PENGARUH PROFITABILITAS TERHADAP AUDIT DELAY (Studi Empiris pada Perusahaan-Perusahaan IDX30 yang Terdaftar di Bursa Efek Indonesia)

Ramda Nanfauziah, Yuyun Susanti, Nurrizqi Arifin

Sari


Latar belakang dalam penelitian ini adalah seberapa banyak waktu yang dibutuhkan oleh auditor agar dapat menyelesaikan audit laporan keuangan berdasarkan profitabilitas yang dimiliki oleh perusahaan dengan tepat waktu supaya laporan keuangan mengandung nilai dan manfaat yang terkandung di dalamnya serta tidak menimbulkan reaksi negatif. Tujuan dari penelitian yaitu untuk mengetahui: Profitabilitas. 2) Audit delay. 3) Pengaruh tingkat profitabilitas terhadap audit delay pada Perusahaan-Perusahaan IDX30 yang Terdaftar di Bursa Efek Indonesia. Metode penelitian yang digunakan metode pendekatan kuantitatif. Populasi sebanyak 30 emiten dengan kapitalisasi pasar besar yang terdaftar di Bursa Efek Indonesia tahun 2017-2021. Sampel diambil dengan menggunakan teknik purposive sampling berjumlah 14 perusahaan. Teknik analisis data dilakukan dengan Analisis Koefisien Korelasi Product Moment, Koefisien Determinasi dan Pengujian Hipotesis Uji t. Hasil penelitian menunjukkan bahwa Profitabilitas tidak berpengaruh terhadap audit delay, hal ini dibuktikan dengan uji t yang memperoleh nilai sebesar -3,3825. Dengan demikian dapat diketahui perbandingan antara thitung  dengan ttabel yaitu -3,3825 ≤ 1,9955. Dengan artian bahwa Profitabilitas tidak berpengaruh terhadap Audit Delay pada Perusahaan-Perusahaan IDX30 yang Terdaftar di Bursa Efek Indonesia Ssimpulan Penelitian: 1) Profitabilitas pada perusahaan-perusahaan IDX30 yang terdaftar di Bursa Efek Indonesia dari tahun 2017 sampai dengan 2021 mengalami fluktuatif atau tidak merata. 2) Audit delay pada perusahaan-perusahaan IDX30 yang terdaftar di Bursa Efek Indonesia sudah mencapai ketentuan yang diberlakukan BAPEPAM-LK yaitu kurang dari 120 hari atau bulan keempat), namun terdapat satu perusahaan yang melebihi ketentuan. 3) Tidak terdapat pengaruh yang signifikan antara profitabilitas terhadap audit delay pada perusahaan-perusahaan IDX30 yang terdaftar di Bursa Efek Indonesia. Hal ini berarti bahwa naik/turunnya profitabilitas tidak akan berpengaruh pada naik/turunnya audit delay. Kata Kunci: Profitabilitas, Audit Delay

Teks Lengkap:

PDF

Referensi


Apriyana, Nurahman. (2017). Pengaruh Profitabilitas, Solvabilitas, Ukuran Perusahaan Dan Ukuran Kap Terhadap Audit Delay Pada Perusahaan Properti Dan Real Estate Yang Terdaftar Di Bursa Efek Indonesia Periode 2013-2015. Yogyakarta: Universitas Negeri Yogyakarta.

Clarisa, S., & Pangerapan, S. (2019). Pengaruh Ukuran Perusahaan, Solvabilitas, Profitabilitas, Dan Ukuran KAP Terhadap Audit Delay. Jurnal EMBA, 8. https://scholar.google.com, diakses 9 Mei 2023.

Estrini, D. H., & Laksito, H. (2013). Faktor-Faktor Yang Mempengaruhi Audit Delay (Studi Empiris Pada Perusahaan Manufaktur Yang Terdaftar di BEI Tahun 2009-2011). Diponegoro Journal Of Accounting, 2. https://scholar.google.com, diakses 9 Mei 2023.

Houston, B. d. (2014). Dasar-Dasar Manajemen Keuangan. Jakarta: Salemba Empat.

Kasmir. (2020). Analisis Laporan Keuangan. Jakarta: Rajawali Pres.

Kusumah, Fitri Ayu. (2022). Pengaruh Profitabilitas Dan Solvabilitas Terhadap Audit Delay. Ciamis: Universitas Galuh.

Prof. Dr. Sugiyono. (2013). Statistika untuk Penelitian. Bandung: Alfabeta, CV.

Pratama, H. G. (2015). Pengaruh Ukuran KAP, Profitabilitas, Komite Audit, Ukuran Perusahaan, dan Leverage terhadap Audit Delay pada Perusahaan Manufaktur di BEI Tahun 2009-2013. Jurnal Akuntansi AKUNESA, 3. https://scholar.google.com, diakses 9 Mei 2023.




DOI: http://dx.doi.org/10.25157/j-kip.v5i1.13652

Refbacks

  • Saat ini tidak ada refbacks.