PROFIL PENYELESAIAN SOAL INDUKSI MATEMATIKA PADA MATA KULIAH MATEMATIKA DISKRIT DITINJAU DARI GAYA BELAJAR MAHASISWA PENDIDIKAN MATEMATIKA

Yosefin Rianita Hadiyanti, Pitriana Tandililing

Sari


Tujuan penelitian ini adalah: Untuk mendeskripsikan profil penyelesaian soal induksi matematika pada mata kuliah Matematika Diskrit mahasiswa Pendidikan Matematika dengan 1. gaya belajar visual; 2. gaya belajar auditorial; dan 3. gaya belajar kinestetik. Jenis penelitian ini adalah penelitian deskriptif dengan pendekatan kualitatif. Tempat penelitian dilaksanakan di Program Studi Pendidikan Matematika. Subjek penelitian ini semua mahasiswa yang mengontrak mata kuliah Matematika Diskrit Semester 4 yang berjumlah 23 orang. Hasil penelitian ini adalah: 1. Dari 10 mahasiswa yang memiliki gaya belajar visual ada 67% mahasiswa dapat menyelesaikan soal induksi matematika dengan melakukan 3 langkah penyelesaian soal induksi matematika dengan tepat, ada 13% mahasiswa dapat melakukan 2 langkah penyelesaian soal induksi matematika, dan ada 20% mahasiswa yang tidak dapat menyelesaikan soal induksi matematika; 2. Dari 13 mahasiswa yang memiliki gaya belajar auditorial ada 85% mahasiswa dapat menyelesaikan soal induksi matematika dengan melakukan 3 langkah penyelesaian soal induksi matematika dengan tepat, ada 10% mahasiswa dapat melakukan 2 langkah penyelesaian soal induksi matematika, dan ada 5% mahasiswa yang tidak dapat menyelesaikan soal induksi matematika; dan 3. Profil Penyelesaian Soal Induksi Matematika Mahasiswa Pendidikan Matematika yang mengontrak mata kuliah Matematika Diskrit dan memiliki Gaya Belajar Kinestetik tidak ada

Teks Lengkap:

PDF

Referensi


Chislett, V & Chapman, A. (2005). VAK Learning Styles Self-Assessment Questionnaire. http://www.businessballs.com. Diakses tanggal 3 Januari 2015.

Depdiknas. 2006. Permendiknas No 22 Tahun 2006 Tentang Standar Isi. Jakarta : Depdiknas.

Depotter, R. & Mike. 2001. Quantum Learning: Membiasakan Belajar Nyaman Dan Menyenangkan. Gramedia

Miles, M. B. & Huberman, A. M. 2009. Analisis Data Kualitatif: Buku Sumber Tentang Metode-Metode Baru. Jakarta: Ui Press

Saintif. 2020. Induksi Matematika : Konsep Materi, Contoh Soal, dan Pembahasan. https://saintif.com/induksi-matematika-konsep-materi-contoh-soal-dan- pembahasan/ diakses tanggal 30 Juli 2021.

Slameto. 2013. Belajar dan Faktor-Faktor Yang Mempengaruhi. Jakarta: Rineka Cipta

Suherman. 2001. Strategi Pembelajaran Matematika Kontemporer. Bandung: JICA Universitas Pendidikan Indonesia.

Susilo, M. J. 2009. Suskses Dengan Gaya Belajar. Yogyakarta:Pinus.




DOI: http://dx.doi.org/10.25157/j-kip.v5i2.14420

Refbacks

  • Saat ini tidak ada refbacks.