PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN MATEMATIKA BERBASIS SITUS ASTANA GEDE KAWALI UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH MATEMATIS

Puteri Dewi Anggini, Angra Meta Ruswana, Lala Nailah Zamnah

Sari


Penelitian pengembangan ini bertujuan untuk menghasilkan produk media pembelajaran matematika berbasis situs Astana Gede Kawali serta mengetahui kevalidan, kepraktisan, keefektifan, respons peserta didik dan kualitas peningkatan kemampuan pemecahan masalah dari media tersebut. Materi yang diterapkan pada media pembelajaran ini adalah segitiga dan segi empat. Prosedur penelitian dan pengembangan yang digunakan adalah model pengembangan ADDIE yang terdiri dari 5 tahapan yaituAnalysis, Design, Development, Implementation, dan Evaluation. Instrumen pengumpulan data yang digunakan adalah lembarvalidasi, angket respons guru dan peserta didik, serta lembar tes kemampuan pemecahan masalah. Hasil penelitian aspek kevalidan dari angket validasi ahli materi memperoleh kategori “valid”, dan angket validasi ahli media memperoleh kategori “sangat valid”. Selanjutnya aspek kepraktisan dari analisis angket respons guru memperoleh kategori “sangat praktis”, dan aspek keefektifan dari hasil post-test peserta didik memperoleh kategori “efektif”. Selain itu, aspek ketertarikan ditinjau dari hasil angket respons peserta didik memperoleh kategori “sangat menarik”, dan kualitas peningkatan kemampuan pemecahan masalah matematis siswa memperoleh kategori “sedang”. Dengan demikian media pembelajaran matematika berbasis situs Astana Gede Kawali layak digunakan dalam pembelajaran.

Teks Lengkap:

PDF

Referensi


Akbar, S., & Holid, A. (2013). Instrumen Perangkat Pembelajaran (2nd ed.). PT Remaja Rosdakarya.Asfar, A. M. I. T., & Nur, S. (2018). Efektivitas Penerapan Model Pembelajaran Problem Posing and Solving (PPS) Terhadap Kemampuan Pemecahan Masalah Matematika. Silabi Education, 7(2), 124–132. http://ojs.stkipmuhammadiyahbone.ac.id/silabiAtsani, L. G. M. Z. (2020). Transformasi media pembelajaran pada masa pandemi Covid-19. AlHikmah: Jurnal Studi Islam, 1(1), 82–93. http://ejournal.kopertais4.or.id/sasambo/index.php/alhikmah/article/view/3905Aziz, H. (2019). Pengembangan Bahan Ajar. Universitas Negeri Padang.Dick, W., & Carey, L. (1996). The Systematic Design of Instruction (4th Ed.). New York : Harper Collins College Publishers.Firdaus, D. W. (2019). Pemanfaatan Situs Astana Gede Sebagai Sumber Belajar Mahasiswa. Jurnal Pendidikan Sejarah dan Ilmu Sejarah, 2(1), 63–76.Hayati, L. S., Zamnah, L. N., & Zakiah, N. E. (2022). Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis Pada Materi Spldv Ditinjau Dari Kecerdasan Logis Siswa Smp. J-KIP (Jurnal Keguruan dan Ilmu Pendidikan), 3(2), 358. https://doi.org/10.25157/j-kip.v3i2.6191

Kadaruddin. (2018). Mahir Desain Slide Presentasi dan Multimedia Pembelajaran Berbasis PowerPoint. Yogyakarta : CV. Budi Utama.Kamin, V. A., Andinny, Y., & Ramadani, I. (2021). Analisis Kemampuan Pemahaman Konsep Matematika Materi Fungsi Komposisi dan Invers Kelas X. Prosiding Diskusi Panel Nasional Pendidikan Matematika, 189–200.Khuzaini, N., & Santosa, R. H. (2016). Pengembangan Multimedia Pembelajaran Trigonometri Menggunakan Adobe Flash CS3 untuk Siswa SMA. Jurnal Riset Pendidikan Matematika, 3(1), 88–99. https://doi.org/10.21831/jrpm.v3i1.9681Maulana, M., Zamnah, L. N., & Amam, A. (2021). Pengembangan Bahan Ajar Berbasis Aplikasi Geogebra Pada Materi Bangun Ruang Sisi Datar Berdasarkan Kemampuan Pemahaman Matematis Siswa. J-KIP (Jurnal Keguruan dan Ilmu Pendidikan), 2(2), 1. https://doi.org/10.25157/j-kip.v2i2.5203Nachsyahbandi, F. S., Amam, A., & Solihah, S. (2023). Multimedia Pembelajaran Sistem Persamaan Linear Tiga Variabel Menggunakan Konteks Makanan Khas Ciamis. J-KIP (Jurnal Keguruan dan Ilmu Pendidikan), 4(1), 217. https://doi.org/10.25157/j-kip.v4i1.8910Nurullita, S. L., Amam, A., & Zakiah, N. E. (2022). Pengembangan Instrumen Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis Siswa Berbasis Makanan Khas Daerah Ciamis. J-KIP (Jurnal Keguruan dan Ilmu Pendidikan), 3(3), 725. https://doi.org/10.25157/j-kip.v3i3.8753Pranajaya, D., Nurhayati, N., & Prihatingtyas, N. C. (2020). Analisis Kemampuan Pemahaman Konsep Matematis Ditinjau Dari Minat Belajar Siswa Pada Materi Himpunan Kelas VII SMP Negeri 8 Singkawang. Journal of Educational Review and Research, 3(2), 86–98. https://doi.org/10.26737/jerr.v3i2.2147Pratama, R. A., & Saregar, A. (2019). Pengembangan Lembar Kerja Peserta Didik (LKPD) Berbasis Scaffolding Untuk Melatih Pemahaman Konsep. Indonesian Journal of Science and Mathematics Education, 2(1), 84–97. https://doi.org/10.24042/ijsme.v2i1.3975Ruswana, A. M. (2017). Penerapan Pembelajaran Peer Instruction With Structured Inquiry (Pisi) Untuk Meningkatkan Kemampuan Pemahaman Matematis Siswa. TEOREMA : Teori dan Riset Matematika, 2(1), 37–48. https://doi.org/10.25157/teorema.v1i1.124Sugiyono. (2019). Metode Penelitian dan Pengembangan (Research and Development/R&D), Cetakan Keempat. Penerbit Alfabeta.Suharsimi, A. (2013). Dasar - Dasar Evaluasi Pendidikan. Jakarta : PT Bumi Aksara.Sumartini, T. S. (2016). Peningkatan Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis Siswa Melalui Pembelajaran Berbasis Masalah. Mosharafa: Jurnal Pendidikan Matematika STKIP Garut, 5(2), 148–158.Sundayana, R. (2016). Statistika Penelitian Pendidikan. Bandung: Alfabeta.Susanto. (2015). Pemahaman Pemecahan Masalah Berdasar Gaya Kognitif. Deepublish.Zamnah, L. N. (2017). Hubungan Antara Self-Regulated Learning Dengan Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis Pada Mata Pelajaran Matematika Kelas Viii Smp Negeri 3 Cipaku Tahun Pelajaran 2011/2012. Teorema, 1(2), 31. https://doi.org/10.25157/.v1i2.549




DOI: http://dx.doi.org/10.25157/j-kip.v5i1.14579

Refbacks

  • Saat ini tidak ada refbacks.


##submission.license.cc.by-nc-sa4.footer##