PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN PROBLEM BASED LEARNING MENGGUNAKAN MEDIA AUDIO VISUAL TERHADAP KEMAMPUAN LITERASI SAINS SISWA PADA MATERI SISTEM PERNAPASAN MANUSIA

Wulandara Wulandara, Taupik Sopyan, Awang Kustiawan

Sari

Penelitian ini dilatar belakangi oleh kemampuan literasi sains siswa yang masih rendah. Tujuan penelitian ini yaitu untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran problem based learning menggunakan media audio visual terhadap kemampuan literasi sains siswa pada materi sistem pernapasan manusia. Waktu penelitian pada bulan Mei 2023. Populasi dan sampel dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas XI IPA di SMAN 1 Kawali. Anggota populasi terdiri dari satu kelas dengan jumlah 34 siswa. Desain penelitian yang digunakan adalah One Grup Pretest-Posttest Desigen. Instrument yang digunakan berupa tes tertulis dalam bentuk soal essai yang mengacu pada indikator literasi sains. Data hasil penelitian dianalisis secara statistic dengan uji normalitas dan uji hipotesis menggunakan uji Z. Hasil penelitian menunjukan adanya pengaruh model pembelajaran problem based learning menggunakan media audio visual terhadap kemampuan literasi sains siswa pada materi sistem pernapasan manusia. Hal ini ditunjukan dengan data berdistribusi normal dan uji hipotesis diterima. Berdasarkan perhitungan uji Z diketahui bahwa Zhitung ≥ Ztabel dimana nilai Zhitung 3,57 ≥ Ztabel 2,33. Sehingga dapat disimpulkan model pembelajaran problem based learning menggunakan media audio visual berpengaruh signifikan terhadap kemampuan literasi sains siswa pada mata Pelajaran sistem pernapasan manusia.Kata Kunci: Audio Visual, Kemampuan Literasi Sains, Model Problem Based Learning

Teks Lengkap:

PDF

Referensi

Aini Dyah, N. D. (2018). Pengaruh Problem Based Learning Berbantuan Media Audio Visual Terhadap

Kemampuan Berpikir Kritis Dan Hasil Belajar IPA di Sekolah Dasar. Jurnal Pasca Undiksha,

-17.

Anggreni, L. D. (2020). Pengaruh Model Project Based Learning Berbantuan Penilaian Portofolio

Terhadap Literasi Sains. Jurnal Mimbar Ilmu, 41.

Barokah, A. (2023). Pengaruh Penggunaan Media Pembelajaran IPA Berbasis Problem Based

Learning Terhadap Kemampuan Literasi Sains Siswa. Jurnal Kajian Pendidikan dan Hasil

Penelitian, 92.

Cacik, A. W. (2018). Kemampuan Awal Literasi Sains Peserta Didik Kelas V SDN Sidorejo I Tuban

Pada Materi Daur Air. JTTIE, 60-61.

Fuadi, H. R. (2020). Analisis Faktor Penyebab Rendahnya Kemampuan Literasi Sains Peserta Didik.

Jurnal Ilmiah Profesi Pendidikan, 109-111.

Niswara, R. M. (2019). Pengaruh Model Project Based Learning Terhadap High Order Thinking Skill.

Mimbar PGSD Undiksha, 86

Niswatunnzakhro. (2018). Penerapan Model Problem Based Learning Berbantuan Media Audio Visual

Untuk Meningkatkan Literasi Sains Siswa Pada Kelas V SD Unggulan Muslimat Kudus.

Pratiwi, S. N. (2019). Pembelajaran Ipa Abad 21 dengan Litrasi Sains Siswa. Jurnal Materi dan

Pembelajaran Fisika, 9.

Ramadhona. (2023). Pengaruh Model Problem Based Learning Menggunakan Media Audio Visual

Terhadap Kemampuan Literasi Sains Peserta Didik kelas IV SD Negeri 11 Metro Pusat Tahun

Pelajaran 2022/2023.

Widiana, R. (2020). Pengaruh Model Problem Learning Terhadap Kemampuan Literasi Sains Siswa

SMA. Jurnal Ta'dib, 196

Refbacks

  • Saat ini tidak ada refbacks.