PENGARUH MODEL PROBLEM BASED LEARNING BERBANTUAN MIND MAPPING TERHADAP KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS SISWA DI SMK
Sari
Teks Lengkap:
PDFReferensi
Anggita, A. S., Sumiati, A., Zulaihati, A., & Respati, D. K. (2022). Analisis model learning cycie 7e dan problem based learning terhadap kemampuan berpikir kritis dalam mata pelajaran akuntansi di SMK Persada Husada Indonesia kota Bekasi. Jurnal Ilmiah Edunomika, 6 (1), 1-9.
Apriani, R., Irwandi & Pariyanto. (2019). Kemampuan Berpikir Kritis Siswa pada Mata Pelajaran Biologi dengan Menggunakan Problem Based Learning (PBL) dan Project Based Learning (PjBL) di SMAN 2 Bengkulu Tengah. Seminar Nasional Sains & Entrepreneurship, 1 (1), 1-8.
Arends, etc. (2010). Teaching for student learning. New York: Routledge.
Asniar, Nurhayati & Khaeruddin. (2022). Analisis keterampilan berpikir kritis dalam pembelajaran fisika pesrta didik di sman 11 makassar. Jurnal Sains dan Pendidikan Fisika (JSPF), 18 (2), 140-151.
Buzan, T. (2005). Buku Pintar Mind Maps. Jakarta: Gramedia.
Gredler. (2011). Learning and instruction: teori dan aplikasi: edisi keenam. Alih Bahasa oleh Tri Bowo B.S. Jakarta: Kencana.
Hidayati, T. P., Sutresna, Y. & Warsono. (2021). Efektivitas penggunaan model problem based learning berbantuan mind mapping terhadap keterampilan proses sains siswa. Jurnal Pendidikan Biologi, 9 (1), 1-10.
Jiwandono, N. R. (2019). Kemampuan berpikir kritis (critical thinking) mahasiswa semester 4 (empat) pada mata kuliah psikolinguistik. Ed-Humanistics, 4 (1), 464-467.
Juwantara, R.A. (2019). Analisis teori perkembangan kognitif Piaget pada tahap anak usia operasional konkret 7-12 tahun dalam pembelajaran matematika. Jurnal Ilmiah Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah, 9 (1), 27-34.
Kartimi & Liliasari. (2014). Pengembangan alat ukut berpikir kritis pada konsep termokimia untuk siswa sma peringkat atas dan menengah. Jurnal Pendidikan IPA Indonesia, 1 (1), 21-26.
Kemendikbud. (2023). Peringkat Indonesia pada PISA 2022. Diperoleh pada tanggal 21 Februari 2024 dari https://www.kemdikbud.go.id/main/blog/2023/12/peringkat-indonesia-pada-pisa-2022-naik-56-posisi-dibanding-2018.
Lase, N. K. (2021). Implementasi model pembelajaran berbasis masalah berbantuan mind mapping pada mata kuliah genetika. Jurnal Edumaspul, 5 (2), 903-911.
Ma’ruf, A. H., Syafi’I & Kusuma, A. P. (2019). Pengaruh model pembelajaran mind mapping berbasis hots terhadap motivasi dan hasil belajar siswa. Jurnal Pendidikan Matematika, 8 (3), 503-514.
Meriani, Khairil & Kasmirudin (2019). Kemampuan Berpikir Kritis Siswa dalam Penerapan Model Pembelajaran Problem Based Learning (PBL) dan Project Based Learning (PjBL) Pada Pembelajaran Biologi di SMA Negeri 1 Kepahiang. Seminar Nasional Sains & Entrepreneurship, 1 (1), 1-9.
Mukti, T. S. & Istiyono, E. (2018). Penilaian kemampuan berpikir kritis peserta didik sma negeri mata pelajaran biologi kelas x. Jurnal Pendidikan Biologi, 11 (2), 107-112.
Piaget, J. (1978). Piaget's theory of intelligence. Englewood cliffs, NJ: Prentice Hall.
Priyadi, R. P., Mustajab, A., Tatsar, M. Z. & Kusairi, S. (2018). Analisis kemampuan berpikir kritis siswa sma kelas x dalam pembelajaran fisika. Jurnal Pendidikan Fisika Tadulako Online, 6 (1), 53-55.
Ratnasari, D., Santoso, J. T. & Kardoyo. (2022). Pengaruh pembelajaran pbl berbasis mind mapping terhadap hasil belajar mata pelajaran ekonomi. Jurnal Satya Widya, 38 (2), 153-161.
Sugiyono. (2022). Metode penelitian pendidikan (penelitian kuantitatif, kualitatif, dan R & D). Alfabeta: Bandung.
Tan, H. C. (2019, Oktober). Using a structured collaborative learning approach in a case based management accounting course. Journal of Accounting Education, 1-19.
Wibowo, D. C., dkk. (2022). Analisis kemampuan berpikir kritis siswa dalam menyelesaikan soal cerita pada mata pelajaran matematika. Jurnal Ilmiah Aquinas, 5 (1), 152-161.
DOI: http://dx.doi.org/10.25157/j-kip.v5i2.14622
Refbacks
- Saat ini tidak ada refbacks.