PENGARUH MOTIVASI BELAJAR DAN PERFEKSIONISME TERHADAP PROKRASTINASI AKADEMIK MAHASISWA PENDIDIKAN ADMINISTRASI PERKANTORAN UNIVERSITAS NEGERI SURABAYA

Nanda Oegihanda Nastiti, Durinta Puspasari

Sari


Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh motivasi belajar dan perfeksionisme terhadap prokrastinasi akademik mahasiswa Pendidikan Administrasi Perkantoran Universitas Negeri Surabaya. Penelitian ini dilakukan di Fakultas Ekonomika dan Bisnis Universitas Negeri Surabaya dengan jumlah responden 128 diambil melalui teknik sampling proportional random sampling Jenis Penelitian ini adalah penelitian kuantitatif dengan metode eksplanatori. Instrumen yang digunakan adalah angket yang terdiri dari 35 butir pernyataan. Teknik analisis data berupa uji asumsi klasik, analisis regresi sederhana, dan uji hipotesis. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa variabel motivasi belajar berpengaruh negatif terhadap prokrastinasi akademik, hal ini berarti semakin tinggi motivasi belajar yang dimiliki mahasiswa maka semakin rendah tingkat prokrastinasi akademiknya atau sebalikinya. Sedangkan variabel perfeksionisme berpengaruh positif terhadap prokrastinasi akademik, hal ini berarti semakin tinggi perfeksionisme mahasiswa maka semakin tinggi pula tingkat prokrastinasi akademiknya. Motivasi belajar dan perfeksionisme secara bersama-sama mempengaruhi prokrastinasi akademik sebesar 47,7%. Hal ini menujukkan pentingnya untuk meningkatkan motivasi belajar serta mengelola harapan standar yang sesuai dengan kemampuan sendiri dalam mengatasi prokrastinasi akademik.

Teks Lengkap:

PDF

Referensi


Azizah, N., & Kardiyem. (2020). Pengaruh Perfeksionisme, Konformitas, dan Media Sosial terhadap Prokrastinasi Akademik dengan Academic Hardiness sebagai Variabel Moderasi. Economic Education Analysis Journal, 9(1), 119–132. https://doi.org/10.15294/eeaj.v9i1.37240

Basaria, D., & Aryani, F. X. (2021). Peran Perfeksionisme Terhadap Prokrastinasi Akademik Pada Remaja Di Dki Jakarta. Jurnal Psibernetika, 14(1), 32–39. https://doi.org/10.30813/psibernetika.v14i1.2365

Cerino, E. S. (2014). Relationships Between Academic Motivation, Self-Efficacy, and Academic Procrastination. Psi Chi Journal of Psychological Research, 19(4), 156–163. https://doi.org/10.24839/2164-8204.jn19.4.156

Ferrari, J. R., Johnson, J. L., & McCown, W. G. (2017). Procrastination and Task Avoidance Theory, Research, and Treatment. https://psycnet.apa.org/doi/10.1007/978-1-4899-0227-6

Gunawinata, V. A. R., Nanik, & Lasmono, H. K. (2008). Perfeksionisme, Prokrastinasi Akademik, dan Penyelesaian Skripsi Mahasiswa. Indonesian Pyschological Journal, 23(3), 256–276. https://anima.ubaya.ac.id/class/openpdf.php?file=137179 3910

Haryanti, A., & Santoso, Rudi. (2020). Prokrastinasi Akademik Pada Mahasiswa Yang Aktif Berorganisasi. Jurnal Penelitian Psikologi, 1(01), 41–47. https://jurnal.untag- sby.ac.id/index.php/sukma/article/view/3592

Hewitt, P. L., Flett, G. L., & York, N. (2017). Perfectionism in the Self and Social Contexts: Conceptualization, Assessment, and Association With Psychopathology. Journal of Personality and Social Psychology, 60(3), 456–470. https://doi.org/10.1037//0022- 3514.60.3.456

Indrawati, M., & Pedhu, Y. (2022). Motivasi Belajar Dan Prokrastinasi Akademik Siswa SMP Santo Fransiskus Ii Jakarta. Jurnal Pendidikan, Psikologi, Dan Konseling, 20(2), 151– 164. http://dx.doi.org/10.25170/psikoedukasi.v20i2.3839

Margareta, S., & Wahyudin, A. (2019). Pengaruh Motivasi Belajar, Perfeksionisme Dan Keaktifan Berorganisasi Terhadap Prokrastinasi Akademik Dengan Regulasi Diri Sebagai Variabel Moderating. Economic Education Analysis Journal, 8(1), 79–94. https://doi.org/10.15294/eeaj.v8i1.29762

Nitami, M., Daharnis., & Yusri. (2015). Hubungan Motivasi Belajar dengan Prokrastinasi Akademik Siswa. Jurnal Konselor, 4(1), 1–12. https://doi.org/10.24036/02015416449-0-00

Permana, B. (2019). GAMBARAN Prokrastinasi Akademik Siswa Sma Darul Falah Cililin. Jurnal Fokus, 2(3), 87–94. http://dx.doi.org/10.22460/fokus.v2i3.4498

Prima Setiawan, H., & Faradina, S. (2018). Perfeksionisme Dengan Prokrastinasi Akademik Dalam Menyelesaikan Skripsi Pada Mahasiswa Univeritas Syiah Kuala. Jurnal Psikologi Unsyiah, 1(2). https://doi.org/10.24815/s-jpu.v1i2.11570

Rumiani. (2006). Prokrastinasi Akademik Ditinjau Dari Motivasi Berprestasi Dan Stres Mahasiswa. Jurnal Psikologi Universitas Diponegoro, 3(2), 37–48. https://doi.org/10.14710/jil.%25v.%25i.22-31

Sardiman. (2016). Interaksi & Motivasi Belajar Mengajar. Jakarta: Rajawali Pers

Söyleyen, N., Aksu, M., & Sayar, G. (2019). Procrastination and academic procrastination. The Journal of Neurobehavioral Sciences, 0, 1. https://doi.org/10.5455/jnbs.1563790864

Srantih, T. (2014). Pengaruh Perfeksionisme Terhadap Prokrastinasi Akademik Pada Mahasiswa Yang Sedang Mengerjakan Skripsi Di Fakultas Psikologi Uin Sunan Gunung Djati Bandung. Jurnal Ilmiah Psikologi, 1(1), 58–68. https://doi.org/10.15575/psy.v1i1.467

Sudirman, S. A., Reza, F. A., Yusri, ’Nur Aisyiah, & Rina, R. (2023). Putting Off Until Tomorrow: Academic Procrastination, Perfectionism, and Fear o Failure. International Journal of Islamic Educational Psychology, 4(1). https://doi.org/10.18196/ijiep.v4i1.17576

Sugiyono. (2022). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif dan R&D. Bandung: ALFABETA Uno, H. B. (2022). Teori Motivasi dan Pengukurannya. Jakarta: BUMI AKSARA




DOI: http://dx.doi.org/10.25157/j-kip.v5i2.14830

Refbacks

  • Saat ini tidak ada refbacks.