EFEKTIVITAS PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE SCRAMBLE BERBANTUAN FLASH CARD DALAM MELATIH KEMAMPUAN KOLABORATIF

Zahra Nabilah Putri, Warsono Warsono, Nur Ilmiyati

Sari

Penelitian ini dilatar belakangi oleh rendahnya partisipasi aktif peserta didik dalam proses pembelajaran dan kurangnyaevaluasi mengenai kemampuan kolaboratif peserta didik. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui efektivitaspenerapan model pembelajaran kooperatif tipe scramble berbantuan flash card dalam melatih kemampuan kolaboratif.Waktu penelitian pada bulan Februari sampai Mei 2024. Populasi penelitian ini adalah seluruh kelas X IPA SMA Negeri 1Kawali. Sampel yang digunakan yaitu kelas X IPA 1 dengan jumlah 36 peserta didik. Teknik pengambilan sampelmenggunakan teknik purposive sampling. Metode yang digunakan pada penelitian ini adalah metode penelitian deskriptifmelalui pendekatan kuantitatif. Desain penelitian ini menggunakan one-shot case study design. Instrumen yangdigunakan dalam penelitian ini berupa lembar observasi berdasarkan indikator yang telah ditentukan. Data yangdiperoleh dengan hasil persentase menunjukkan bahwa penerapan model pembelajaran kooperatif tipe scrambleberbantuan flash card efektif dalam melatih kemampuan kolaboratif peserta didik. Hal ini ditunjukkan pada hasilpersentase rata-rata yang mendapatkan nilai dengan kriteria baik yaitu 30,6%, dan yang mendapat nilai dengan kriteriasangat baik yaitu 69,4%.Kata Kunci: Kemampuan Kolaboratif, Media Flash Card, Model Pembelajaran Kooperatif, Scramble.

Teks Lengkap:

PDF

Referensi

Amin, & Sumendap, L, Y, S. (2022). 164 Model Pembelajaran Kontemporer. Bekasi. LPPM UI 45.

Erviani, I., Hambali, H., & Thahir, R. (2022). Pengaruh Model Pembelajaran Kooperatif Tipe TGT (Team Games Tournament) Berbantuan Media Kokami Terhadap Keterampilan Kolaborasi Siswa. Jurnal Riset Dan Inovasi Pembelajaran, 2(3), 30–38.

Kertiari, L. P., Bayu, G. W., & Sumantri, M. (2020). Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Scramble Berbantuan Media Kartu Gambar Berpengaruh Terhadap Hasil Belajar IPA. Jurnal Pedagogi Dan Pembelajaran, 3(3), 335–347.

Komalasari, K. (2016). Pengaruh Penggunaan Media Flash Card Math Terhadap Hasil Belajar Matematika. JKPM. (I), 237–246.

Muhsyanu. (2021). Pemodelan dalam Pembelajaran: Mendesain Pembelajaran Menjadi Berkarakter dan Berkualitas, ed. Iwan Rumalean. Bandung. Forum Silaturahmi Doktor Indonesia (FORSILADI).

Ramadani, N, K. (2014). Pengaruh Model Pembelajaran Scramble Berbantuan Kartu Pertanyaan Terhadap Hasil Belajar IPA Siswa Kelas V SD. Jurnal Mimbar PGSD Universitas Pendidikan Ganesha.

Rushiana, R.A., Sumarna, O., & Anwar, S. (2023). Efforts to Develop Student Critical Thinking Skills in Chemistry Learning: Systematic Literature Review. Jurnal Penelitian Pendidikan IPA, 9(3), 1425–1435.

Saenab, S., Yunus, S. R., & Husain, H. (2019). Pengaruh Penggunaan Model Project Based Learning Terhadap Keterampilan Kolaborasi Mahasiswa Pendidikan IPA. Biosel: Biology Science and Education, 1, 29-43

Widahyanti, Sunismi, & Zauri, A. S. (2022). Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Scramble Dengan Media Flashcard Untuk Meningkatkan Kemampuan Pemecahan Masalah Dan Berpikir Kreatif Peserta Didik Kelas Viii-C Smp Diponegoro Tumpang. 17(18), 1–13.

Refbacks

  • Saat ini tidak ada refbacks.