EKSPLORASI MITOS MELALUI PENDIDIKAN: PERSPEKTIF BUDAYA DAN PEMBELAJARAN

Elyakim Nova Supriyedi Patty, Marlina Marlina, Sri Astuti Iriyani, Ekal Syahrian, M Firdaus Isnain, Salwa Rania

Sari


Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis struktur dan nilai-nilai yang terkandung dalam mitos-mitos lokal serta mengidentifikasi relevansinya dalam konteks pendidikan. Menggunakan pendekatan kualitatif struktural, data dikumpulkan melalui wawancara mendalam dan observasi terhadap narasumber yang memiliki pemahaman mendalam tentang mitos-mitos seperti "Perak Api," "Putri Mandalika," dan "Duduk di Sembarangan Tempat bagi Ibu Hamil." Hasil penelitian menunjukkan bahwa mitos-mitos ini mengandung nilai-nilai moral, etika, dan sosial yang signifikan, yang dapat diintegrasikan dalam proses pembelajaran untuk membentuk karakter dan memperkuat nilai-nilai sosial pada siswa. Analisis struktural mengungkapkan elemen-elemen naratif dan tematik yang membangun setiap mitos, sementara analisis tematik mengidentifikasi nilai-nilai yang relevan dengan teori pembelajaran. Kesimpulan penelitian ini menegaskan pentingnya integrasi nilai-nilai budaya lokal dalam kurikulum pendidikan untuk menciptakan individu yang berkarakter kuat dan berkontribusi positif dalam masyarakat

Teks Lengkap:

PDF

Referensi


Dasuki, M. R., & others. (2024). UNPAM PRESS. Meneroka Jalinan Filsafat Ilmu Dalam Konteks Pembelajaran, Bahasa, Sastra, Dan Sosial Budaya, 34.

Dr. Ir. Anthony Anggrawan, M.T., P. D., Marlina, M.Pd., Elyakim, Nova Supriyedi Patty, S.Si., M.Pd., Irhas, M.Pd., Muti’ah, M.Pd., Abdul

Rahim, S.Pd., M.Pd., Bidari Andaru Widhi, S. S., M. Pd., & Yuliana Sesi Bitu, M. P. (2023). Teori Belajar dan Pembelajaran (M. P. Agustina

Purnami Setiawi, S.Pd. (ed.); 1st ed.). PT Rajawali Media Utama.

Herlambang, Y. T. (2021). Pedagogik: Telaah kritis ilmu pendidikan dalam multiperspektif. Bumi Aksara.

Iriyani, S. A., Pd, S. I., Pd, M., Hadi, H. S., Pd, S., Pd, M., Pd, S., Pd, M., Nova, E., Patty, S., Si, S., Pd, M., Kom, M., & Pd, M. (2023). FILSAFAT PENDIDIKAN (Edisi 1). Uwais Inspirasi Indonesia.

Mahfadil, F. (n.d.). Analisis Semiotik Foto Yang Bertemakan Friendship Pada Rubrik Fotografi Majalah Moslem Girls Indonesia Edisi 004/Tahun 2012.

Mustakim, A., Hariyadi, B., Hamidah, A., Asra, R., Sukmono, T., & Effendi, H. (2024). EKSPLORASI KONSEP IPA PADA TRADISI DAN PENGETAHUAN LOKAL SUKU DUANO JAMBI. Integrated Science Education Jurnal, 5(1), 800.

Nafsaka, Z., Kambali, K., Sayudin, S., & Astuti, A. W. (2023). Dinamika Pendidikan Karakter Dalam Perspektif Ibnu Khaldun: Menjawab Tantangan Pendidikan Islam Modern. Jurnal Impresi Indonesia, 2(9), 903–914.

Oktarika, D. (2023). Konsep Keabadian dan Waktu dalam Perspektif Pemikiran Islam. Al-Hikmah: Jurnal Theosofi Dan Peradaban Islam, 5(1).

Patty, E. N. S., Anggrawan, A., Satria, C., Wardhana, H., Susilowati, D., Iriyani, S. A., & Rahim, A. (2023). Edukasi Pentingnya Pendidikan bagi Anak di Dusun Salut Kendal. 4(1), 173–180. https://doi.org/10.30812/adma.v4i1.3024

Patty, E. N. S., Iriyani, S. A., Hadi, H. S., Abdulrahim, A., & ... (2023). Analisis Bibliometrik Profesionalisme Guru: Penelitian Menggunakan Aplikasi Vosviewer. Jurnal Simki …. https://www.jiped.org/index.php/JSP/article/view/277

Patty, E. N. S., Iriyani, S. A., Hadi, H. S., Marlina, M., & Ria, R. R. P. (2024). The Impact of Teacher Experience and Motivation on the Performance of Elementary School Teachers in Wawo District, Bima, NTB. Jurnal Simki Pedagogia, 7(1), 1–12.

Patty, E. N. S., Samidjo, S., & Sumadi, S. (2017). Pengaruh Pengalaman Guru Dan Kepemimpinan Kepala Sekolah Terhadap Kinerja Guru. Jurnal Edukasi Sumba (JES), 1(1), 29–39. https://doi.org/10.53395/jes.v1i1.8

Pratama, A., Wirman, W., & Ryandi, R. (2023). Korelasi Kearifan Lokal dengan Kepercayaan Lokal terhadap Tolak Bala di Paluta. YASIN, 3(6), 1358–1369.

Swastiwi, A. W. (2024). Globalisasi dan Media: Konvergensi Budaya dan Komunikasi. PT Indonesia Delapan Kreasi Nusa.

Syur’aini, S. (2020). Meyingkap Tabir PAIKEMM dalam Pendidikan Nonformal.

Triwulandari, N. G. A. A. M. (2020). Problematika Pemberian Bantuan Hukum Struktural Dan Non Struktural Kaitannya Dengan Asas Equality Before The Law. Jurnal Ilmiah Kebijakan Hukum, 14(3), 539–552.

Warni, W., Suryani, I., Afria, R., & Wardhani, A. K. (2022). Analisis Struktural Gurindam 12: Kajian Filologi. Prosiding Seminar Nasional Humaniora, 2, 38–47.

Widhi, B. A., Susilowati, D., Anggrawan, A., & Wardhana, H. (2023). Peran Pendidikan dalam Tantangan Era Revolusi Industri 4 . 0 menuju Era Revolusi Industri 5 . 0. 4(1), 63–72. https://doi.org/10.30812/adma.v4i1.3071




DOI: http://dx.doi.org/10.25157/j-kip.v5i2.14714

Refbacks

  • Saat ini tidak ada refbacks.