PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN DISCOVERY LEARNING BERBANTUAN MEDIA SOSIAL YOUTUBE TERHADAP PENINGKATAN HASIL BELAJAR KOGNITIF SISWA PADA MATERI PSIKOTROPIKA

Rista Rista, Euis Erlin, Yoyon Sutresna

Sari

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh kemampuan hasil belajar kognitif siswa yang masih rendah. Tujuan penelitian ini yaitu untuk mengetahui perbedaan hasil belajar kognitif siswa pada materi psikotropika yang menggunakan model pembelajaran Discovery Learning berbantuan media sosial YouTube dengan model pembelajaran konvensional. Penelitian ini merupakan penelitian metode kuantitatif desain eksperimen semu menggunakan Two Group PretestPosttest Control Design. Lokasi penelitian dilaksanakan di MAN 3 Ciamis. Sampel dalam penelitian ini adalah siswa kelas XI IPA MAN 3 Ciamis dengan teknik pengambilan sampel menggunakan teknik purposive sampling. Instrumen yang digunakan berupa tes tulis pretest dan posttest dengan jumlah 7 butir soal essay. Data yang diperoleh diolah secara statistik menggunakan uji normalitas, uji homogenitas, dan uji hipotesis dengan uji W (Wilcoxon). Hasil menunjukkan bahwa nilai Whitung < Wdaftar yaitu 0 < 25,504. Hal ini berarti terdapat perbedaan hasil belajar kognitif siswa antara yang menggunakan model pembelajaran Discovery Learning berbantuan media sosial YouTube dengan model pembelajaran konvensional. Kesimpulan penelitian bahwa penerapan model pembelajaran Discovery Learning berbantuan media sosial YouTube dapat meningkatkan hasil belajar kognitif siswa pada materi psikotropika.

Teks Lengkap:

PDF

Referensi

Dewi, N. M S. N. Jampel, I. N & Sudarma, I. K. (2015) “Pengaruh Model Pembelajaran Discovery Learning Terhadap Motivasi Belajar IPA Siswa Kelas IV Gugus I Kecamatan Jembrana” e-Jurnal Mimbar PGSD Universitas Pendidikan Ganesha. 3(1):1-10.

Fahlevi, R. (2022). Penggunaan Model Pembelajaran Discovery Learning Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Pada Materi Struktur dan Fungsi Jaringan Tumbuhan Di SMAN 1 Teunom Aceh Jaya. Skripsi Universitas Islam Negeri Ar-Raniny Darussalam-Banda Aceh. Tidak diterbitkan.

Muflihah, Ai. (2021). “Meningkatkan Motivasi dan Hasil Belajar Siswa Melalui Model Pembelajaran Index Card Match Pada Pelajaran Matematika”. Jurnal Pendidikan Indonesia. 2(1):152-160.

Nasution, A.W. & Azura, A.D. (2023). “Tindak Pidana Kriminologi Kasus Penyalahgunaan Narkotika dan Psikotropika sebagai Ancaman Perusak Generasi Bangsa”. Jurnal Keadilan. 3(2):32-47.

Nurfadilah, A., Muis, A. & Rahma, S. (2024). ““Peningkatan Hasil Belajar Biologi Enzim Melalui Penerapan Model Pembelajaran Discovery Learning pada Peserta Didik Kelas XI Biologi 3 SMA Negeri 2 Makassar”. Jurnal Pemikiran dan Pengembangan Pembelajaran. 6(2):226-230.

Sani, R.A. (2014). Pembelajaran saintifik untuk implementasi kurikulum 2013. Jakarta: Bumi Aksara.

Putri, N.A., Hikmahwati, R.N. & Nuraeni. (2024). ““Peningkatan Hasil Belajar IPA Peserta Didik Kelas VII-C dengan menggunakan Model Pembelajaran Discovery Learning berbasis Media YouTube di SMP Negeri 22 Makassar”. Jurnal Pemikiran dan Pengembangan. 6(2):782-787.

Putri, R.H, et al. (2017). “Pengaruh Model Discovery Learning Terhadap Motivasi Belajar dan Hasil Belajar Fisika Siswa MAN Bundowoso”. Jurnal Pembelajaran Fisika. 6(2):168-174.

Resmawati,S.F. et al. (2018). “The Discovery Learning Model With a Scientific Approach to Increase Science Learning Achievement of Students”. Advances in Intelligent Systems Research. 157:199.

Refbacks

  • Saat ini tidak ada refbacks.