PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN MATEMATIKA BERBASIS SITUS ASTANA GEDE KAWALI UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH MATEMATIS
Sari
Teks Lengkap:
PDFReferensi
Akbar, S., & Holid, A. (2013). Instrumen Perangkat Pembelajaran (2nd ed.). PT Remaja Rosdakarya.Asfar, A. M. I. T., & Nur, S. (2018). Efektivitas Penerapan Model Pembelajaran Problem Posing and Solving (PPS) Terhadap Kemampuan Pemecahan Masalah Matematika. Silabi Education, 7(2), 124–132. http://ojs.stkipmuhammadiyahbone.ac.id/silabiAtsani, L. G. M. Z. (2020). Transformasi media pembelajaran pada masa pandemi Covid-19. AlHikmah: Jurnal Studi Islam, 1(1), 82–93. http://ejournal.kopertais4.or.id/sasambo/index.php/alhikmah/article/view/3905Aziz, H. (2019). Pengembangan Bahan Ajar. Universitas Negeri Padang.Dick, W., & Carey, L. (1996). The Systematic Design of Instruction (4th Ed.). New York : Harper Collins College Publishers.Firdaus, D. W. (2019). Pemanfaatan Situs Astana Gede Sebagai Sumber Belajar Mahasiswa. Jurnal Pendidikan Sejarah dan Ilmu Sejarah, 2(1), 63–76.Hayati, L. S., Zamnah, L. N., & Zakiah, N. E. (2022). Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis Pada Materi Spldv Ditinjau Dari Kecerdasan Logis Siswa Smp. J-KIP (Jurnal Keguruan dan Ilmu Pendidikan), 3(2), 358. https://doi.org/10.25157/j-kip.v3i2.6191
Kadaruddin. (2018). Mahir Desain Slide Presentasi dan Multimedia Pembelajaran Berbasis PowerPoint. Yogyakarta : CV. Budi Utama.Kamin, V. A., Andinny, Y., & Ramadani, I. (2021). Analisis Kemampuan Pemahaman Konsep Matematika Materi Fungsi Komposisi dan Invers Kelas X. Prosiding Diskusi Panel Nasional Pendidikan Matematika, 189–200.Khuzaini, N., & Santosa, R. H. (2016). Pengembangan Multimedia Pembelajaran Trigonometri Menggunakan Adobe Flash CS3 untuk Siswa SMA. Jurnal Riset Pendidikan Matematika, 3(1), 88–99. https://doi.org/10.21831/jrpm.v3i1.9681Maulana, M., Zamnah, L. N., & Amam, A. (2021). Pengembangan Bahan Ajar Berbasis Aplikasi Geogebra Pada Materi Bangun Ruang Sisi Datar Berdasarkan Kemampuan Pemahaman Matematis Siswa. J-KIP (Jurnal Keguruan dan Ilmu Pendidikan), 2(2), 1. https://doi.org/10.25157/j-kip.v2i2.5203Nachsyahbandi, F. S., Amam, A., & Solihah, S. (2023). Multimedia Pembelajaran Sistem Persamaan Linear Tiga Variabel Menggunakan Konteks Makanan Khas Ciamis. J-KIP (Jurnal Keguruan dan Ilmu Pendidikan), 4(1), 217. https://doi.org/10.25157/j-kip.v4i1.8910Nurullita, S. L., Amam, A., & Zakiah, N. E. (2022). Pengembangan Instrumen Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis Siswa Berbasis Makanan Khas Daerah Ciamis. J-KIP (Jurnal Keguruan dan Ilmu Pendidikan), 3(3), 725. https://doi.org/10.25157/j-kip.v3i3.8753Pranajaya, D., Nurhayati, N., & Prihatingtyas, N. C. (2020). Analisis Kemampuan Pemahaman Konsep Matematis Ditinjau Dari Minat Belajar Siswa Pada Materi Himpunan Kelas VII SMP Negeri 8 Singkawang. Journal of Educational Review and Research, 3(2), 86–98. https://doi.org/10.26737/jerr.v3i2.2147Pratama, R. A., & Saregar, A. (2019). Pengembangan Lembar Kerja Peserta Didik (LKPD) Berbasis Scaffolding Untuk Melatih Pemahaman Konsep. Indonesian Journal of Science and Mathematics Education, 2(1), 84–97. https://doi.org/10.24042/ijsme.v2i1.3975Ruswana, A. M. (2017). Penerapan Pembelajaran Peer Instruction With Structured Inquiry (Pisi) Untuk Meningkatkan Kemampuan Pemahaman Matematis Siswa. TEOREMA : Teori dan Riset Matematika, 2(1), 37–48. https://doi.org/10.25157/teorema.v1i1.124Sugiyono. (2019). Metode Penelitian dan Pengembangan (Research and Development/R&D), Cetakan Keempat. Penerbit Alfabeta.Suharsimi, A. (2013). Dasar - Dasar Evaluasi Pendidikan. Jakarta : PT Bumi Aksara.Sumartini, T. S. (2016). Peningkatan Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis Siswa Melalui Pembelajaran Berbasis Masalah. Mosharafa: Jurnal Pendidikan Matematika STKIP Garut, 5(2), 148–158.Sundayana, R. (2016). Statistika Penelitian Pendidikan. Bandung: Alfabeta.Susanto. (2015). Pemahaman Pemecahan Masalah Berdasar Gaya Kognitif. Deepublish.Zamnah, L. N. (2017). Hubungan Antara Self-Regulated Learning Dengan Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis Pada Mata Pelajaran Matematika Kelas Viii Smp Negeri 3 Cipaku Tahun Pelajaran 2011/2012. Teorema, 1(2), 31. https://doi.org/10.25157/.v1i2.549
DOI: http://dx.doi.org/10.25157/j-kip.v5i1.14579
Refbacks
- Saat ini tidak ada refbacks.
##submission.license.cc.by-nc-sa4.footer##