13651

Refbacks

  • Saat ini tidak ada refbacks.