PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN PROJECT BASED LEARNING TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA PADA MATERI DOKUMEN BERBASIS DIGITAL KELAS X MPLB SMKN MOJOAGUNG

Mega Kristina, Triesninda Pahlevi

Sari


Penelitian ini dilatarbelakangi oleh adanya 25,5% siswa yang gagal mencapai nilai Kriteria Ketuntasan Minimal (KKM) pada mata pelajaran dokumen berbasis digital yang tercermin pada nilai PTS Semester 1 kelas X MPLB SMKN Mojoagung. Hasil observasi menunjukkan bahwa kelas X mengikuti kurikulum merdeka. Namun proses pengajaran materi dokumen digital masih menggunakan metode konvensional atau ceramah. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran berbasis proyek terhadap hasil belajar siswa pada mata pelajaran dokumen berbasis digital kelas X MPLB. Penelitian ini merupakan penelitian Quasi Eksperimental dengan pendekatan kuantitatif, menggunakan desain pre-test dan post-test with non-equivalent control-group. Hasil analisis Independent Sample T-Test menunjukkan nilai signifikansi (2-tailed) sebesar 0,001 < 0,05 yang artinya model pembelajaran berbasis proyek berpengaruh signifikan terhadap hasil belajar siswa pada mata pelajaran dokumen berbasis digital kelas X MPLB SMKN Mojoagung.Kata Kunci: Pembelajaran Berbasis Proyek, Hasil Belajar, Dokumen Berbasis Digital.

Teks Lengkap:

PDF

Referensi


Aditya Firdaus, M., Jamal, M. Y. S., & Arifin, B. S. (2023). Improving Student Learning Outcomes Through Project-Based Learning in Islamic Religion Lessons. Tafkir: Interdisciplinary Journal of Islamic Education, 4(2), 241–254. https://doi.org/10.31538/tijie.v4i2.400

Apriadi, P. F., Sudjimat, D. A., & Yoto. (2020). Project-based learning to improve learning outcomes and 21st century skills of vocational high school students competency of light vehicle engineering skills. Journal of Physics: Conference Series, 1700(1). https://doi.org/10.1088/1742-6596/1700/1/012046

Barus, D. R. (2019). Model-Model Pembelajaran Yang Disarankan Untuk Tingkat Smk Dalam Menghadapi Abad 21. Universitas Negeri Medan, 1-13. http://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/38932

Bendah, A., Sumayku, J., & Mewengkang, A. (2022). Pengaruh Project Based Learning Terhadap Hasil Belajar Sistem Komputer Siswa SMK. Edutik : Jurnal Pendidikan Teknologi Informasi Dan Komunikasi, 2(5), 675–685. https://doi.org/10.53682/edutik.v2i5.5853

Cholilah, M., Tatuwo, A. G. P., Komariah, & Rosdiana, S. P. (2023). Pengembangan Kurikulum Merdeka Dalam Satuan Pendidikan Serta Implementasi Kurikulum Merdeka Pada Pembelajaran Abad 21. Sanskara Pendidikan Dan Pengajaran, 1(02), 56–67. https://doi.org/10.58812/spp.v1i02.110

Ekasari, E. R. R., & Trisnawati, N. (2020). Pengaruh Model Pembelajaran Auditory Intellectually Repetition (AIR) terhadap Hasil Belajar Siswa Kelas X OTKP di SMKN 2 Buduran. Jurnal Pendidikan Administrasi Perkantoran (JPAP), 9(1), 236–245. https://doi.org/10.26740/jpap.v9n1.p236-245

Faradhillah, F., & Zahara, S. R. (2021). The Aplication of Learning Models of Project Based Learning to Improve Students’ Learning Outcomes in Post-Legal Materials. International Journal for Educational and Vocational Studies, 3(3), 186. https://doi.org/10.29103/ijevs.v3i3.4308

Hastjarjo, T. D. (2019). Rancangan Eksperimen-Kuasi. Buletin Psikologi, 27(2), 187. https://doi.org/10.22146/buletinpsikologi.38619

Ibrahim. (2017). Perpaduan Model Pembelajaran Aktif Konvensional (Ceramah) dengan Cooperatif (Make-a Match) untuk Meningkatkan Hasil Belajar Pendidikan Kewarganegaraan. Jurnal Ilmu Pendidikan Sosial, Sains, Dan Humaniora, 3(2), 7.

Manalu, J. B., Sitohang, P., Heriwati, N., & Turnip, H. (2022). Prosiding Pendidikan Dasar Pengembangan Perangkat Pembelajaran Kurikulum Merdeka Belajar. Mahesa Centre Research, 1(1), 80–86. https://doi.org/10.34007/ppd.v1i1.174

Mulyono, H., & Agustin, E. E. (2020). Pengaruh Model Pembelajaran Project Based Learning Terhadap Hasil Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran Pemrograman Dasar di SMK Muhammadiyah 1 Padang. JIPI (Jurnal Ilmiah Penelitian Dan Pembelajaran Informatika), 5(1), 20. https://doi.org/10.29100/jipi.v5i1.1518

Namira, R., Arianto, J., & Hardian, M. (2023). The Effect of Project Based Learning Model on Learning Outcomes of Pancasila and Civic Education of State Vocational High School Students 1 Rambah, Rokan Hulu Regency. JETISH: Journal of Education Technology Information Social Sciences and Health, 2(2), 1865–1871. https://doi.org/10.57235/jetish.v2i2.682

Nasution, S. (1982). Berbagai Pendekatan Dalam Proses Belajar Mengajar. Edisi Pertama. Jakarta: Bina Aksara

Notoatmodjo, Soekidjo. (2010). Metodologi Penelitian Kesehatan. Jakarta: Rineka Cipta

Puspitarini, D. (2022). Blended Learning sebagai Model Pembelajaran Abad 21. Ideguru: Jurnal Karya Ilmiah Guru, 7(1), 1–6. https://doi.org/10.51169/ideguru.v7i1.307

Putra, E., & Mesin, J. T. (2023). Pengaruh Pembelajaran Project Based Learning Siswa Smk Negeri 1 Sumatera Barat Pada Hasil Belajar Teknik Pemesinan Bubut the Effect of Project Based Learning Students of Vocational School Negeri 1 West Sumatera on Lathe Machinery Engineering Learning Resu. Jurnal VOMEK, 5(1), 38–43.

Putri, A. I., & Wrahatnolo, T. (2019). Pengaruh Model Pembelajaran Project Based Learning (PjBL) Terhadap Hasil Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran Iinstalasi Penerangan Listrik Di SMKN 3 Jombang. Jurnal Pendidikan Teknik Elektro, 08(3), 459–463.

Rahayu, E. M. (n.d.). Implementasi Model Project Based Learning dalam Pembelajaran Mata Kuliah Instructional Designs pada Mahasiswa Program Studi Pendidikan Bahasa Inggris Universitas PGRI Adi Buana Surabaya.

Sabbok, M. (2021). Peningkatan Hasil Belajar Siswa Kelas IV Dengan Penerapan Project Based Learning di SD Negeri Inpres Kayobunga Semester Ganjil Tahun Pelajaran 2018/2019. Jurnal Merdeka Belajar, 2(1), 55-61.

Safrina, K., & Ahmad, A. (n.d.). Peningkatan Kemampuan Pemecahan Masalah Geometri melalui Pembelajaran Kooperatif Berbasis Teori Van Hiele. 9–20.

Sahron & Baharudin (2021). PENGARUH MODEL BELAJAR PROJECT BASED LEARNING ( PJBL ) TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN INSTALASI TENAGA LISTRIK SISWA KELAS XI di SMK Negeri 1 Percut Sei Tuan TA 2019/2020. 1(1), 18–25.

Selviana, M., & Puspasari, D. (2023). Analyzing the Application of the Problem-Based Learning Model in Office Management and Business Services Subjects. Journal of Office Administration : Education and Practice, 3(2), 84–94. https://doi.org/10.26740/joaep.v3n2.p84-94

Sherly, Dharma, E., & Sihombing, H. B. (2020). Merdeka belajar: kajian literatur. UrbanGreen Conference Proceeding Library, 1.

Silpia, L. (2019). Pengaruh model pembelajaran project based learning (PjBL) terhadap motivasi dan prestasi belajar peserta didik materi sistem peredaran darah manusia elas VIII MTS AN-NUR palangka raya. Jurnal Pendidikan Tadris Biologi, 1–103.

Sugiyono. (2010). Metode Penelitian Pendidikan Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung: Alfabeta

Sugiyono. (2013). Metode Penelitian Pendidikan Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif, Dan R&D. Bandung: Alfabeta

Syukriah, S., Nurmaliah, C., & Abdullah, A. (2020). The implementation of project-based learning model to improve students’ learning outcomes. Journal of Physics: Conference Series, 1460(1). https://doi.org/10.1088/1742-6596/1460/1/012064

Trianto. (2014). Mendesain Model Pembelajaran Inovatif, Progresif dan Kontekstual. Jakarta: Prenadamedia Group.

Yahya, S. A., & Irfan, D. (2018). PENGARUH PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN PjBL TERHADAP HASIL BELAJAR MATA PELAJARAN TKBGT SISWA KELAS X TEKNIK MEKATRONIKA SMK NEGERI 1 SUMATERA BARAT. Voteteknika (Vocational Teknik Elektronika Dan Informatika), 6(2), 61. https://doi.org/10.24036/voteteknika.v6i2.102198




DOI: http://dx.doi.org/10.25157/j-kip.v5i2.14674

Refbacks

  • Saat ini tidak ada refbacks.