Pengaruh Disiplin Belajar dan Fasilitas Belajar Terhadap Motivasi Belajar Siswa Kelas X Manajemen Perkantoran dan Layanan Bisnis di SMKN Mojoagung

Akarima Suharningtyas, Durinda Puspasari

Sari


Tujuan dalam penelitian ini adalah untuk menganalisis: 1) pengaruh disiplin belajar terhadap motivasi belajar siswa kelas X Manajemen Perkantoran dan Layanan Bisnis di SMK Negeri Mojoagung; 2) pengaruh fasilitas belajar terhadap motivasi belajar siswa kelas X Manajemen Perkantoran dan Layanan Bisnis di SMK Negeri Mojoagung; 3) pengaruh disiplin belajar dan fasilitas belajar terhadap motivasi belajar siswa Kelas X Manajemen Perkantoran dan Layanan Bisnis di SMK Negeri Mojoagung. Penelitian ini merupakan penelitian eksplanatif dengan pendekatan kuantitatif. Populasi penelitian sebanyak 144 siswa. Teknik pengambilan sampel menggunakan teknik Proportional Random Sampling. Teknik pengumpulan data menggunakan angket, wawancara, dan dokumentasi. Teknik analisis data terdiri dari uji asumsi klasik, uji regresi linier berganda, dan uji hipotesis. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: 1) terdapat pengaruh disiplin belajar terhadap motivasi belajar siswa kelas X Manajemen Perkantoran dan Layanan Bisnis di SMK Negeri Mojoagung; 2) terdapat pengaruh fasilitas belajar terhadap motivasi belajar siswa kelas X Manajemen Perkantoran dan Layanan Bisnis di SMK Negeri Mojoagung; 3) terdapat pengaruh disiplin belajar dan fasilitas belajar terhadap motivasi belajar siswa kelas X Manajemen Perkantoran dan Layanan Bisnis di SMK Negeri Mojoagung

Teks Lengkap:

PDF

Referensi


Apriyani, H., & Usman, O. (2019). The effect of the family environment, learning readiness, discipline learning on learning motivation in vocational schools in East Jakarta. Learning Readiness, Discipline Learning on Learning Motivation in Vocational Schools in East Jakarta (July 5, 2019). https://dx.doi.org/10.2139/ssrn.3415423

Arumi, B. A. (2021). Pengaruh Fasilitas Belajar Terhadap Motivasi Belajar Siswa di SMP Negeri 1 Babat Kabupaten Lamongan (Doctoral dissertation, Universitas Islam Negeri Maulana Malik Ibrahim).

Ayu, C. (2017). The Effect of School Environment, the Role of Teachers in Learning Process to Student Learning Motivation. Journal of English Language and Education, 2(2), 57-71. https://doi.org/10.31004/jele.v2i2.25

Dakhi, A. S., (2020). Kiat Sukses Meningkatkan Disiplin Siswa. Yogyakarta : Deepublish.

Erfianingrum, A. (2013). Kultur Sekolah. Jurnal Pemikiran Sosiologi, 2 (1), 19-30. https://doi.org/10.22146/jps.v2i1.23404

Irawan, V. D. Y, & Usman, O. (2021). The Influence of Parent's Attention, Reward Giving, and Learning Facilities on Students Learning Motivation. Reward Giving, and Learning Facilities on Students Learning Motivation (January 15, 2021). https://dx.doi.org/10.2139/ssrn.3768804

Lestari, Muhsin & Rozi. (2019). Pengaruh Lingkungan Keluarga, Disiplin Belajar, Kompetensi Sosial Guru, Dan Kesiapan Belajar Terhadap Motivasi Belajar. Economic Education Analysis Journal, 8(1), 302-317. https://doi.org/10.15294/eeaj.v8i1.29778

Meliana, I., Hariani, L. S., & Afian, A. (2021). Model pembelajaran two stay two stray, disiplin belajar dan kesiapan belajar: pengaruh terhadap motivasi belajar Ekonomi siswa kelas XI IPS. Jurnal Riset Pendidikan Ekonomi, 6(1), 68-77. https://doi.org/10.21067/jrpe.v6i1.4817

Prihatin, M. S. (2017). Pengaruh Fasilitas Belajar, Gaya Belajar Dan Minat Belajar Terhadap Hasil Belajar Mata Pelajaran Ekonomi Siswa Kelas X IIS SMA Negeri Seyegan. Jurnal Pendidikan dan Ekonomi, 6 (5), 443-452.

Puspasari, D., & Muyassaroh, J. (2023). The Effect of Learning Motivation and Learning Discipline on Student Learning Achievement. Scaffolding: Jurnal Pendidikan Islam Dan Multikulturalisme, 5(2), 110–126. https://doi.org/10.37680/scaffolding.v5i2.2778

Rahayu, F. (2020). Pengaruh Konsep Diri dan Disiplin Belajar terhadap Motivasi Belajar Peserta Didik di Sekolah Menengah Pertama Negeri 4 Palu Pada Mata Pelajaran Pendidikan Agama Islam. Paedagogia: Jurnal Pendidikan, 8(2), 113-138.

https://doi.org/10.24239/pdg.Vol8.Iss2.45

Sianturi, J. F., & Setiawan, I. (2023). Analisis Komunikasi Interpersonal, Manajemen Konflik Dan Disiplin Belajar Terhadap Motivasi Belajar Peserta Didik Di Sekolah Tinggi Teologi Bethesda. Innovative: Journal Of Social Science Research, 3(2), 11651-11665. https://doi.org/10.31004/innovative.v3i2.1778

Sudarma, K., & Sakdiyah, E. M. (2007). Pengaruh motivasi, disiplin, dan partisipasi siswa dalam pembelajaran terhadap prestasi belajar akuntansi. Dinamika Pendidikan, 2(2). https://doi.org/10.15294/dp.v2i2.446

Sugeng, B. (2022). Fundamental Metodologi Penelitian Kuantitatif (Eksplanatif). Yogyakarta: Deepublish.

Sunadi, L. (2013). Pengaruh motivasi belajar dan pemanfaatan fasilitas belajar terhadap prestasi belajar siswa pada mata pelajaran ekonomi kelas XI IPS di SMA Muhammadiyah 2 Surabaya. Jurnal Pendidikan Ekonomi (JUPE), 1(3).

Usman, O., & Maharani, M. R. (2020). The Effect of Discipline Learning, Time Management and Learning Readiness on Learning Motivation. Time Management and Learning Readiness on Learning Motivation (July 2, 2020). https://dx.doi.org/10.2139/ssrn.3641556




DOI: http://dx.doi.org/10.25157/j-kip.v5i3.14880

Refbacks

  • Saat ini tidak ada refbacks.


##submission.license.cc.by-nc-sa4.footer##