PENGARUH SELF-EFFICACY DAN LITERASI DIGITAL TERHADAP MOTIVASI BELAJAR MAHASISWA

Sovia Nurul Azizah, Lyesel Dwinta Putry, Dini Amelia Devi, Triesninda Pahlevi, Farij Ibadil Maula

Sari


Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh self-efficacy dan literasi digital terhadap motivasi belajar mahasiswa Pendidikan Administrasi Perkantoran Universitas Negeri Surabaya angkatan 2022. Motivasi belajar menjadi sorotan penting dalam menunjang keberhasilan perkuliahan. Kajian teoritis menunjukkan bahwa self-efficacy dan literasi digital berpengaruh positif terhadap motivasi belajar. Namun, belum ada penelitian yang menggabungkan kedua variabel tersebut dalam konteks pendidikan tinggi. Penelitian ini menggunakan metode kuantitatif dengan instrumen kuesioner melalui google form yang disebarkan kepada 65 mahasiswa sebagai sampel. Data dianalisis menggunakan SPSS dengan uji validitas, reliabilitas, normalitas, multikolinieritas, heteroskedastisitas, dan uji hipotesis. Hasil penelitian menunjukkan bahwa self-efficacy dan literasi digital memiliki pengaruh yang signifikan terhadap motivasi belajar mahasiswa Pendidikan Administrasi Perkantoran angkatan 2022 Universitas Negeri Surabaya. Implikasi dari penelitian ini adalah pentingnya meningkatkan self-efficacy dan literasi digital mahasiswa untuk mendorong motivasi belajar yang lebih baik dalam menghadapi tantangan perkuliahan di era digital.

Teks Lengkap:

PDF

Referensi


abdullah, K., Jannah, M., Aiman, U., Hasda, S., Fadilla, Z., Taqwin, Masita, Ardiawan, K. N., & Sari., M. E. (2021). Metodologi Penelitian Kuantitatif Metodologi Penelitian Kuantitatif. In Metodologi Penelitian Kuantitatif (Issue May).

Atkinson, J. W. (1957). Motivational Determinants Of Risk- Taking Behavior. Psychological Review, 64(6), 395–372. Https://Doi.Org/10.1111/Phib.12253

Buckingham, D. (2022). Defining Digital Literacy. Nordic Journal Of Digital Literacy, 17–44. Https://Doi.Org/10.4324/9781003011750-2

Dinata, K. B. (2021). Analisis Kemampuan Literasi Digital Mahasiswa Pendidikan Matematika Fakultas Keguruan Dan Ilmu Pendidikan. Edukasi: Jurnal Pendidikan, 19(1), 105–119. Https://Doi.Org/10.31571/Edukasi.V19i1.

Fahmeyzan, D., Soraya, S., & Etmy, D. (2018). Uji Normalitas Data Omzet Bulanan Pelaku Ekonomi Mikro Desa Senggigi Dengan Menggunakan Skewness Dan Kurtosi. Jurnal Varian, 2(1), 31–36. Https://Doi.Org/10.30812/Varian.V2i1.331

Harahap, J. Y., Hayati, R., & Yarshal, D. (2021). Pengaruh Self Efficacy Dalam Belajar Pada Mahasiswa Melalui Model Pembelajaran Diskusi Kelompok. Jurnal Pendidikan Tambusai, 5(3), 7828–7833.

Hendriyani, Y., Ronaldo, R., Irfan, D., Budayawan, K., & Zulhendra, Z. (2022). Pengaruh Literasi Digital, Dan Internet Addiction Terhadap Online Learning, Dan Dampak Selanjutnya Terhadap Motivasi Belajar Mahasiswa Departemen Teknik Elektronika. Voteteknika (Vocational Teknik Elektronika Dan Informatika), 10(4), 98. Https://Doi.Org/10.24036/Voteteknika.V10i4.119854

Islakhudin, A. (2012). Pengaruh Motivasi Belajar Terhadap Penggunaan Media Internet Di Kalangan Mahasiswa Program Studi Pendidikan Ekonomi Tahun Angkatan 2008 – 2010 Fakultas Keguruan Dan Ilmu Pendidikan Universitas Kristen Satya Wacana Salatiga Skripsi. 162007018.

Kajin, S. (2018). Engaruh Pembelajaran Berbasis Literasi Digital Terhadap Motivasi Dan Hasil Belajar Kognitif Di Mts N Mojosari Dan Mts N Sooko Mojokerto. Progressa: Journal Of Islamic Religious Instruction, 2(1), 133–142. Https://Doi.Org/10.32616/Pgr.V2.1.119.133-142

Kholid, K., & Darmawan, D. (2023). The Influence Of Digital Literacy And Learning Media Utilization On Student Learning Motivation. Fitrah: Journal Of Islamic Education, 4(2), 393–403. Https://Doi.Org/10.53802/Fitrah.V4i2.622

Lestari, S., Nurmalisa, Y., & Mentari, A. (2024). Pengaruh Literasi Digital Dan Minat Baca Terhadap Motivasi Belajar Generasi Z. Hemat: Journal Of Humanities Education Management Accounting And Transportation, 1(1), 22–30. Https://Doi.Org/10.57235/Hemat.V1i1.2062

Lianto. (2019). Self-Efficacy: A Brief Literature Review. Jurnal Manajemen Motivasi, 15(2), 55–61. Https://Doi.Org/10.29406/Jmm.V15i2.1409

Mawaddah, H. (2021). Analisis Efikasi Diri Pada Mahasiswa Psikologi Unimal. Jurnal Psikologi Terapan (Jpt), 2(2), 19. Https://Doi.Org/10.29103/Jpt.V2i2.3633

Mulyati, S. (2023). Pengaruh Komptensi Literasi Digital Dan Self Regulated Learning Terhadap Motivasi Belajar Mahasiswa. Jurnal Education And Development, 11(3), 210–216. Https://Doi.Org/10.37081/Ed.V11i3.5052

Naufal, H. A. (2021). Literasi Digital. Perspektif, 1(2), 195–202. Https://Doi.Org/10.53947/Perspekt.V1i2.32

Ririen, D., & Daryanes, F. (2022). Analisis Literasi Digital Mahasiswa. Research And Development Journal Of Education, 8(1), 210. Https://Doi.Org/10.30998/Rdje.V8i1.11738

Stevani, A. M., & Nugraheni, N. (2024). Optimalisasi Literasi Digital Untuk Mencapai Pendidikan Berkualitas Menuju Sustainable Development Goals (Sdgs) 2030. Jurnal Ilmiah Multidisiplin, 2(4), 216–222.

Sucitno, F., Sumarna, N., & Silondae, D. P. (2020). Pengaruh Self-Efficacy Terhadap Motivasi Belajar Pada Siswa. Jurnal Sublimapsi, 1(3), 114–119. Https://Doi.Org/10.36709/Sublimapsi.V1i3.14307

Sujana, A., & Rachmatin, D. (2019). Literasi Digital Abad 21 Bagi Mahasiswa Pgsd: Apa, Mengapa, Dan Bagaimana. Conference Series Journal, 1(1), 1–7. Https://Ejournal.Upi.Edu/Index.Php/Crecs/Article/View/14284

Suryani, L., Pendi, A., & B. Seto, S. (2020). Pengaruh Efikasi Diri Dan Kemandirian Belajar Terhadap Hasil Belajar Mata Kuliah Geometri Dasar Pada Mahasiswa Program Studi Pendidikan Matematika Universitas Flores. Aksioma : Jurnal Matematika Dan Pendidikan Matematika, 11(1), 17–26. Https://Doi.Org/10.26877/Aks.V11i1.6010

Wardani, N. K., Zulaikha, S., & Santosa, H. (2024). Literature Review: Self-Efficacy Terhadap Pengembangan Diri. In Prosiding Seminar Nasional Pendidikan Fkip Universitas Lampung, 294–301.

Widya, K. S., & Muwakhidah. (2021). Hubungan Antara Efikasi Diri Dengan Motivasi Belajar Pada Siswa Smp Negeri 1 Waru Di Masa Pandemi Covid-19. Prosiding Seminar & Lokakarya Nasional Bimbingan Dan Konseling 2021, 2(2), 68–76. Https://Ojs.Abkinjatim.Org/Index.Php/Ojspdabkin/Article/View/122%0ahttps://Ojs.Abkinjatim.Org/Index.Php/Ojspdabkin/Article/Download/122/108




DOI: http://dx.doi.org/10.25157/j-kip.v5i2.14502

Refbacks

  • Saat ini tidak ada refbacks.